3 Kunci Kesuksesan Timnas Indonesia U-20 Lumpuhkan Maladewa Setelah Mentok 45 Menit: Tak Lelah Cari Celah, Lawan Tak Berkutik!

oleh Radifa Arsa diperbarui 25 Sep 2024, 21:50 WIB
Timnas Indonesia U-20 berhasil mengukir kemenangan telak dengan skor 3-0 atas Maladewa U-20 pada Kualifikasi Piala Asia U-20 2025 di Stadion Madya, Senayan, Jakarta, Rabu (25/9/2024) malam WIB. (Bola.com/Bagaskara Lazuardi)

Bola.com, Jakarta - Timnas Indonesia U-20 berhasil mengawali perjalanannya di Grup F Kualifikasi Piala Asia U-20 2025 dengan baik seusai menggulung Maladewa U-20. Ada sejumlah kunci utama di balik kesuksesan skuad Garuda Nusantara.

Dalam pertandingan yang berlangsung di Stadion Madya, Senayan, Jakarta, Rabu (25/9/2024) malam WIB itu, Timnas Indonesia U-20 berhasil mengukir kemenangan telak dengan skor 3-0 atas Maladewa U-20.

Advertisement

Seluruh gol yang dihasilkan skuad asuhan Indra Sjafri itu tercipta pada babak kedua. Masing-masing disumbangkan oleh Aditya Warman (52’), Figo Dennis (56’), Toni Firmansyah (58’), dan Jens Raven (66’).

Kemenangan yang diraih Timnas Indonesia U-20 atas tim berjulukan Red Snappers ini tak terlepas dari sejumlah faktor penting. Berikut Bola.com menyajikan ulasannya.

2 dari 4 halaman

Tak Lelah Cari Celah

Striker Timnas Indonesia U-20, Jens Raven, berduel dengan pemain Maladewa dalam perebutan bola pada laga Grup F kualifikasi Piala Asia U-20 2025 di Stadion Madya Senayan, Jakarta, Rabu (25/9/2024) malam WIB. Dalam duel itu, Jens mencetak satu gol, dan ikut membawa Tim Garuda Nusantara menang 4-0 atas Maladewa. (Bola.com/Muhammad Iqbal Ichsan)

Timnas Indonesia U-20 sebetulnya sempat mengalami kebuntuan pada babak pertama. Sebab, dari total enam shots on target dari 13 percobaan, tidak ada satu pun sepakan yang sukses menghasilkan gol.

Namun, Dony Tri Pamungkas dan kawan-kawan tetap tak lelah dalam mencari celah. Akhirnya, pada babak kedua, mereka bisa memecah kebuntuan lewat sepakan yang dilepaskan dari luar kotak penalti.

Gol yang pertama lahir dari sepakan terukur Aditya Warman. Adapun gol yang kedua juga tercipta lewat sepakan Figo Dennis dari luar kotak penalti. Dua momen inilah yang membuka keran gol skuad Garuda Nusantara.

3 dari 4 halaman

Maksimalkan Skema Andalan

Timnas Indonesia U-20 berhasil mengukir kemenangan telak dengan skor 3-0 atas Maladewa U-20 pada Kualifikasi Piala Asia U-20 2025 di Stadion Madya, Senayan, Jakarta, Rabu (25/9/2024) malam WIB. (Bola.com/Bagaskara Lazuardi)

Dua gol lainnya yang dihasilkan skuad Garuda Nusantara bermula dari skema bola mati yang biasanya disiapkan sebagai momen menjebol gawang lawan, baik itu dari sepak pojok maupun tendangan bebas.

Momen terciptanya gol Toni Firmansyah juga sudah sering menjadi sumber gol bagi Timnas Indonesia U-20. Skema bola mati di area seperti ini kerap menyediakan bola-bola matang yang siap disambar di area kotak penalti.

Untuk gol keempat pada laga ini, sontekan Jens Raven bermula dari situasi sepak pojok. Biasanya, bola seperti ini disambut oleh Kadek Arel. Namun, bola justru jatuh di kaki Aditya Warman, lalu mengarah kepada Jens Raven.

4 dari 4 halaman

Lawan Tak Berkutik

Striker Timnas Indonesia U-20, Jens Raven, berduel dengan pemain Maladewa dalam perebutan bola pada laga Grup F kualifikasi Piala Asia U-20 2025 di Stadion Madya Senayan, Jakarta, Rabu (25/9/2024) malam WIB. Dalam duel itu, Jens mencetak satu gol, dan ikut membawa Tim Garuda Nusantara menang 4-0 atas Maladewa. (Bola.com/Bagaskara Lazuardi) 

Sepanjang pertandingan, Timnas Indonesia U-20 bisa menjaga dominasinya atas Maladewa U-20. Karena perbedaan kualitas, kubu lawan dibuat kelabakan dalam meladeni permainan skuad Garuda Nusantara. Satu-satunya cara bagi lawan untuk menciptakan peluang ialah melalui skema serangan balik cepat, maupun memanfaatkan bola mati. Sebab, upaya mereka kerap kali dihentikan di tengah jalan.

Bahkan, beberapa peluang dari Maladewa U-20 juga sukses dimentahkan. Mereka memang bisa menciptakan tiga tembakan tepat sasaran. Namun, Ikram Al Ghifari masih terlalu tangguh untuk dibobol.

Berita Terkait