4 Pemain Timnas Indonesia U-20 yang Bisa Menjadi Senjata Melibas Yaman U-20

oleh Radifa Arsa diperbarui 29 Sep 2024, 08:00 WIB
Timnas Indonesia - Riski Afrisal, Toni Firmansyah, Dony Tri, Jens Raven (Bola.com/Adreanus Titus)

Bola.com, Jakarta - Pelatih Timnas Indonesia U-20, Indra Sjafri, memiliki sederet pemain berbahaya yang bisa dimaksimalkan untuk melibas Yaman U-20 pada laga terakhir Grup F Kualifikasi Piala Asia U-20 2025.

Menurut jadwal, pertandingan antara Timnas Indonesia U-20 melawan Timnas Yaman U-20 ini bakal terselenggara di Stadion Madya, Senayan, Jakarta, Minggu (29/9/2024) pukul 19.30 malam WIB.

Advertisement

Ini menjadi laga yang sangat menentukan bagi kedua tim. Sebab, Indonesia dan Yaman sama-sama mengoleksi enam poin dari dua laga. Artinya, duel ini bakal menjadi penentu tim pemuncak serta runner-up Grup F.

Setidaknya, ada beberapa pemain andalan Garuda Nusantara yang bisa dimaksimalkan untuk meraih hasil terbaik pada partai penentuan Grup F Kualifikasi Piala Asia U-20 2025 ini. Berikut Bola.com menyajikan ulasannya.

 

2 dari 5 halaman

Toni Firmansyah

Pemain Timnas Indonesia U-19, Toni Firmansyah (kanan) menguasai bola dibayangi pemain Filipina U-19, Martin Merino pada laga Grup A Piala AFF U-19 2024 di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, Rabu (17/7/2024). (Bola.com/Aditya Wany)

Keputusan Indra Sjafri memasang Toni Firmansyah mengisi lini tengah Timnas Indonesia U-20 memang bukan tanpa alasan. Gelandang Persebaya Surabaya ini jadi aktor penting dalam mengkreasi serangan.

Toni dibekali kemampuan olah bola yang mumpuni. Karakter itu dilengkapi dengan kecepatan untuk melakukan tusukan. Sejauh ini, pemain asal Surabaya ini sudah menghasilkan satu gol dan satu assist.

Assist-nya pada partai terakhir melawan Timor Leste membuktikan dua karakter tersebut. Penetrasi Toni sering kali merepotkan lawan. Umpan silangnya juga bisa memanjakan rekan-rekannya di kotak penalti.

 

3 dari 5 halaman

Dony Tri Pamungkas

Pemain Timnas Indonesia U-20, Dony Tri Pamungkas melewati sejumlah pemain Timor Leste pada laga Grup F Kualifikasi Piala Asia U-20 2025 di Stadion Madya, Senayan, Jakarta, Jumat (27/09/2024). (Bola.com/Bagaskara Lazuardi)

Kapten Timnas Indonesia U-20, Dony Tri Pamungkas, terlihat semakin matang pada Kualifikasi Piala Asia U-20 2025 ini. Peran pemain berusia 19 tahun ini sangat vital, terutama untuk menyisir area kiri.

Kualitas semacam itu sudah dibuktikan Dony ketika menjadi wingback kiri. Sebab, dari dua pertandingan di Grup F ini, pemain muda Persija Jakarta itu sudah menyumbangkan tiga assist untuk Garuda Nusantara.

Berbagai assist yang disediakan pemain asal Boyolali ini bermula dari keunggulan utamanya dalam mengirimkan umpan silang. Kecermatan Dony dalam melihat celah di kotak penalti sangat krusial untuk laga berikutnya.

 

4 dari 5 halaman

Riski Afrisal

Pemain Timnas Indonesia U-20, Riski Afrisal (kiri) melakukan selebrasi setelah mencetak gol kedua timnya ke gawang Timor Leste pada laga Grup F Kualifikasi Piala Asia U-20 2025 di Stadion Madya, Senayan, Jakarta, Jumat (27/09/2024). (Bola.com/Bagaskara Lazuardi)

Apabila sektor kiri memiliki Dony, satu rekan yang punya peran penting di area yang sama ialah Riski Afrisal. Winger berusia 18 tahun ini adalah sosok yang paling memahami pergerakan Dony di tersebut.

Umpan-umpan kombinasi antara dua pemain ini bisa sangat merepotkan pemain lawan. Sebab, dengan kerja sama semacam ini, sisi kanan pertahanan lawan bisa dibongkar dengan lebih mudah.

Winger asal Jombang ini harus lebih sering mengeksploitasi lini kedua ketika rekan-rekannya melakukan tusukan. Sehingga, ketika para penyerang mendapatkan pengawalan lawan, Riski bisa mengeksploitasi celah yang bisa dimaksimalkan.

 

5 dari 5 halaman

Jens Raven

Pemain Timnas Indonesia U-20, Jens Raven merayakan gol pertama timnya ke gawang Timor Leste pada laga Grup F Kualifikasi Piala Asia U-20 2025 di Stadion Madya, Senayan, Jakarta, Jumat (27/09/2024). (Bola.com/Bagaskara Lazuardi)

Sudah tak perlu diragukan lagi kualitas penyerang Timnas Indonesia U-20, Jens Raven, di lini depan. Sebab, striker kelahiran Belanda ini telah membuktikan ketajamannya pada dua pertandingan pertama skuad Garuda Nusantara.

Jens Raven tercatat sebagai pemain yang paling konsisten menjebol gawang lawan pada dua laga Grup F Kualifikasi Piala Asia U-20 2025. Setelah menjebol gawang Maladewa, dia juga sukses memaksa kiper Timor Leste memungut bola dari gawangnya.

Tentu saja, ketajaman pemain berusia 18 tahun ini masih akan diandalkan Indra Sjafri pada pertandingan berikutnya. Dia akan menjadi aktor yang penting untuk menghasilkan pundi-pundi gol dalam duel melawan Yaman.

Berita Terkait