Pede Proses Naturalisasi Segera Berjalan, Mauro Zijlstra Ngebet Berseragam Timnas Indonesia

oleh Choki Sihotang diperbarui 25 Sep 2024, 17:30 WIB
Timnas Indonesia - Mauro Zijlstra (Bola.com/Adreanus Titus)

Bola.com, Jakarta - Timnas Indonesia seperti ketiban durian runtuh. Bagaimana tidak, pemain-pemain naturalisi terus berdatangan dan satu nama yang santer diwartakan adalah Mauro Zijlstra.

Mauro akan menambah panjang daftar pemain naturalisasi di Tim Garuda setelah PSSI sukses meng-Indonesiakan dua pemain keuturunan asal Belanda, Mees Hilgers dan Eliano Reijnders.

Advertisement

Kehadian pemain naturalisi sukses mendongkrak performa Timnas Indonesia sejak PSSI dinakhodai Erick Thohir.

Saat ini, Timnas Indonesia tengah fokus melakoni laga Grup C putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia. Dua pertandingan sudah dilewati pasukan Shin Tae-yong tersebut, dan sukses meraih dua poin, yakni bermain imbang 1-1 kontra Arab Saudi dan 0-0 versus Australia.

Pada 10 dan 15 Oktober mendatang, Jay Idzes dkk. akan kembali melakoni laga away melawan Bahrain dan China. Dalam laga tersebut, diharapkan Mees Hilgers serta Eliano Reijnders sudah bisa diturunkan sebagai starter membela Timnas Indonesia.

 

2 dari 4 halaman

Darah Indonesia dari Sang Ayah

Calon penyerang naturalisasi Timnas Indonesia, Mauro Zijlstra, saat tampil bersama klubnya, FC Volendam. (dok. Instagram Mauro Zijlstra)

Mengingat tekad kuat Timnas Indonesia melaju hingga ke putaran Piala Dunia 2026, PSSI terus menambah kekuatan via program naturalisasi. Mauro Zijlstra siap bergabung.

Penyerang Volendam U-21, Belanda, yang masih berusia 19 tahun itu mengutarakan keinginannya lewat tayangan YouTube Yussa Nugraha belum lama ini.

Sebelum menyampaikan keinginannya, Mauro Zijlstra kembali mengingatkan kalau darah Indonesia mengalir deras di tubuhnya.

"Paman-paman saya dari pihak ayah mereka juga setengah Indonesia. Mereka sangat antusias saya akan melakukan naturalisasi," kata Mauro Zijlstra, pemain keturunan asal Bandung, Jawa Barat.

 

3 dari 4 halaman

Pede Segera Dinaturalisasi

Terkait naturalisasinya, Mauro menyatakan belum tahu sudah sejauh mana. Yang pasti ia sudah melakukan komunikasi dengan PSSI.

"Saya enggak tahu akan berapa lama. Tetapi sepertinya akan segera terjadi. Yang pasti, saya sudah tak sabar," ujar Mauro Zijlstra.

Menurut Mauro Zijlstra, Skuad Garuda saat ini sangat jauh berbeda. Pemain yang ada juga mumpuni, dan sebagai gelandang serang optimistis Timnas Indonesia bisa bicara banyak di Grup C putaran ketiga kualifikasi Piala Dunia 2026

"Menurut saya, Timnas Indonesia sudah sangat bagus dan secara defensif juga sangat bagus," katanya sembari menambahkan kehadiran Maarten Paes di bawah mistar gawang membuat tim asuhan STY semakin kuat.

"Maarten Paes membuat lini belakang Timnas Indonesia semakin kuat," ujarnya.

 

4 dari 4 halaman

Belum Ada Proses Administrasi

Belum ada kepastian kapan Mauro Zijlstra resmi mendapatkan paspor Indonesia. PSSI juga belum bisa memastikan.

"Saya tidak bisa bilang pemain yang bergabung itu dengan nama yang tepat kalau kita belum ada administrasinya," kata Erick Thohir kepada wartawan di Media Center SUGBK, Sabtu (21/9/2024).

Bisa jadi, PSSI kini lebih fokus terkait naturalisasi Mees Hilgers dan Eliano Reijnders yang tenaganya memang sangat dibutuhkan melawan Bahrain dan China.

Setelah itu, PSSI baru memikirkan calon pemain naturalisasi lainnya, termasuk Mauro Zijlstra.

Berita Terkait