Netizen Meragukan Penjelasan Terkait Absennya Welber Jardim di Timnas Indonesia U-20, Indra Sjafri: Kan Tidak Perlu Emailnya Saya Tampilkan

oleh Muhammad Adi Yaksa diperbarui 25 Sep 2024, 23:49 WIB
Pemain Timnas Indonesia U-19, Welber Jardim (kanan) berebut bola dengan pemain Filipina U-19, John Koyama pada laga Grup A Piala AFF U-19 2024 di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, Rabu (17/7/2024). (Bola.com/Aditya Wany)

Bola.com, Jakarta - Sejumlah netizen meragukan penjelasan pelatih Timnas Indonesia U-20, Indra Sjafri, terkait absennya Welber Jardim dari Kualifikasi Piala Asia U-20 2025.

Indra Sjafri sebenarnya telah memanggil Welber Jardim untuk Kualifikasi Piala Asia U-20 2025, namun bek Sao Paulo U-17 itu tidak kunjung bergabung dengan Timnas Indonesia U-20.

Advertisement

Tanpa Welber Jardim, Timnas Indonesia U-20 tetap berhasil mencukur Timnas Maladewa U-20 4-0 dalam matchday pertama Grup F Kualifikasi Piala Asia U-20 2025 di Stadion Madya, Jakarta Pusat, pada Rabu (25/9/2024) malam WIB.

Empat gol Timnas Indonesia U-20 ke gawang Maladewa U-20 dicetak oleh Aditya Ramadhan pada menit ke-52, Figo Dennis pada menit ke-56, Toni Firmansyah pada menit ke-58, dan Jens Raven pada menit ke-66.

2 dari 4 halaman

Enggan Berpolemik

Pelatih Timnas Indonesia U-20, Indra Sjafri dalam laga melawan Maladewa U-20 di Stadion Madya, Jakarta, Rabu (25/9/2024). (Bola.com/Bagaskara Lazuardi)

"Saya tidak mau lagi berpolemik dengan itu. Saya mau fokus dengan 23 pemain ini. Tidak baik juga setiap hari kami menghabiskan energi dengan ini," ungkap Indra Sjafri.

"Saya sudah bilang, ini kan tim usia muda. Ada yang tidak datang, ya ada yang lain. Saya tegaskan lagi, klubnya sudah memberikan izin. Kan tidak perlu pula saya tampilkan emailnya," jelas Indra Sjafri.

Indra Sjafri mengungkapkan bahwa PSSI telah membelikan tiket pesawat kepada Welber Jardim dan Jens Raven, dua pemain abroad. Namun, hanya nama terakhir yang menunjukkan batang hidungnya.

3 dari 4 halaman

Tidak Ingin Menunggu-nunggu

Pemain Timnas Indonesia U-17, Welber Jardim (tengah) berusaha mengumpan bola dibayangi pemain Timnas Panama U-17, Eric Moreno pada laga kedua Grup A Piala Dunia U-17 2023 di Stadion Gelora Bung Tomo (GBT), Surabaya, Senin (13/11/2023). (Bola.com/Bagaskara Lazuardi)

"Tiketnya ke Jens Raven, kami kirim. Ke Welber Jardim, kami kirim. Tetapi kenapa tidak hadir? Apakah klubnya, setelah tiket dikirimkan, tidak memperbolehkan? Ya saya tidak tahu karena tidak ada pemberitahuan ke saya," imbuh Indra Sjafri.

"Saya sebagai pelatih harus memilih pemain. Tidak boleh menunggu-nunggu begitu. Karena pada 20 September 2024, kami wajib sudah daftarkan 23 pemain." "Tidak bagus ini diangkat terus. Seolah-olah pemain yang ada tidak bisa berkontribusi. Ini pemain usia muda. Siapapun yang hadir, 23 pemain ini, anak-anak terbaik kita. Saya akan pertanggung jawabkan itu," imbuhnya.

4 dari 4 halaman

Jawaban Indra Sjafri Sebelumnya

Sebelumnya, Indra Sjafri sudah memberikan jawaban cukup jelas mengenai Welber Jardim yang tidak bisa membela Timnas Indonesia U-20 di Kualifikasi Piala Asia U-20 2025.

"Secara prinsip, klub Welber Jardim sudah melepasnya untuk bergabung dengan Timnas Indonesia U-20. Tiket penerbangan pun sudah kami berikan," ujar Indra Sjafri pada Selasa (24/9/2024).

"Namun, sampai detik-detik terakhir pendaftaran, dia tidak datang. Bagi tim pelatih, kami tidak mau bergantung terhadap satu atau dua pemain."

"Sebab kalau Welber Jardim tidak ada, pemain lain harus menggantikannya. Ini tim, dan saya setuju bahwa di setiap posisi harus ada empat pemain."

"Jadi tidak masalah kalau Welber Jardim tidak ada di Timnas Indonesia U-20, sebab, masih ada pemain lainnya," ungkap Indra Sjafri.

Berita Terkait