Polemik Welber Jardim di Timnas Indonesia U-20: Tak Perlu Heran, Indra Sjafri Memang Tak Mau Bergantung pada 1 Orang Saja

oleh Gatot Sumitro diperbarui 27 Sep 2024, 08:30 WIB
Pemain Timnas Indonesia U-17, Welber Jardim (kiri) menguasai bola dibayangi pemain Timnas Panama U-17, Oldemar Castillo pada laga kedua Grup A Piala Dunia U-17 2023 di Stadion Gelora Bung Tomo (GBT), Surabaya, Senin (13/11/2023). (Bola.com/Bagaskara Lazuardi)

Bola.com, Jakarta Polemik dan suara minor terus mengiringi absennya Welber Jardim di Timnas Indonesia U-20. Indra Sjafri jadi target kritik pencinta Timnas Garuda.

Dalam kritikan yang beredar, seolah publik tak rela bila pemain muda klub Sao Paulo itu tak disertakan di skuad Timnas Indonesia yang sedang berjuang di Kualifikasi Piala Asia U-20.

Advertisement

Meskipun Indra Sjafri telah mengungkapkan alasan 'pencoretan' Welber Jardim. Namun tampaknya publik belum mau menerima penjelasan itu.

Jika merunut ke belakang. Saat Indra Sjafri menukangi Timnas U-19 yang menjuarai Piala AFF 2013, Bola.com berbintang cukup mendalam.

Alhasil, Bola.com sedikit banyak bisa menilai karakter Indra Sjafri yang keukeuh pada prinsipnya. Jadi tak heran lagi dengan sikap pria berkumis asal Padang, Sumbar itu.

2 dari 4 halaman

Flashback 2013

Hansamu Yama Pranata (kiri) berusaha menahan laju pergerakan Maldini Pali saat berlatih di lapangan sepakbola SPH Karawaci, Tangerang, (23/10/2014). (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Usai meraih gelar juara Piala AFF 2013, Timnas Indonesia U-19 yang dianggap sebagai generasi emas sepak bola dengan talenta luar biasa melakukan Tur Nusantara.

Pada giliran Evan Dimas dkk. akan menghadapi Persik U-21, Maldini Pali dipastikan absen karena cedera. Padahal saat itu Maldini Pali sedang jadi pujaan karena performa apiknya. Tapi apa kata Indra Sjafri?

"Tanpa Maldini Pali, tim ini tetap kuat dan harus jalan terus. Menurut penilaian publik, dia bintang di Timnas Indonesia U-19. Tapi bagi saya, Maldini Pali bukan bintang. Dia seperti pemain lainnya. Semua pemain punya peran dan jasa besar bagi Indonesia," kata Indra Sjafri saat itu.

3 dari 4 halaman

Semua Sama

Lebih lanjut, Indra Sjafri menyatakan tak mau ada dikotomi bintang dan bukan bintang di Timnas Indonesia U-19.

Padahal, saat itu selain Maldini Pali masih ada beberapa sosok lain seperti Evan Dimas, Dimas Drajad, hingga Ilham Udin Armaiyn yang tampilannya juga membuat decak kagum.

"Mereka masih muda dan akan terus berkembang. Jadi jangan memuji berlebihan. Sehingga jika ada pemain yang dianggap bintang, tentu menganggap pemain lain tidak bagus. Seorang pemain bisa tampil bagus, karena dukungan pemain lainnya," tuturnya.

4 dari 4 halaman

Ke Mana Mereka Sekarang?

Setelah 11 tahun lewat, kini hanya segelintir pemain warisan Timnas Indonesia U-19 yang masih berkarier di sepak bola Indonesia. Dari 21 pemain penyabet mahkota juara Piala AFF 2013, sekarang hanya tersisa Evan Dimas, Paulo Sitanggang, Dimas Drajad, Hansamu Yama, dan Ilham Udin Armaiyn yang masih bermain di Liga 1.

Sisanya, mereka berkiprah di Liga 2. Bahkan tak sedikit yang pensiun dini dengan berbagai alasan. Salah satunya adalah Maldini Pali yang dulu mendapat label bintang.

Berita Terkait