Emiliano Martinez Kena Sanksi FIFA, Kiper Timnas Argentina Itu Dihukum Larangan 2 Pertandingan

oleh Benediktus Gerendo Pradigdo diperbarui 28 Sep 2024, 12:15 WIB
Kiper Argentina, Emiliano Martinez saat laga FIFA Matchday melawan Timnas Indonesia di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Senayan, Jakarta, Senin (19/06/2023). (Bola.com/Bagaskara Lazuardi)

Bola.com, Jakarta - Kiper Timnas Argentina, Emiliano Martinez, dipastikan tidak tampil dalam laga Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Amerika Selatan melawan Venezuela dan Bolivia pada Oktober 2024. FIFA menjatuhkan sanksi larangan dua pertandingan kepada kiper Aston Villa itu.

FIFA menjatuhkan sanksi larangan bermain dalam dua pertandingan internasional kepada Emiliano Martinez setelah insiden yang terjadi dalam pertandingan melawan Chile dan Kolombia pada awal September 2024.

Advertisement

Dalam pertandingan melawan Chile, yang merupakan laga pertamanya setlah meraih gelar Copa America 2024 di Amerika Serikat, Martinez merayakan kemenangan dengan melakukan gestur tidak sopan menggunakan trofi.

Sebenarnya sikap serupa juga pernah dilakukan Emiliano Martinez setelah meraih gelar juara Piala Dunia 2022 di Qatar.

Kemudian yang kedua terjadi setelah kekalahan dari Kolombia. Kiper Timnas Argentina berusia 32 tahun itu memukul kamera televisi lokal yang tengah mengarah kepadanya di lapangan.

2 dari 3 halaman

Tanggapan Federasi Sepak Bola Argentina

Aksi kiper Argentina, Emiliano Martinez menggagalkan tendangan penalti Angel Mena di perempat final Copa America 2024, Jumat (5/7/2024). (AP Photo/Kevin M. Cox)

Sanksi yang jatuh dari FIFA untuk Emiliano Martinez itu pun ditanggapi oleh Asosiasi Sepak Bola Argentina (AFA). Menurut AFA, Emiliano Martinez bertanggung jawab terhadap perilakunya, tapi tidak setuju dengan sanksi yang dijatuhkan FIFA.

"Damian Emiliano Martinez bertanggung jawab atas perilaku menyinggung dan pelanggaran prinsip fair play," bunyi pernyataan resmi AFA.

Keputusan FIFA ini menunjukkan meskipun Argentina tampil baik di lapangan, perilaku di luar lapangan tetap menjadi perhatian penting dalam dunia sepak bola. Martinez diharapkan bisa belajar dari pengalaman ini dan kembali tampil lebih baik di masa depan.

3 dari 3 halaman

Berada di Puncak

Logo CONMEBOL (Boa.com/Adreanus Titus)

Terlepas dari sanksi yang dijatuhkan untuk Emiliano Martinez, Timnas Argentina saat ini dalam kondisi yang bagus di Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Amerika Selatan.

Argentina saat ini berada di posisi teratas dalam kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Amerika Selatan dengan 18 poin dari delapan pertandingan yang sudah dimainkan, unggul atas Kolombia yang mengoleksi 16 poin dan Uruguay dengan 15 poin.

Sumber: The West

Berita Terkait