Resmi! 12 Stadion Venue Piala Dunia Antarklub 2025, Final di MetLife

oleh Aning Jati diperbarui 29 Sep 2024, 16:00 WIB
Ilustrasi Piala Dunia Antarklub. (Sumber Foto: Situs resmi FIFA)

Bola.com, Jakarta - Final Piala Dunia Antarklub 2025 akan diselenggarakan di Stadion MetLife, New Jersey, seperti yang diumumkan oleh Presiden FIFA Gianni Infantino pada Minggu (29/9/2024).

Stadion MetLife, yang merupakan markas bagi tim NFL New York Giants dan New York Jets, juga akan menjadi satu di antara stadion utama untuk Piala Dunia 2026.

Advertisement

Piala Dunia Antarklub yang diperluas ini akan diikuti oleh 32 klub dan dimulai pada 15 Juni 2025, dengan final dijadwalkan berlangsung pada 13 Juli 2025 di MetLife.

Turnamen ini akan menggunakan 12 stadion, dengan hanya dua di Pantai Barat, yakni Rose Bowl di Pasadena dan Lumen Field di Seattle. Acara ini juga akan bertepatan dengan Piala Emas CONCACAF yang akan berlangsung di Pantai Barat Amerika Serikat.

Beberapa stadion lain yang dipilih untuk menyelenggarakan pertandingan adalah Mercedes-Benz Stadium (Atlanta), Bank of America Stadium (Charlotte), TQL Stadium (Cincinnati), Hard Rock Stadium (Miami), GEODIS Park (Nashville), Camping World Stadium (Orlando), Inter & Co Stadium (Orlando), Lincoln Financial Field (Philadelphia), dan Audi Field (Washington, D.C.).

Pengundian resmi untuk Piala Dunia Antarklub 2025 akan dilakukan pada Desember 2024. Sebanyak 30 dari 32 tim sudah dipastikan lolos melalui jalur kualifikasi, termasuk tim-tim unggulan seperti Real Madrid, Manchester City, Bayern Munchen dari Eropa, serta River Plate, Boca Juniors, dan Flamengo dari Amerika Selatan.

 

 

2 dari 3 halaman

Ujian Persiapan Piala Dunia 2026

Pemain Manchester City, Kyle Walker mengangkat trofi setelah timnya berhasil menjuarai Piala Dunia Antarklub 2023 di King Abdullah Sports City, Jeddah, Arab Saudi, Sabtu (23/12/2023) dini hari WIB. Manchester City menang dengan skor 4-0. (AP Photo/Manu Fernandez)

Gianni Infantino menegaskan bahwa turnamen ini akan menjadi wadah bagi klub-klub terbaik dari seluruh dunia untuk bersaing.

"Ini adalah contoh nyata solidaritas dan inklusivitas di dunia sepak bola, di mana klub-klub dari Afrika, Asia, Amerika Tengah, dan Oseania bisa berhadapan dengan tim-tim kuat dari Eropa dan Amerika Selatan," kata Infantino, saat berbicara di Global Citizen Festival di Central Park, New York.

Turnamen Piala Dunia Antarklub yang diperluas ini juga dipandang sebagai ujian bagi persiapan Piala Dunia 2026. Fokus khusus akan diberikan pada keamanan penonton, mengingat insiden yang terjadi pada Copa America 2024 di Charlotte dan Miami.

Namun, turnamen ini juga menghadapi sejumlah tantangan, terutama terkait jadwal padat sepak bola internasional.

FIFPro dan Liga-Liga Eropa telah mengajukan keluhan ke Komisi Eropa, menyoroti beban kerja tambahan bagi pemain. Meski demikian, FIFA tetap berencana menggelar turnamen ini setiap empat tahun, dengan tuan rumah untuk edisi 2029 yang masih belum diputuskan.

Di edisi terakhir Piala Dunia Antarklub, Manchester City keluar sebagai juara setelah mengalahkan Fluminense dari Brasil dalam format kompetisi yang lebih kecil, melibatkan tujuh tim dalam sistem gugur.

 

Sumber: AFP

3 dari 3 halaman

Daftar 12 Stadion Venue Piala Dunia Antarklub 2025

Pemain Argentina, Lautaro Martinez melakukan selebrasi setelah mencetak gol ke gawang Chili pada laga Grup A Copa America 2024 di MetLife Stadium, East Rutherford, New Jersey, Rabu (26/06/2024) WIB. (AFP/Charly Triballeau)
  1. Stadion Mercedes-Benz
  2. Stadion Bank of America
  3. Stadion TQL
  4. Stadion Rose Bowl
  5. Stadion Hard Rock
  6. Stadion Geodis Park
  7. Stadion MetLife
  8. Stadion Camping World
  9. Stadion Inter&Co
  10. Lincoln Financial Field
  11. Lumen Field
  12. Audi Field