Rapor Timnas Indonesia U-20 setelah Menggulung Timor Leste: Jens Raven Tak Terbendung, Dony Tri Pamungkas Masih Ganas

oleh Radifa Arsa diperbarui 27 Sep 2024, 21:45 WIB
Muhammad Ragil (kiri) dan Jens Raven (kanan) melakukan selebrasi setelah mencetak gol buat Timnas Indonesia U-20 ke gawang Timor Leste pada matchday 2 Kualifikasi Piala Asia U-20 2024, Jumat (27/9/2024) malam WIB di Stadion Madya, Jakarta. (Bola.com/Abdul Aziz)

Bola.com, Jakarta - Sejumlah pemain Timnas Indonesia U-20 mengukir performa yang cemerlang saat menumbangkan Timor Leste U-20 pada pertandingan kedua Grup F Kualifikasi Piala Asia U-20 2025.

Dalam pertandingan yang berlangsung di Stadion Madya, Senayan, Jakarta, Jumat (27/9/2024) malam WIB itu, Timnas Indonesia U-20 berhasil unggul dengan skor 3-1 atas Timor Leste U-20. 

Advertisement

Masing-masing gol yang dicetak anak asuh Indra Sjafri disumbangkan oleh Jens Raven (14’), Riski Afrisal (16’), dan Muhammad Ragil (78’). Adapun satu-satunya gol balasan lawan diukir oleh Luis Figo (66’).

Sepanjang pertandingan, Indra Sjafri menurunkan total 16 pemain. Ada lima pergantian yang dilakukan pada babak kedua. Berikut Bola.com menyajikan rapor masing-masing pemain pada laga ini.

 

2 dari 5 halaman

Lini Pertahanan

Timnas Indonesia U-20 meraih kemenangan 3-1 atas Timor Leste pada laga kedua Grup F kualifikasi Piala Asia U-20 2025 di Stadion Madya, Jakarta, Jumat (27/9/2024) malam WIB. Satu dari dua gol Tim Garuda Nusantara disarangkan Jens Raven. (Bola.com/Bagaskara Lazuardi)

Ikram Algiffari: 7,5

Setelah tampil apik pada laga berikutnya, gawang Ikram Algiffari akhirnya jebol juga. Sebetulnya, ia menghadapi minim ancaman dari lawan. Namun, satu serangan balik cepat dari lawan akhirnya membuat gawangnya koyak.

Meshaal Hamzah: 7

Meshaal Hamzah tampil sangat solid pada babak pertama. Namun, ia tidak berada dalam posisi idealnya ketika gawang Timnas Indonesia U-20 kebobolan. Imbasnya, Iqbal harus bergeser untuk menutup lubang ini, meski akhirnya tetap kemasukan gol.

Kadek Arel: 8

Kadek Arel kembali membuktikan kualitasnya pada laga ini. Selain jago dalam menghalau serangan lawan, bek Bali United ini bisa menjalankan tugas dengan baik saat membantu lini tengah lewat umpan jarak jauhnya yang akurat.

Iqbal Gwijangge: 7

Ketenangan Iqbal Gwijangge patut mendapatkan pujian khusus. Sayangnya, saat menghadapi serangan balik Timor Leste, Iqbal tak bisa menghalau tembakan Luis Figo yang membobol gawang Ikram.

 

3 dari 5 halaman

Lini Tengah

Timnas Indonesia U-20 meraih kemenangan 3-1 atas Timor Leste pada laga kedua Grup F kualifikasi Piala Asia U-20 2025 di Stadion Madya, Jakarta, Jumat (27/9/2024) malam WIB. Satu dari dua gol Tim Garuda Nusantara disarangkan Jens Raven. (Bola.com/Bagaskara Lazuardi)

Alfharezzi Buffon: 7,5

Hadirnya Alfharezzi Buffon di area wingback kanan memberikan opsi tambahan untuk menyerang. Dia kerap membantu lini serang dan pergerakannya menjadi awal dari gol pertama Timnas Indonesia U-20.

Aditya Warman: 7

Berbeda dari laga sebelumnya, Aditya Warman masih kesulitan untuk mendapatkan peluang. Namun, kehadirannya di lini tengah cukup krusial. Dia punya peran penting untuk menjaga keseimbangan area ini.

Toni Firmansyah: 7,5

Toni Firmansyah menjadi aktor di balik terciptanya gol kedua Garuda Nusantara. Dari penetrasinya di sisi kanan, dia sukses menyodorkan bola matang kepada Riski Afrisal yang berdiri bebas. Sayangnya, dia ditarik keluar pada babak kedua.

Dony Tri Pamungkas: 8

Pergerakan Dony Tri Pamungkas di sektor kiri kembali merepotkan pertahanan lawan. Dony kerap kali melakukan tusukan yang menghasilkan peluang berbahaya. Salah satu kontribusinya ialah umpan silang yang dikonversi menjadi gol oleh Muhammad Ragil

 

4 dari 5 halaman

Lini Depan

Striker timnas Indonesia U-20 Jens Raven. (Dok PSSI)

Alryansyah Abdulmanan: 7

Pergerakan Arlyansyah Abdulmanan di area kanan penyerangan sering kali membuat barisan pertahanan Timor Leste U-20 kalang kabut. Namun, pemain Persija Jakarta ini belum bisa menciptakan peluang yang matang.

Jens Raven: 8

Lagi-lagi, Jens Raven membuktikan ketajamannya sebagai andalan lini depan Timnas Indonesia U-20. Striker asal FC Dordrecht U-21 itu sukses menjebol gawang lawan yang membuka gol pertama Garuda Nusantara.

Riski Afrisal: 7,5

Kali ini, penempatan posisi Riski Afrisal sukses menghasilkan berkah. Dia sukses meneruskan umpan silang Toni Firmansyah untuk mengonversinya menjadi gol. Sayangnya, aksi Riski harus diakhiri pada babak kedua.

 

5 dari 5 halaman

Pemain Pengganti

Maouri Ananda: 6,5

Kehadiran Maouri Ananda masih belum memberikan dampak positif. Dia baru turun pada babak kedua untuk menggantikan Arlyansyah Abdulmanan. Namun, belum ada kontribusi berarti dari pemain bernomor punggung 10 ini.

Muhammad Ragil: 7,5

Mendapatkan kesempatan bermain pada awal babak kedua, Muhammad Ragil yang menggantikan Toni Firmansyah harus pontang-panting. Akhirnya, dia bisa menyumbang satu gol pada babak kedua.

Figo Dennis: 6,5

Figo Dennis sebetulnya memiliki kesempatan emas untuk mencetak gol saat turun pada babak kedua. Sayangnya, sepakannya yang memaksimalkan umpan Dony Tri Pamungkas masih membentur tiang gawang.

Fandi Bagus Pamungkas: 6,5

Fandi Bagus masih belum memperoleh kesempatan yang longgar pada laga ini. Dia baru bermain pada menit ke-80 untuk menggantikan Aditya Warman. Minimnya kesempatan ini membuat Fandi tak leluasa.

Marselinus Ama Ola: 6,5

Marselinus Ama Ola menjadi pemain yang tampil paling singkat pada pertandingan ini. Ia baru diturunkan Indra Sjafri pada menit ke-87 saat menggantikan Jens Raven.

Berita Terkait