Sepak Terjang Indra Sjafri dan Mohammed Hasan Ali Albaadani Jelang Timnas Indonesia U-20 Vs Yaman: Siapa Lebih Berprestasi?

oleh Choki Sihotang diperbarui 29 Sep 2024, 05:15 WIB
Kualifikasi Piala Asia U-20 - Timnas Indonesia Vs Yaman - Duel Pelatih (Bola.com/Adreanus Titus)

Bola.com, Jakarta - Setelah sukses menggebuk Maladewa U-20 dan Timor Lester U-20, kini Timnas Indonesia U-20 mengeker kemenangan selanjutnya di Kualifikasi Piala Asia U-20 2025 saat menghadapi Yaman U-20.

Nazar sudah dikumandangkan pelatih Indra Sjafri. Kata dia, Garuda Muda Nusantara siap lahir batin menggebuk Yaman.

Advertisement

"Target kami jelas, memenangkan pertandingan melawan Yaman," kata Indra Sjafri, tanpa keraguan sedikit pun.

Dony Tri Pamungkas dan kawan-kawan tak terbendung dalam dua laga sebelumnya. Tampil galak menyalak, Timnas Indonesia U-20 mencukur Maladewa empat gol tanpa balas dan terakhir melibas Timor Leste 3-1.

Dua kemenangan ini membuat Indonesia menguasai puncak klasemen Grup F Kualifikasi Piala Asia U-20 2025 dengan torehan enam poin. Yaman juga meraup dua kemenangan, tapi mereka kalah produktivitas gol.

Duel Indonesia vs Yaman rencananya akan dihelat pada Minggu (29/9) pukul 19.30 WIB di tempat yang sama, Stadion Madya, Senayan, Jakarta.

Banyak yang bilang, duel nanti tak ubahnya partai final, mengingat kedua tim sama-sama ingin membuktikan siap yang terkuat di Grup F.

Menarik untuk menanti, tak sabar untuk melihat, duel Indonesia kontra Yaman. Siapa yang bakal tampil sebagai pemenang?

Timnas Indonesia U-20 sah-sah saja lebih percaya diri lantaran bermain di depan publiknya sendiri, tapi Yaman juga berpotensi membuat kejutan. Sukses tidaknya kedua tim juga berpulang kepada strategi dan kejelian masing-masing pelatih.

Lantas, bagaimana sepak terjang kedua juru taktik selama ini? Berikut ulasan tipis-tipisnya:

 
 
2 dari 4 halaman

Indra Sjafri

Pelatih kepala Timnas Indonesia U-20, Indra Sjafri memberikan arahan kepada anak asuhnya pada laga Grup F Kualifikasi Piala Asia U-20 2025 melawan Timor Leste di Stadion Madya, Senayan, Jakarta, Jumat (27/09/2024). (Bola.com/Bagaskara Lazuardi)

Di dalam negeri, Indra Sjafri salah satu pelatih muda tersukses dalam sejarah sepak bola Indonesia. Tangan dinginnya, "sentuhan Midas", berujung pencapaian spektakuler yang membuat banyak orang berdecak kagum.

Pada 2023, di ajang SEA Games ke-32 di Kamboja, Indra Sjafri membawa Timnas Indonesia U-22 menggondol medali emas sepak bola setelah mengalahkan Thailand di final.

Sensasi yang membuat merinding, mengingat Indonesia terakakhir kali menyabet medali emas sepak bola pada SEA Games 1991 di Manila, Filipina.

Pada 2013, racikan maut pelatih berdarah Minang, Sumatera Barat, itu sukses mengantarkan Timnas Indonesia U-19 ke singgasana jawara Piala AFF U-19.

Sementara di level Timnas Indonesia U-22, lagi-lagi Indra Sjafri memahat prestasi setinggi langit kala membawa armadanya menjadi yang terhebat di pentas Piala AFF U-22 2019.

Teranyar, Indra Sjafri mengulang suksesnya di ajang Piala AFF U-19 2024 dengan membawa Garuda Muda Nusantara ke podium tertinggi.

Kini, Indra Sjafri mengemban misi suci membawa Timnas Indonesia U-20 menggapai pencapaian tertinggi seperti yang pernah tersaji di edisi 1961, di mana saat itu Indonesia tampil sebagai kampiun bareng Myanmar.

3 dari 4 halaman

Mohammed Hasan Ali Albaadani

Pelatih Yaman di Kualifikasi Piala Asia U-20 2025, Mohammed Hasan Ali Albaadani (paling kiri). (Bola.com/Bagaskara Lazuardi)

Sementara di kubu Yaman, nama Mohammed Hasan Ali Albaadani cukup mentereng. Seperti Indra Sjafri, ia juga spesialis meracik bakat-bakat muda bertalenta Yaman.

Sebelum dipercaya membidani Yaman U-20, Mohammed Hasan Ali Albaadani ditugaskan meramu Yaman U-17 pada 2023.

Pada tahun itu, kinerja Mohammed Hasan Ali Albaadani dinilai cukup baik karena membawa Yaman U-17 sebagai runner up Grup H sebelum akhirnya terhenti di babak perempatfinal lantaran kalah adu penalti dengan tim kuat Iran.

Mohammed Hasan Ali Albaadani tipikal pelatih keras dan berdisiplin. Di tangannya, pemain-pemain muda Yaman menjelma menjadi sepasukan berjiwa spartan.

Itu sudah mereka buktikan dalam dua laga Grup F Kualifikasi Piala Asia U-20 2025 dengan menghancurkan Maladewa 3-0 dan menaklukkan Timor Leste 3-1.

Menantang Indra Sjafri dan pasukannya, Mohammed Hasan Ali Albaadani siap beradu taktik. Ia dengan tegas menyatakan, Abdullah Khaled dan kawan-kawan siap menjalankan semua instruksinya dengan tekad membara.

Sebelum bertolak ke Jakarta, Yaman U-20 sempat menahan imbang Timnas U-20 Arab Saudi dengan skor 2-2 pada Juli lalu.

Mereka juga mengalahkan Oman 3-1 saat keduanya bentrok di pertandingan Piala WAFF (Konfederasi Sepak Bola Asia Barat) Championship U19 2024.

Otak dari semua kesuksesan itu adalah, siapa lagi kalau bukan Mohammed Hasan Ali Albaadani. Hati-hati, Indra Sjafri dan Timnas Indonesia U-20!

 
 
4 dari 4 halaman

Klasemen Kualifikasi Piala Asia U-20 2025

  • Hasil matchday pertama, 25 September 2024 

Yaman 3-1 Timor Leste

Timnas Indonesia 4-0 Maladewa

  • Hasil matchday kedua, 27 September 2024 

Maladewa 0-3 Yaman

Timor Leste 1-3 Timnas Indonesia

 

Pos  Negara  Main Menang Seri Kalah  SG Poin
 1.  Timnas Indonesia  2  2  0  0  7-1  6
 2.   Yaman  2   2   0  0  6-1  6
 3.    Timor Leste  2   0   0  2  2-6  0
 4.    Maladewa  2   0   0  2  0-7   0
 
 

Berita Terkait