Calvin Verdonk Masih Tidak Tergantikan, NEC Dipaksa Berbagi Poin oleh Feyenoord

oleh Benediktus Gerendo Pradigdo diperbarui 29 Sep 2024, 06:28 WIB
Duel antara NEC Nijmegen vs Feyenoord di Eredivisie, Sabtu (28/9/2024). (Bart Stoutjesdijk / ANP / AFP)

Bola.com, Jakarta - Bek sayap Timnas Indonesia, Calvin Verdonk, kembali dipercaya menjadi starter saat timnya, NEC Nijmegen, menjalani laga pekan ketujuh Eredivisie Belanda melawan Feyenoord di Gofferstadion, Minggu (29/9/2024) dini hari WIB. Namun, NEC dipaksa bermain imbang oleh Feyenoord.

Calvin Verdonk tak hanya menjadi starter dalam laga ini. Bek Timnas Indonesia itu juga mendapatkan kepercayaan bermain penuh seperti yang biasa dilakukannya.

Advertisement

Dalam pertandingan tersebut, beberapa kali Calvin Verdonk juga berhasil melakukan intersep penting di sekitar area kotak penalti NEC Nijmegen.

Bahkan tanpa ragu Verdonk melakukan dua pelanggaran yang membantu timnya terhindar dari ancaman, tepatnya pada menit ke-13 dan 60'.

Setelah timnya berhasil membuka keunggulan lebih dulu lewat gol Sontje Hansen pada menit ke-34, Calvin Verdonk memang lebih kerja keras. Tekanan terhadap lini pertahanan NEC Nijmegen makin besar setelah keunggulan itu.

Para pemain Feyenoord berusaha keras untuk bisa menembus pertahanan tim tuan rumah, dan di situlah Calvin Verdonk beberapa kali melakukan intersep dan clearance yang cukup penting, seperti pada menit ke-74 saat Feyenoord mendapat situasi sepak pojok.

Sayangnya, Feyenoord tetap mampu mencetak gol penyeimbang kedudukan. Tepatnya pada menit ke-88, Jordan Lotomba mencetak gol balasan untuk Feyenoord dan membuat kedudukan menjadi imbang 1-1.

2 dari 2 halaman

Statistik Calvin Verdonk di Eredivisie hingga Saat ini

Aksi pemain keturunan Aceh, Calvin Verdonk (kiri) bersama NEC Nijmegen (Dok. Instagram/c.verdonk)

 

Permainan apik Calvin Verdonk dalam laga ini membuat catatan impresif bek Timnas Indonesia itu makin mengilap.

Dalam tujuh pertandingan yang sudah dijalani Verdonk di Eredivisie musim ini, tercatat ia sudah melakukan 12 intersep, 14 tekel bersih yang berhasil, dan 40 kali memenangkan duel.

Sebagai pemain bertahan, Calvin Verdonk sudah membantu timnya mencatatkan dua clean sheet sejauh ini. Namun, ia tak bisa menghindari kenyataan NEC Nijmegen sudah kebobolan delapan gol ketika dia bermain.

Bermain sebagai sayap, Calvin Verdonk juga sudah mencetak total 398 umpan dengan 310 di antaranya sukses. Akurasi operan mencapai 78 kali.

Ia juga sudah melepaskan 17 umpan silang di luar sepak pojok dan membantu terciptanya enam peluang yang dimiliki NEC Nijmegen.

Sumber: Eredivisie

Berita Terkait