7 Pemain yang Nyaris Diboyong Sir Alex Ferguson ke MU tapi Gagal: Semua Jadi Bintang Klub Lain

oleh Benediktus Gerendo Pradigdo diperbarui 29 Sep 2024, 06:15 WIB
Manchester United - Deretan pemain yang gagal dibawa Sir Alex Ferguson ke MU (Bola.com/Adreanus Titus)

Bola.com, Jakarta - Manajer legendaris Manchester United (MU), Sir Alex Ferguson, merupakan sosok yang memberikan kontribusi besar dalam setiap perekrutan pemain.

Namun, tak selamanya manajer asal Skotlandia itu sukses dalam perburuan pemain ketika masih menjadi arsitek tim The Red Devils.

Advertisement

Manajer asal Skotlandia itu membahas sejumlah target transfer yang coba direkrutnya, tetapi gagal untuk direkrut MU, dalam buku terlarisnya berjudul 'Leading'.

Pada bagian berjudul 'the ones that got away', Sir Alex Ferguson bicara mengenai kegagalannya dalam mengejar salah satu incarannya kala itu, Didier Drogba yang menjadi pemain hebat di Chelsea.

Namun, tak hanya Didier Drogba yang gagal didatangkannya. Seperti dilansir dari Sportbible, berikut daftar pemain yang ingin direkrut Sir Alex Ferguson ke MU tapi gagal:

2 dari 8 halaman

Didier Drogba

Didier Drogba melakukan hat-trick sempurna hanya membutuhkan kurun waktu 17 menit yaitu sejak menit ke-63 hingga menit ke-80. Hal itu terjadi ketika Chelsea pesta gol di gawang Wigan Ahtletic dengan skor 8-0 pada musim 2009/2010. (Foto: AFP/Pierre-Philippe Marcou)

 

Sir Alex Ferguson mengungkapkan ketertarikan kepada sang striker ketika masih bermain di Marseille. Namun, Chelsea lebih cepat dalam mengajukan tawaran setelah Marseille meminta 25 juta pound. Drogba kemudian menjadi legenda di Stamford Bridge.

"Kami mencoba mengontraknya, tetapi klub menginginkannya 25 juta pound dan Chelsea bergerak cepat sebelum kami memutuskan," ujar Ferguson yang kemudian mengontrak Wayne Rooney saat masih remaja dengan dana 27 juta pound.

3 dari 8 halaman

Petr Cech

Petr Cech - Penjaga gawang legendaris Chelsea ini bertengger di posisi teratas sebagai raja clean sheets di Liga Inggris. Petr Cech mencatatkan penampilan luar biasa di bawah mistar gawang dengan 202 clean sheets. (AFP/Ian Kington)

 

Pada 2003, Sir Alex Ferguson melihat Petr Cech yang ketika itu masih bermain di klub Prancis, Rennes. Namun, alasan usia membuat Sir Alex Ferguson mengurungkan niatnya saat itu.

"Saya menemuinya pada 2003. Kami pikir Petr masih terlalu muda untuk menjadi pemain hebat di Premier League," ujarnya.

4 dari 8 halaman

Thomas Muller

Thomas Muller menjadi pemain paling lama di Bayern Munchen saat ini, yaitu 12 tahun 7 bulan. Ia telah menghabiskan hampir seluruh karier profesionalnya sebagai pesepak bola di Bavaria. Muller telah membuat 600 kali penampilan dengan mencetak berbagai gelar juara. (AFP/Tobias Schwarz)

 

Ternyata pemain yang kini menjadi legenda hidup Bayern Munchen ini sudah dipantau oleh Sir Alex Ferguson sejak masih berusia 10 tahun. Namun, Muller lebih berkomitmen untuk bersama Bayern Munchen.

"Dia masih berusia 10 tahun ketika kami mendengar mengenai dirinya. Kami pun memantaunya, tetapi keesokan harinya dia memutuskan untuk bergabung bersama Bayern Munchen," ujar Ferguson.

5 dari 8 halaman

Ronaldo Luis Nazario da Lima

Ronaldo Luis Nazario da Lima memperkuat Real Madrid pada tahun 2002-2007. Peraih tiga gelar Pemain Terbaik Dunia ini mempersembahkan gelar La Liga, Piala Interkontinental, dan Piala Super Spanyol. (AFP/Christophe Simon)

 

Bintang sepak bola asal Brasil ini ternyata pernah coba diboyong ke MU oleh Sir Alex Ferguson pada 1994. Namun, Ronaldo bergabung bersama PSV Eindhoven setelah izin kerja di Inggris membuatnya gagal berkarier di Premier League.

"Kami ingin merekrutnya dari Cruzeiro pada 1994. Namun, kami tidak bisa mendapatkan izin kerja untuknya sehingga dia pindah ke PSV," ujarnya.

6 dari 8 halaman

Sergio Aguero

Sergio Aguero. Striker berusia 33 tahun dan telah pensiun dini bersama Barcelona pada Desember 2021 ini tercatat mampu mencetak 27 gol penalti di Liga Inggris. Ia melakukannya hanya bersama Manchester City yang diperkuatnya selama 10 musim mulai 2011/2012 hingga 2020/2021. (AFP/Oli Scarff)

 

Sebelum akhirnya menjadi bintang Manchester City, Sergio Aguero adalah target transfer Sir Alex Ferguson untuk MU. Namun, persoalan harga yang menjadi penyebab pesepak bola asal Argentina itu batal bergabung di Old Trafford.

"Agennya meminta harga yang tidak ingin kami bayar," cetus Sir Alex.

7 dari 8 halaman

Lucas Moura

Pemain PSG, Lucas Moura (atas) berebut bola dengan pemain AS Roma, Radja Nainggolan pada laga International Champions Cup di Comerica Park, Detroit, Michigan, (19/7/2017). PSG menang 5-3. (AP/Carlos Osorio)

 

Sir Alex Ferguson menyebut pernah menawarkan 35 juta pound untuk bisa mendatangkan Lucas Moura. Namun, PSG yang akhirnya mendapatkannya karena bersedia membayar lebih tinggi ketimbang The Red Devils.

"Kami menawar 35 juta pound, tetapi Paris Saint-Germain mengontraknya dengan harga 45 juta pound," ujarnya.

8 dari 8 halaman

Raphael Varane

Raphael Varane. (Oli SCARFF / AFP)

 

Bek asal Prancis yang akhirnya bergabung bersama MU pada 2021 ini ternyata pernah menjadi incaran Sir Alex Ferguson satu dekade sebelumnya.

Namun, Sir Alex Ferguson kalah saing dengan Zinedine Zidane yang berhasil memembujuk Varane bergabung dengan Real Madrid asuhan Jorge Mourinho.

"Pada 2011, saya ke Lille. Zinedine Zidane mengetahui hal ini dan entah bagaimana berhasil membawanya ke Real Madrid," ujar Sir Alex Ferguson.

Sumber: Sportbible

Berita Terkait