Timnas Indonesia U-20 Vs Yaman Bak Laga Hidup Mati, Indra Sjafri Gunakan Cara Ini untuk Pastikan Pemain dalam Kondisi Prima

oleh Gregah Nurikhsani diperbarui 27 Sep 2024, 22:43 WIB
Pemain Timnas Indonesia U-20, Jens Raven mencetak gol pembuka ke gawang Timor Leste pada laga Grup F Kualifikasi Piala Asia U-20 2025 di Stadion Madya, Senayan, Jakarta, Jumat (27/09/2024). (Bola.com/Bagaskara Lazuardi)

Bola.com, Jakarta - Timnas Indonesia U-20 berhasil meraih kemenangan atas Timor Leste U-20 pada matchday 2 Kualifikasi Piala Asia U-20 2025 di Stadion Madya, Jakarta, Jumat (27/9/2024) malam WIB.

Timnas Indonesia U-20 mencetak dua gol dalam waktu berdekatan, masing-masing melalui Jens Raven menit 13' dan Muhammad Riski Afrisal menit 16'.

Advertisement

Timor Leste berhasil memperkecil kedudukan menjadi 1-2 setelah Figo mengecoh kiper Ikram Algiffari pada babak kedua, tepatnya menit 67'.

Namun demikian, Timnas Indonesia U-20 berhasil memastikan kemenangan 3-1 setelah Muhammad Ragil sukses memanfaatkan umpan terukur Dony Tri Pamungkas pada menit 78' yang sekaligus menjadi gol terakhir pada laga tersebut.

2 dari 3 halaman

Recovery

Pemain Timnas Indonesia U-20, Dony Tri Pamungkas melewati sejumlah pemain Timor Leste pada laga Grup F Kualifikasi Piala Asia U-20 2025 di Stadion Madya, Senayan, Jakarta, Jumat (27/09/2024). (Bola.com/Bagaskara Lazuardi)

Dengan waktu istirahat yang tidak banyak, Indra Sjafri sudah menyiapkan segalanya untuk menghadapi laga hidup mati melawan Yaman. Selain melihat gaya bermain lawan, arsitek asal Sumatera itu juga memperhatikan kondisi fisik para pemain Timnas Indonesia.

"Tentu kita akan pelajari permainan dari Yaman dan tadi kita juga nonton Yaman. Dan tentu kita akan menyiapkan dengan recovery satu hari. Ini yang belum kita tetapkan apakah besok kita akan latihan di lapangan atau kita cukup recovery di hotel," ujar Indra Sjafri.

"Saya pikir kedua tim besok akan bermain harus menang karena dengan kemenangan itu mereka akan bisa lolos ke Piala Asia U-20. Oleh sebab itu kita akan fokus ke pertandingan yang ketiga kita dan melupakan dua pertandingan yang sebelumnya dan mudah-mudahan besok bisa pemain tampil peak performance-nya."

3 dari 3 halaman

Recovery Pump

Pelatih kepala Timnas Indonesia U-20, Indra Sjafri memberikan arahan kepada anak asuhnya pada laga Grup F Kualifikasi Piala Asia U-20 2025 melawan Timor Leste di Stadion Madya, Senayan, Jakarta, Jumat (27/09/2024). (Bola.com/Bagaskara Lazuardi)

Beruntung bagi Indra Sjafri, stafnya memiliki alat recovery pump yang mampu mendeteksi secara aktual mengenai kondisi para pemainnya selepas pertandingan. Jika sudah ada laporan dari tim medis, barulah ia menentukan pola apa yang akan dilakukan esok hari.

"Pertama yang kita lakukan, semua 23 pemain akan kita recovery malam ini. Kita punya alat recovery pump di setiap kamar mereka masing-masing. Besok pagi juga kita akan melakukan check up untuk semua pemain, ada yang cedera atau yang tidak cedera."

"Mungkin sore kita akan latihan ringan untuk persiapan game plan kita melawan Yemen. Mungkin itu."