Kumpulan Catatan Menarik Jelang Pertarungan Wolverhampton Vs Liverpool di Liga Inggris

oleh Rizki Hidayat diperbarui 28 Sep 2024, 17:45 WIB
Liga Inggris - Wolves Vs Liverpool (Bola.com/Adreanus Titus)

Bola.com, Jakarta - Liverpool akan bertandang ke markas Wolverhampton Wanderers di Molineux Stadium pada laga pekan keenam Premier League, Sabtu (28/9/2024) malam WIB. The Reds memiliki catatan bagus dan berpeluang mencuri tiga poin di kandang The Wolves.

Setelah menelan kekalahan 0-1 dari Nottingham Forest, 14 September lalu, Liverpool tampil moncer dalam tiga laga terakhir. Anak asuh Arne Slot tersebut berhasil menyapu bersih kemenangan dalam tiga pertandingan tersebut.

Advertisement

Mereka menang 3-1 atas AC Milan di Liga Champions, mengalahkan Bournemouth dengan skor 3-0 di Premier League, dan melumat West Ham United 5-1 di Carabao Cup.

Meladeni Wolverhampton Wanderers, Liverpool berambisi merengkuh tiga poin sekaligus meraih empat kemenangan beruntun. Hasil positif juga membuat The Reds menyalip Manchester City di klasemen sementara Premier League 2024/2025.

Saat ini, Liverpool berada di tempat kedua klasemen sementara Premier League dengan nilai 12, tertinggal satu angka dari Man City di posisi teratas.

 

2 dari 6 halaman

Berpeluang Besar

Gelandang Liverpool, Alexis Mac Allister, mendapatkan pengawalan dari gelandang Wolverhampton Wanderers, Jeanricner Bellegarde, pada laga pekan kelima Premier League 2023/2024 yang berlangsung di Molineux Stadium, Sabtu (16/9/2023) malam WIB. (AFP/Adrian Dennis)

Kans Liverpool membungkam Wolverhampton Wanderers pada pertandingan ini terbilang besar. The Reds tercatat mampu memetik 14 kemenangan dan hanya sekali kalah dari 15 pertemuan terakhir kontra The Wolves di Premier League.

Satu-satunya kekalahan Liverpool dari Wolverhampton terjadi pada Februari 2023. Ketika itu, The Reds menyerah tiga gol tanpa balas dari Tim Serigala di Molineux Stadium.

Tak hanya itu, Liverpool mampu mencatatkan 13 clean sheet dari 20 pertandingan terakhir di Premier League yang berlangsung di markas Wolverhampton Wandereres.

Saat ini, The Wolves juga sedang dalam tren buruk. Mereka tak pernah menang dalam empat laga terakhir diseluruh ajang, dengan perincian sekali imbang dan menelan tiga kekalahan beruntun.

 

3 dari 6 halaman

Data dan fakta:

Laga baru berjalan lima menit, Cody Gakpo sudah langsung membuat peluang bagi Liverpool. Sepakan datarnya masih mampu diantisipasi dengan baik kiper Wolverhampton, Matija Sarkic. (AP Photo/Jon Super)

1. The Wolves telah menelan 16 kekalahan dari Liverpool di Premier League. Jumlah itu adalah kekalahan terbanyak yang didapat Wolverhampton, dibandingkan lawan lainnya yang pernah dihadapi.

2. The Reds berhasil meraih 14 kemenangan dari 15 pertemuan terakhir kontra Wolverhampton di Premier League. Adapun satu laga lainnya, Liverpool kalah 0-3 dari The Wolves pada Februari 2023.

3. Liverpool juga mampu menorehkan 13 clean sheet dari 20 pertandingan kandang Premier League kontra Wolverhampton Wanderers.

 

4 dari 6 halaman

Data dan fakta

Bek Liverpool, Andy Robertson, menjebol gawang Wolverhampton Wanderers pada laga pekan kelima Premier League 2023/2024 yang berlangsung di Molineux Stadium, Sabtu (16/9/2023) malam WIB. (AFP/Adrian Dennis)

4. Wolverhampton tidak pernah dalam lima pertandingan pembuka Premier League musim ini (1 imbang; 4 kalah).

5. Hanya meraih satu poin dari lima pertandingan pembuka liga, Wolverhampton mengulangi catatan serupa pada musim 1926/1927, 1964/1965, dan 2003/2004. Dalam tiga musim tersebut, The Wolves bahkan menelan kekalahan pada laga keenam.

6. Anak asuh Gary O’Neil tersebut gagal mengukir clean sheet dalam 17 pertandingan liga berturut-turut. Itu adalah catatan terpanjang saat ini di Premier League.

 

5 dari 6 halaman

Data dan fakta

Darwin Nunez (tengah) tampat emosional hingga menangis usai mencetak gol kemenangan telak 3-0 Liverpool saat menjamu Bournemouth pada pekan kelima Liga Inggris, Sabtu (21/9/2024). Gol ini merupakan gol pertamanya di Liga Inggris di bawah arahan Arne Slot. ( AFP/Paul Ellis)

7. Liverpool berhasil meraih lima kemenangan dari enam pertandingan terakhir di Premier League. The Reds juga menorehkan clean sheet setiap kali memetik tiga poin. Sebelumnya, mereka selalu kebobolan dalam 10 pertandingan.

8. Liverpool hanya kebobolan satu gol di Premier League musim ini. Jumlah tersebut adalah yang paling sedikit dibandingkan tim lainnya.

9. Liverpool bisa menjadi tim kelima yang memenangkan tiga laga tandang pembuka Premier League dan tanpa kebobolan satu gol pun. Andai itu terwujud, mereka bakal menyamai catatan Chelsea pada 2005, Manchester City pada 2015, Aston Villa pada 2020, dan Arsenal pada 2023.

Sumber: BBC Sport

6 dari 6 halaman

Simak Persaingan Musim Ini:

Berita Terkait