Deretan Fakta Jelang Duel Chelsea Vs Brighton di Liga Inggris: The Blues Punya Modal Bagus untuk Menang

oleh Rizki Hidayat diperbarui 28 Sep 2024, 16:43 WIB
Liga Inggris - Chelsea Vs Brighton (Bola.com/Adreanus Titus)

Bola.com, London - Chelsea akan meladeni Brighton and Hove Albion pada laga pekan keenam Premier League musim ini di Stamford Bridge, Sabtu (28/9/2024) malam WIB. Bermain di kandang lawan, The Blues punya modal bagus untuk menang.

Saat ini, Chelsea sedang dalam performa kinclong. Tim London Biru berhasil memetik tiga kemenangan berturut-turut diseluruh ajang, yakni kontra Bournemouth (1-0) dan West Ham United (3-0) di Premier League, serta melawan Barrow (5-0) di Carabao Cup.

Advertisement

Andai berhasil membungkam Brighton, posisi The Blues di klasemen sementara Premier League musim ini bakal terdongkrak. Saat ini, mereka berada di tempat kelima dengan koleksi 10 poin, atau tertinggal 13 angka dari Manchester City di posisi teratas.

Kemenangan atas Brighton and Hove Albion juga bakal membuat Chelsea memetik yang keempat lainnya. Tim London Biru akan merengkuh empat kemenangan berturut-turut atas Brighton.

Meski begitu, Chelsea diprediksi tidak akan begitu saja mudah mengalahkan Brighton. Tim yang dijuluki The Seagulls tersebut tampil moncer, karena belum menelan kekalahan pada musim ini, dengan perincian empat kemenangan dan tiga hasil imbang.

Sejumlah data dan fakta menarik tersaji jelang duel Chelsea versus Brighton and Hove Albion:

 

2 dari 4 halaman

Data dan fakta:

Joao Pedro dari Brighton and Hove Albion, kiri depan, dan Christopher Nkunku dari Chelsea, kanan depan, berebut bola saat pertandingan sepak bola Liga Premier Inggris antara Brighton and Hove Albion dan FC Chelsea di Brighton and Hove, Inggris, Rabu, 15 Mei 2024 .(Adam Davy/PA melalui AP)

1. Chelsea berhasil menyapu bersih tiga kemenangan kontra Brighton di kompetisi resmi musim lalu. Setiap pertandingan tersebut, The Blues menang dengan selisih satu gol.

2. Chelsea berhasil meraih kemenangan dalam dua pertemuan melawan Brighton di Premier League 2023/2024. Sayangnya, dua hasil positif itu diwarnai satu kartu merah yang diraih Tim London Biru dalam setiap pertandingan, yakni Conor Gallagher di Stamford Bridge dan Reece James di Amex Stadium.

3. Brighton and Hove Albion hanya meraih satu kemenangan dari 11 pertandingan tandang kompetitif melawan Chelsea (2 imbang; 8 kalah). Satu-satunya kemenangan tersebut terjadi di Premier League pada 15 April 2023 (menang 2-1).

4. Chelsea hanya menelan dua kekalahan dari 20 pertandingan terakhir di Premier League (12 menang; 6 imbang). Dua hasil minor itu didapat saat menyerah 0-5 dari Arsenal (23/4/2024) dan menyerah 0-2 dari Manchester City di kandang sendiri (18/8/2024).

 

3 dari 4 halaman

Data dan fakta

Cole Palmer menyumbangkan satu dari dua gol Chelsea ke gawang Brighton and Hove Albion pada laga pekan ke-34 Premier League di American Express Stadium, Kamis (16/5/2024) dini hari WIB. (AFP/Glyn Kirk)

5. Chelsea di bawah asuhan Enzo Maresca berpeluang mengukir tiga clean sheet beruntun di Premier League untuk pertama kalinya. Terakhir kali catatan tersebut diukir The Blues ketika masih dilatih Graham Potter, pada Januari hingga Februari 2023.

6. Brighton sedang dalam rekor tak terkalahkan terpanjang mereka sejak awal musim di Premier League (2 menang; 3 imbang). Ini adalah awal musim terbaik bagi Brighton, setelah menorehkan catatan tak terkalahkan dalam 21 laga awal Championship 2015/2016.

7. The Seagulls tidak pernah menang dalam delapan lawatan Premier League ke Kota London (4 imbang; 4 kalah). Terakhir kali Brighton meraih tiga poin kontra tim London adalah saat membungkam Arsenal dengan skor 3-0, Mei 2023.

Sumber: BBC Sport

4 dari 4 halaman

Simak Persaingan Musim Ini:

Berita Terkait