Manajer Timnas Indonesia U-20 Buka-Bukaan Absennya Welber Jardim di Kualifikasi Piala Asia U-20 2025: Orang Tuanya Memilih Tetap di Brasil

oleh Muhammad Adi Yaksa diperbarui 25 Sep 2024, 23:08 WIB
Pemain Timnas Indonesia U-17, Welber Jardim (tengah) berusaha mengumpan bola dibayangi pemain Timnas Panama U-17, Eric Moreno pada laga kedua Grup A Piala Dunia U-17 2023 di Stadion Gelora Bung Tomo (GBT), Surabaya, Senin (13/11/2023). (Bola.com/Bagaskara Lazuardi)

Bola.com, Jakarta - Manajer Timnas Indonesia U-20, Ahmed Zaki Iskandar, buka-bukaan mengenai absennya Welber Jardim pada Kualifikasi Piala Asia U-20 2025. Apa kata mantan Bupati Tangerang dua periode itu?

Ahmed Zaki memberikan penjelasan terkait Welber Jardim setelah Timnas Indonesia U-20 menang 4-0 atas Timnas Maladewa U-20 dalam matchday pertama Grup F Kualifikasi Piala Asia U-20 2025 di Stadion Madya, Jakarta Pusat, Rabu (25/9/2024) malam WIB.

Advertisement

Ahmed Zaki Iskandar mengungkapkan bahwa klub Welber Jardim, Sao Paulo U-17, sebenarnya telah melepas fullback berusia 17 tahun itu ke Timnas Indonesia U-20.

"Soal Welber Jardim, dari klub sudah diberikan izin dan PSSI juga telah mengirimkan tiket pesawat kepadanya," ujar Ahmed Zaki Iskandar.

 

2 dari 3 halaman

Penjelasan Ahmed Zaki Iskandar

Pemain Timnas Indonesia U-17, Welber Jardim (tengah) menguasai bola saat menghadapi Timnas Ekuador U-17 pada laga pertama Grup A Piala Dunia U-17 di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, Jumat (10/11/2023) malam WIB. (Bola.com/Bagaskara Lazuardi)

"Meskipun dari klubnya, mungkin jadwalnya cukup padat, tetapi sudah mengizinkan Welber Jardim bergabung dengan Timnas Indonesia U-20," ucap Ahmed Zaki Iskandar.

"Namun, Welber Jardim tidak datang. Ibunya, orang tuanya lebih memilih Welber tetap di Brasil. Buat kami, tidak ada masalah. Kan masih ada pemain lain."

"Dari informasi terakhir, memang ibunya Welber Jardim yang mengirimkan informasi bahwa Welber Jardim tidak berangkat ke Timnas Indonesia U-20," ungkap Ahmed Zaki Iskandar.

 

3 dari 3 halaman

Indra Sjafri Sudah Lebih Dulu Menjawab

Beberapa peluang berhasil diciptakan tim asuhan Indra Sjafri di babak pertama, namun gagal dikonversi menjadi gol. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Sebelumnya, Indra Sjafri selaku pelatih Timnas Indonesia U-20 sudah memberikan jawaban cukup jelas mengenai Welber Jardim yang tidak bisa membela Timnas Indonesia U-20 di Kualifikasi Piala Asia U-20 2025.

"Secara prinsip, klub Welber Jardim sudah melepasnya untuk bergabung dengan Timnas Indonesia U-20. Tiket penerbangan pun sudah kami berikan," ujar Indra Sjafri pada Selasa (24/9/2024).

"Namun, sampai detik-detik terakhir pendaftaran, dia tidak datang. Bagi tim pelatih, kami tidak mau bergantung terhadap satu atau dua pemain."

"Sebab kalau Welber Jardim tidak ada, pemain lain harus menggantikannya. Ini tim, dan saya setuju bahwa di setiap posisi harus ada empat pemain."

"Jadi tidak masalah kalau Welber Jardim tidak ada di Timnas Indonesia U-20, sebab, masih ada pemain lainnya," ungkap Indra Sjafri.

Berita Terkait