3 Kunci Timnas Indonesia U-20 Melumat Timor Leste: Tusukan di Area Sayap Bikin Lawan Kalap!

oleh Radifa Arsa diperbarui 27 Sep 2024, 22:00 WIB
Momen Timnas Indonesia U-20 sukses mengamankan kemenangan kedua saat berjumpa Timor Leste U-20 pada pertandingan lanjutan Grup F pada ajang Kualifikasi Piala Asia U-20 2025. (Bagaskara Lazuardi/Bola.com)

Bola.com, Jakarta - Timnas Indonesia U-20 sukses mengamankan kemenangan kedua saat berjumpa Timor Leste U-20 pada pertandingan lanjutan Grup F pada ajang Kualifikasi Piala Asia U-20 2025.

Dalam duel yang berlangsung di Stadion Madya, Senayan, Jakarta, Jumat (27/9/2024) malam WIB itu, Timnas Indonesia U-20 sukses melumat Timor Leste dengan skor 3-1.

Advertisement

Masing-masing gol yang dicetak anak asuh Indra Sjafri disumbangkan oleh Jens Raven (14’), Riski Afrisal (16’), dan Muhammad Ragil (78’). Adapun satu-satunya gol balasan lawan diukir oleh Luis Figo (66’).

Setidaknya, ada sejumlah kunci keberhasilan yang menjadi faktor penting di balik kesuksesan Garuda Nusantara menggasak Timor Leste pada pertandingan ini. Berikut Bola.com menyajikan ulasannya.

 

2 dari 4 halaman

Penetrasi Area Sayap

Momen Timnas Indonesia U-20 sukses mengamankan kemenangan kedua saat berjumpa Timor Leste U-20 pada pertandingan lanjutan Grup F pada ajang Kualifikasi Piala Asia U-20 2025. (Bagaskara Lazuardi/Bola.com)

Tak berlebihan jika memberikan apresiasi khusus kepada para pemain yang beroperasi di area sayap. Sebab, masing-masing gol yang dicetak Timnas Indonesia U-20 ini bermula dari penetrasi di sektor ini.

Dua gol pada babak pertama, misalnya, bermula dari pergerakan pemain di sisi kanan. Yang pertama diinisiasi oleh Alfharezzi Buffon, sedangkan gol yang kedua bermula dari penetrasi Toni Firmansyah.

Adapun gol ketiga skuad Garuda Nusantara berawal dari sisi kiri. Kali ini, umpan silang Dony Tri Pamungkas sukses disambut oleh Muhammad Ragil yang sudah berdiri bebas tanpa pengawalan di depan gawang.

 

 

 

 

 

3 dari 4 halaman

Redam Kebangkitan Lawan

Timnas Indonesia U-20 sebetulnya sempat melewati masa-masa kritis pada babak kedua. Saat mengalami frustrasi karena sulit menembus pertahanan lawan, situasi ini ternyata bisa dicuri oleh para pemain Timor Leste U-20.

Kelengahan skuad Garuda Nusantara bisa dimaksimalkan oleh lawan. Skema serangan balik cepat yang diinisiasi oleh Ricardo Rorinho bisa membantu Luis Figo untuk mencetak gol pada menit ke-66.

Beruntung, setelah momen ini, anak asuh Indra Sjafri bisa menghentikan upaya lawan untuk bangkit. Mereka kembali mengambil alih kendali permainan dan mencetak gol penentu pada akhir babak kedua.

 

4 dari 4 halaman

Pertahanan Kokoh

Momen penggawa Timor Leste U-20 ke gawang Timnas Indonesia U-20 pada pertandingan lanjutan Grup F pada ajang Kualifikasi Piala Asia U-20 2025. (Bagaskara Lazuardi/Bola.com)

Terlepas satu gol yang dicetak oleh Timor Leste pada laga ini, performa para pemain bertahan Timnas Indonesia U-20 sebetulnya tak buruk-buruk amat. Duet Meshaal Hamzah, Kadek Arel, dan Iqbal Gwijangge cukup oke.

Mereka seringkali menghentikan upaya lawan untuk menembus pertahanan Garuda Nusantara. Meshaal Hamzah, misalnya, sangat solid dalam melakukan tekel maupun intersep untuk memutus serangan Timor Leste.

Itulah sebabnya, Indra Sjafri masih mempertahankan ketiga pemain ini sepanjang pertandingan. Saat area lain membutuhkan penyegaran, ketiganya masih tetap awet hingga laga berakhir.

Berita Terkait