Andai MU Pecat Erik ten Hag, Ole Gunnar Solskjaer Siap Kembali ke Old Trafford

oleh Benediktus Gerendo Pradigdo diperbarui 27 Sep 2024, 14:30 WIB
Karakter Ole Gunnar Solskjaer yang dikenal dekat dengan pemain menjadi pertimbangan utama dirinya masuk dalam radar pelatih pengganti Thomas Tuchel di Bayern Munchen. Ia diharapkan mampu menjalin hubungan baik dengan para pemain Bayern Munchen. Selain itu, ia juga memiliki hubungan yang dekat dengan Direktur Olahraga Bayern Munchen saat ini, Christoph Freund. (AFP/Ian Kington)

 

Bola.com, Jakarta - Mantan striker dan manajer Manchester United (MU), Ole Gunnar Solskjaer, membuka pintu selebar-lebarnya untuk bisa kembali ke kursi manajerial The Red Devils. Masa depan Erik ten Hag di sana memang tengah menjadi spekulasi hangat bakal lengser pada musim ini.

Advertisement

Tanda tanya bakal lengsernya Erik ten Hag muncul setelah lagi-lagi MU memperlihatkan performa yang mengecewakan pada awal musim ini.

Sejauh ini, MU hanya meraih dua kemenangan dari lima laga dan kini berada di posisi ke-11 klasemen Premier League. Hasil ini tentu membuat Erik ten Hag berada di bawah pengawasan ketat manajemen The Red Devils.

Kegagalan MU meraih hasil konsisten pada awal musim ini membuat kursi sang pelatih asal Belanda itu kian memanas.

Tekanan makin meningkat ketika MU bermain imbang melawan FC Twente di Old Trafford dalam laga matchday pertama Liga Europa musim ini.

Erik ten  Hag kini menghadapi sorotan tajam dari fans MU karena performa tim asuhannya jauh di bawah ekspektasi.

2 dari 5 halaman

Kekecewaan Erik ten Hag

Kedatangan Erik ten Hag sebagai pelatih di Manchester United berhasil membawa Setan Merah bangkit dari keterpurukan pada beberapa musim terakhir. Langkah-langkah pelatih berkebangsaan Belanda tersebut dinilai tepat dan mujarab. Pasalnya, Ten Hag berhasil mendongrak performa MU yang saat artikel ini dibuat (19/01/2023) berhasil menempati urutan ketiga dengan raihan poin yang sama dengan Manchester City yang berada di atasnya, yaitu 39 poin. Berikut ini daftar sentuhan mujarab Erik ten Hag yang bikin MU kembali bangkit di Liga Inggris. (AFP/Oli Scarff)

Erik ten Hag sendiri tidak dapat menyembunyikan kekecewaannya atas performa MU. Usai hasil imbang melawan Twente, pelatih Belanda itu menyatakan bahwa timnya harus segera memperbaiki penampilan mereka.

"Kami membuat mereka tetap hidup, kami unggul 1-0 dan mengendalikan permainan. Namun, kami menurunkan level permainan dan memberikan gol tandang. Itu tidak bisa diterima," tegas Erik ten Hag dalam konferensi pers setelah laga.

Ia juga mengkritik kurangnya intensitas dari para pemainnya dan menekankan bahwa mereka perlu lebih konsisten dalam mengeksekusi peluang. 

"Kami harus membangun dan terus maju. Malam ini tidak cukup baik; kami seharusnya menang. Kami membuat lawan tetap hidup dan tidak menyelesaikannya setelah unggul 1-0. Kami harus belajar dari ini," tambahnya.

3 dari 5 halaman

Solskjaer Siap Kembali ke Old Trafford

Manajer Manchester United (MU) Ole Gunnar Solskjaer dalam laga kontra Liverpool dalam lanjutan Liga Inggris di Anfield, Minggu (17/1/2021). (Michael Regan/Pool via AP)

Melihat posisi kursi pelatih MU yang memanas, Ole Gunnar Solskjaer menyatakan siap 100 persen untuk kembali ke Old Trafford jika diberikan kesempatan kedua.

Dalam sesi tanya jawab di Oslo Business Forum, mantan pelatih United itu mengungkapkan jika ia masih merasa memiliki tanggung jawab yang belum selesai bersama MU.

"Jika United bertanya, saya akan mengatakan ya setiap hari dalam seminggu," ujar Solskjaer.

Solskjaer sebelumnya pernah menjabat sebagai manajer Manchester United selama tiga tahun, menggantikan Jose Mourinho pada tahun 2018. 

Berada di bawah asuhannya, MU sempat menempati posisi kedua Premier League pada musim 2020/2021, tapi Solskjaer gagal meraih trofi satu pun bersama MU saat menjadi pelatih. 

Solskjaer dipecat oleh manajemen MU pada November 2021, setelah serangkaian hasil buruk, termasuk kekalahan 0-5 dari Liverpool di kandang sendiri.

4 dari 5 halaman

Mengincar Timnas Norwegia juga

Erling Haaland bersama Timnas Norwegia. (Beate Oma Dahle / NTB / AFP)

Selain kemungkinan kembali ke Manchester United (MU), Solskjaer juga membuka peluang untuk melatih Timnas Norwegia setelah Stale Solbakken, memutuskan mundur dari kursi kepelatihan.

"Saya orang Norwegia yang bangga, dan tentu saja jika muncul pertanyaan, ketika Stale memutuskan untuk menyerah, saya akan dengan senang hati terlibat dalam diskusi" ungkap Ole Gunnar Solskjaer di acara Oslo Business Forum.

Penulis: Muhamad Luthfi Ma'ruf

5 dari 5 halaman

Persaingan di Premier League

Berita Terkait