Memori Kemenangan Terbesar Timnas Indonesia Kontra Timor Leste: Bisa Diulang di Kualifikasi Piala Asia U-20 2025?

oleh Yus Mei SawitriHery Kurniawan diperbarui 26 Sep 2024, 21:15 WIB
Kolase - Pertemuan Timnas Indonesia Vs Timor Leste di Berbagai Level Umur (Bola.com/Adreanus Titus)

Bola.com, Jakarta - Timnas Indonesia U-20 akan menjalani matchday kedua Kualifikasi Piala Asia U-20 2025 melawan Timor Leste U-20 di Stadion Madya, Senayan, Jakarta, Jumat (27/9/2024). 

Timnas Indonesia U-20 sangat percaya diri menyambut laga kedua ini. Pasukan Indra Sjafri datang dengan modal positif setelah melibas Maladewa U-20 dengan skor 4-0 pada matchday pertama Grup F di Kualifikasi Piala Asia U-20 2025, Rabu (27/9/2024). 

Advertisement

Di sisi lain, Timor Leste mengincar kebangkitan setelah babak belur pada laga pertama. Timor Leste U-20 dipaksa menyerah 1-3 pada laga kontra Yaman. 

Saat ini, Timnas Indonesia U-20 bercokol di peringkat pertama Grup F, mengantongi nilai yang sama dengan Yaman. Jika ingin mempertahankan posisi, Skuad Garuda Muda harus menang besar atas Timor Leste, karena kemungkinan Yaman juga akan memetik poin penuh atas Maladewa. 

Timor Leste kerap menjadi sasaran empuk Timnas Indonesia saat berjibaku di lapangan. Bahkan, Indonesia pernah meraih kemenangan besar atas mereka. 

Bola.com mengajak pembaca bernostalgia mengenai kemenangan terbesar Timnas Indonesia di berbagai kelompok umur atas Timor Leste. Kemenangan itu diraih Timnas Indonesia U-23 di Asian Games 2014.  

 

2 dari 4 halaman

Berpesta Tujuh Gol

Timnas Indonesia - Ilustrasi Logo TimnasDay (Bola.com/Adreanus Titus)

Timnas Indonesia U-23 tergabung dengan Timor Leste di Grup E Asian Games 2014. Ajang itu digelar di Korea Selatan.

Timnas Indonesia U-23 tampil apik saat itu. Garuda Muda yang diperkuat generasi Fandi Eko Utomo meraih kemenangan 7-0.

Ferdinan Sinaga menjadi bintang laga itu dengan torehan empat gol. Sementara Alfin Tuasalamony, Novri Setiawan, dan Fandi Eko Utomo masing-masing mencetak satu gol.

 

 

3 dari 4 halaman

Terhenti di Babak 16 Besar

Timnas Indonesia U-23 saat itu melaju ke babak 16 besar Asian Games 2014. Tim asuhan Aji Santoso memiliki enam poin dari tiga laga.

Sayangnya, Timnas Indonesia U-23 terhenti di babak 16 besar Asian Games 2014. Saat itu, Alfin Tuasalamony dan kawan-kawan kalah 1-4 dari Timnas Korea Utara U-23.  

Striker Timnas Indonesia U-23, Ferdinan Sinaga mencatatkan sejarah di Asian Games 2014. Eks pemain Persib Bandung itu menjadi top scorer dengan enam gol. 

 

 

4 dari 4 halaman

Skuad Timnas Indonesia U-19 di Piala AFF U-19 2024

  • Kiper: Ikram Algiffari, I Wayan Wiguna, Fitrah Maulana.
  • Bek: Sulthan Zaky, Iqbal Gwijangge, Kadek Arel, Meshaal Hamzah Bashier Osman, Muhammad Alfharezzi Buffon, Rizdjar Nurviat, Dony Tri Pamungkas, Welber Jardim, Mufli Hidayat, Alexandro Kamuru.
  • Gelandang: Figo Dennis, Toni Firmansyah, Kafiatur Rizky, Marselinus Ama Ola, Arlyansyah Abdulmanan.
  • Penyerang: Muhammad Ragil, Jens Raven, Arkhan Kaka, Riski Afrisal, Mufdi Iskandar. 

Berita Terkait