Ter Stegen Cedera Serius, Akankah Manuel Neuer Balik ke Timnas Jerman?

oleh Aning Jati diperbarui 29 Sep 2024, 20:00 WIB
Manuel Neuer. Pada Piala Dunia 2014 yang digelar di Brasil, kiper Timnas Jerman yang masih akan tampil di Piala Dunia 2022 Qatar ini mampu membawa negaranya meraih titel juara usai mengalahkan Argentina 1-0 lewat perpanjangan waktu. Dalam total 7 laga ia mencatat 4 kali clean sheet dan kebobolan 4 gol. Selain di Piala Dunia 2014, ia juga tampil di edisi 2010 dan 2018. Total ia mengumpulkan 16 caps dalam 3 edisi Piala Dunia dengan torehan 7 kali clean sheet dan kebobolan 11 gol. (AFP/Nelson Almeida)

Bola.com, Jakarta - Pada akhir Agustus lalu, Manuel Neuer mengumumkan pengunduran dirinya dari Timnas Jerman, mengakhiri karier internasionalnya yang telah berlangsung selama lebih dari satu dekade.

Kiper Barcelona, Marc-Andre Ter Stegen, lantas naik level menjadi kiper pertama Die Mannschaft, menggantikan Neuer.

Advertisement

Namun, pada Senin lalu (23/9/2024), Ter Stegen mengalami cedera serius saat memperkuat Barcelona di La Liga. Ia mengalami cedera ACL yang membuatnya harus absen selama sisa musim ini.

Kondisi ini memunculkan pertanyaan, apakah Neuer akan kembali dari masa pensiun. Terkait hal ini, Kiper Bayern Munchen ini memberikan jawabannya.

Manuel Neuer tidak berpikir untuk keluar dari masa pensiun.

"Kami memiliki setidaknya dua penjaga gawang hebat dengan Oli Baumann dan Alex Nübel. Ada juga Bernd Leno dan Kevin Trapp, yang saat ini sedang cedera. Tidak perlu khawatir," ujar Neuer ketika ditanya mengenai hal tersebut.

Manuel Neuer bermain sebanyak 124 kali untuk Jerman sebelum memutuskan untuk berhenti dari sepak bola internasional untuk fokus pada kariernya di Bayern Munchen. Kesuksesan terbesarnya adalah memenangi Piala Dunia 2014.

2 dari 2 halaman

Resmi Jadi Kiper Nomor Satu Timnas Jerman

Kiper Timnas Jerman Marc-Andre Ter Stegen berusaha menghalau serangan bola dari Timnas Argentina dalam laga persahabatan di Stadion Signal Iduna Park, Dortmund, Rabu (9/10/2019). Sempat unggul dua gol, Timnas Jerman harus puas bermain 2-2 setelah Argentina menyamakan kedudukan. (AP/Martin Meissner)

Posisi Ter-Stegen sebagai kiper nomor satu di Timnas Jerman diumumkan secara resmi tak lama setelah Manuel Neuer menyatakan pensiun dari timnas.

"Marc-Andre ter Stegen adalah nomor 1. Topik ini sudah sering dibicarakan. Dia telah memberikan performa luar biasa di Barcelona selama bertahun-tahun,” ujar ulian Nagelsmann, pelatih Timnas Jerman, dalam konferensi pers awal September ini, yang dikutip oleh surat kabar Bild.

Hingga saat pengumuman tersebut, Ter-Stegen telah memainkan 40 pertandingan untuk Timnas Jerman. Ia melakukan debutnya bersama Die Mannschaft pada Mei 2012.

 

Sumber: Tribuna

Berita Terkait