Ucapan Haru Shin Tae-yong jika Loloskan Timnas Indonesia ke Piala Dunia 2026: Mungkin untuk Sisa Hidup Saya Akan Tinggal di Sana

oleh Wiwig Prayugi diperbarui 29 Sep 2024, 15:45 WIB
Pelatih kepala Timnas Indonesia, Shin Tae-yong saat memimpin sesi latihan skuad Timnas Indonesia di Stadion Madya, Senayan, Jakarta, Minggu (8/9/2024) sore jelang menghadapi Australia pada kualifikasi Piala Dunia 2026, Selasa 10 September 2024. (Bola.com/Abdul Aziz)

Bola.com, Jakarta Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, bernazar akan tinggal di Indonesia selama hidupnya jika berhasil mengantarkan skuad Garuda ke Piala Dunia 2026.

“Mungkin saya harus tinggal di Indonesia selama sisa hidup saya dan saya sangat suka tinggal di Indonesia," kata Shin dikutip media Korea, isplus.com.

Advertisement

Saat ini, skuad Garuda sedang berjuang di Grup C ronde ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026. Thom Haye dkk. meraih dua poin dalam dua laga awal melawan Arab Saudi dan Australia.

 

Shin Tae-yong sudah melatih Timnas Indonesia selama empat setengah tahun sejak Januari 2024. Arsitek asal Korea Selatan itu juga mendapatkan perpanjangan kontrak hingga 2027.

Shin Tae-yong menerima Golden Visa dari Jokowi setelah berkontribusi besar untuk sepak bola, terutama Timnas Indonesia, secara prestasi maupun ranking FIFA.

2 dari 5 halaman

Sudah Golden Visa

Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong (kiri) bersama manajer tim, Sumardji jelang laga Grup F kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia menghadapi Vietnam di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Senayan, Jakarta, Kamis (21/3/2024). (Bola.com/Bagaskara Lazuardi)

Shin Tae-yong mendapatkan Golden Visa dari Presiden Jokowi pada Juli lalu. Golden Visa adalah izin tinggal untuk Warga Negara Asing (WNA), seperti Shin Tae-yong, untuk kurun waktu lima hingga sepuluh tahun.

Ketika Shin Tae-yong datang, Timnas Indonesia sedang terpuruk di peringkat ke-173 dunia. Sekarang, tim berjulukan Garuda itu melesat ke posisi ke-133.

Terdekat, Shin Tae-yong akan memimpin Timnas Indonesia dalam Grup C putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 melawan Timnas Jepang, Timnas Australia, Timnas Arab Saudi, Timnas Bahrain, dan Timnas Oman.

3 dari 5 halaman

Bisa Lanjut Golden Visa, Peluang Jadi Investor

Pelatih kepala Timnas Indonesia, Shin Tae-yong dikerumuni para wartawan usai sesi latihan di Lapangan A, Kompleks Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Sabtu (31/8/2024) sebagai persiapan jelang menghadapi Arab Saudi pada putaran ketiga kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia. (Bola.com/Abdul Aziz)

Investor asing pemegang Golden Visa dapat memiliki izin tinggal di Indonesia selama lima hingga 10 tahun, dengan persyaratan jumlah investasi tertentu.

Pemerintah memberikan kesempatan kepada WNA perorangan yang ingin mendapat Golden Visa untuk mendapatkan izin tinggal selama lima tahun dengan menyetor dana investasi sebesar 350 ribu dolar AS.

Selanjutnya, WNA yang merupakan investor atau ingin mendirikan perusahaan itu harus menyetor dana investasi sebesar 2,5 juta dolar AS untuk mendapatkan izin tinggal selama 5 tahun.

Peluang ini lumayan bagus buat Shin Tae-yong jika ingin tinggal di Indonesia. Dengan golden visa, dia bisa membuka bisnis di Indonesia.

4 dari 5 halaman

Merasa Dihargai

Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong didampingi manajer tim, Sumardji jelang dimulainya laga menghadapi Filipina pada laga terakhir Grup F putaran kedua kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) Senayan, Jakarta, Selasa (11/6/2024). (Bola.com/M Iqbal Ichsan)

Shin Tae-yong mengaku merasa sangat dihargai di Indonesia. Ada banyak hal yang tidak dia dapatkan ketika melatih Korea Selatan, ia mendapatkannya di sini.

"Umumnya, setelah pertandingan, suporter meneriakkan nama pemain, tapi ini pelatih. Inilah yang membuat saya merasa harus memperjuangkan sepak bola Indonesia," katanya.

Dari sisi komersial, STY juga mendapatkan nilai lebih di Indonesia. Beberapa kali dia menjadi bintang iklan. Bayangkan saja jika Indonesia lolos ke Piala Dunia 2026, popularitas STY bakal semakin gila.

Sumber: Isplus

5 dari 5 halaman

Jadwal Timnas Indonesia

Hasil Matchday 1

  • Australia Vs Bahrain 0-1
  • Jepang Vs China 7-0
  • Arab Saudi Vs Timnas Indonesia 1-1

Hasil Matchday 2

  • China vs Arab Saudi 1-2
  • Timnas Indonesia vs Australia 0-0
  • Bahrain vs Jepang 0-5

Klasemen

Pos  Negara  Main Menang Seri Kalah  SG Poin
 1.  Jepang  2  2  0  0  12-0  6
 2.   Arab Saudi  2  1  1   0  3-2   4
 3.    Bahrain  2  1  0  1  1-5   3
 4.    Indonesia  2  0  2  0  1-1  2
 5.   Australia   2  0  1  1  0-1  1
 6.    China   2   0  0  2  1-9  0

*Klasemen per Rabu, 11 September 2024 pukul 01.00 WIB

 
 

Berita Terkait