Barcelona Tampil Apik di La Liga Musim Ini, Hansi Flick Mendekati Torehan Bersejarah

oleh Benediktus Gerendo Pradigdo diperbarui 27 Sep 2024, 13:45 WIB
Pelatih Barcelona, Hansi Flick saat memberikan instruksi dari pinggir lapangan bersama pemainnya Pau Cubarsi. (AP Photo/Joan Monfort)

Bola.com, Jakarta - Pelatih Barcelona, Hansi Flick, makin dekat mengukir sejarah baru dengan kembali meraih kemenangan 1-0 atas Getafe di La Liga Spanyol pada Rabu (25/9/2024) malam.

Robert Lewandowski menjadi pahlawan kemenangan Barcelona dengan mencetak satu-satunya gol dalam pertandingan ini. Barcelona mendominasi permainan dengan 78 persen penguasaan bola dan hanya membiarkan satu tembakan akurat dari tim tamu.

Advertisement

Kemenangan ini menjadi yang ketujuh secara beruntun pada awal musim liga baru bagi Barcelona, unggul empat poin atas rival mereka, Real Madrid. Sang juara bertahan telah kehilangan poin dalam dua pertandingan pada Agustus 2024.

Tujuh kemenangan ini menyamai rekor Ernesto Valverde pada awal musim 2017/2018, meskipun saat itu Barcelona kehilangan Neymar yang pindah ke Paris Saint-Germain. Pada akhir musim, Valverde membawa Barcelona meraih gelar ganda domestik, yakni La Liga dan Copa del Rey.

 
 
2 dari 4 halaman

Sedikit Lagi Ukir Sejarah

Pelatih kepala Jerman, Hansi Flick memberikan instruksi ke pemainnya saat matchday ketiga Grup E Piala Dunia 2022 melawan Kosta Rika di Al Bayt Stadium, Jumat (01/12/2022). (AP/Martin Meissner)

Jika Hansi Flick mampu membawa timnya meraih kemenangan lagi melawan Osasuna pada gelaran La Liga Spanyol pada Sabtu malam, ia akan mencatatkan delapan kemenangan dalam delapan pertandingan La Liga pertamanya.

Hanya satu pelatih dalam sejarah Barcelona yang berhasil mencapai rekor tersebut, yaitu Gerardo 'Tata' Martino, pada awal musim 2013/2014.

Namun, meskipun memulai musim dengan sempurna, Martino tidak berhasil membawa Barcelona meraih trofi besar selain Supercopa de Espana.

Ia kemudian mundur setelah hanya satu musim melatih. Saat ini, Martino menjadi pelatih Inter Miami, di mana ia kembali bekerja sama dengan Lionel Messi.

3 dari 4 halaman

Andalkan Jebolan La Masia

Pemain Barcelona, Lamine Yamal (kanan) melakukan selebrasi setelah mencetak gol pertama timnya ke gawang Athletic Club Bilbao pada laga lanjutan Liga Spanyol 2024/2025 di Estadi Olimpic Lluis Companys, Barcelona, Sabtu (25/08/2024) waktu setempat. (AP Photo/Joan Monfort)

Kinerja Hansi Flick sejauh ini sangat luar biasa mengingat tantangan yang dihadapinya.

Barcelona kembali kesulitan dalam hal perekrutan pemain di tengah keterbatasan finansial, dengan skuad yang semakin berkurang dan banyak diisi oleh pemain jebolan La Masia untuk memperkuat tim utama yang terbatas.

Keberhasilan ini menunjukkan kemampuannya dalam mengembangkan talenta dan memaksimalkan performa pemain.

Barcelona memang belum berhadapan dengan Real Madrid atau Atletico, namun mereka sudah mengalahkan Athletic Club, yang saat ini berada di posisi ketiga, di antara kedua raksasa Madrid di klasemen sementara.

Satu-satunya kekalahan Villarreal musim ini terjadi saat mereka dibantai 1-5 oleh Barcelona. Sementara Girona kesulitan setelah kalah 1-4 dari tim asuhan Flick. Valencia, Rayo Vallecano, dan Real Valladolid adalah tim lain yang sudah dikalahkan Barcelona musim ini.

Penulis: Lutfi Galih Pawening

4 dari 4 halaman

Persaingan di La Liga Spanyol

Berita Terkait