Miliano Jonathans Sudah Ada Lobi-lobi untuk Proses Naturalisasi Timnas Indonesia

oleh Choki Sihotang diperbarui 30 Sep 2024, 09:45 WIB
Winger Vitesse Arnhem keturunan Indonesia, Miliano Jonathans. (Bola.com/Dok.Instagram Miliano Jonathans).

Bola.com, Jakarta - Suntikan darah segar berupa pemain naturalisasi terus bertambah ke dalam skuad Timnas Indonesia. Ini tentu saja sangat menggembirakan, terlebih bagi pelatih Shin Tae-yong, dalam misi membawa Indonesia ke pentas terakbar.

Seperti diketahui, Indonesia saat ini tengah berjuang di Grup C putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia.

Advertisement

Dari dua laga yang sudah diarungi, Jay Idzes dan teman-teman berhasil memetik dua poin usai bermain imbang 1-1 kontra Arab Saudi dan 0-0 versus Australia.

Dalam waktu yang tak lama lagi, tepatnya pada 10 dan 15 Oktober mendatang, pasukan Shin Tae-yong akan menantang Bahrain dan China di kandangnya masing-masing.

Menghadapi dua laga krusial nanti, besar kemungkinan starting XI Indonesia bakal merubah. Soalnya, dua pemain naturalisasi anyar, Mees Hilgers dan Eliano Reijnders, diwacanakan bisa diturunkan.

Terkini, nama yang juga santer disebut-sebut masuk radar Timnas Indonesia untuk segera dinaturalisasi adalah Miliano Jonathans.

2 dari 5 halaman

Keturunan Depok

Ilustrasi - Miliano Jonathans (Bola.com/Adreanus Titus)

Seperti halnya Mees Hilgers dan Eliano Reijnders, Miliano Jonathans juga pemain keturunan asal Depok, Jawa Barat.

Lewat kanal YouTube Yussa Nugraha belum lama ini Miliano Jonathans menyatakan kalau ayahnya lumayan sering pulang ke Indonesia, termasuk ke Depok.

"Mereka tinggal di Depok, liburan di sana selama tiga minggu," kata kelahiran 5 April 2004.

Miliano Jonathans tinggal menunggu panggilan PSSI, karena dirinya sangat ingin membela Timnas Indonesia.

3 dari 5 halaman

Sisi Plus

Gelandang serang yang juga mumpuni sebagai sayap kanan ini mempromosikan dirinya seakan meyakinkan PSSI dan Shin Tae-yon jika dirinya layak bergabung dengan Jay Idzes cs.

"Aku punya kualitas saat satu lawan satu. Aku suka satu lawan satu, karena aku suka driblle. Aku punya kaki kiri yang kuat. Jadi aku bisa mengirim bola ke tempat yang aku inginkan, mau itu passing atau shooting," ujar pemain kepunyaan Vitesse Arnhem, kasta kedua sepak bola Belanda.

"Aku juga punya visi bermain dan aku juga punya kualitas untuk mencetak gol," imbuh Miliano Jonathans yang musim 2024/2025 menargetkan 20 gol untuk Vitesse Arnhem.

4 dari 5 halaman

Gemblengan Ayah

Ditanya apa lagi yang akan ia tingkatkan sepanjang musim ini, Miliano Jonathans menyebut cara bertahan.

"Mungkin cara bertahan. Saya memiliki naluri menyerang yang tinggi. Secara fisik aku harus lebih kuat lagi agar diriku semakin komplet," katanya.

Miliano Jonathans mengaku mengenal sepak bola dari ayahnya.

"Ayahku adalah sangat galak kepadaku. Dia terus push aku dan sangat ketat. Dia selalu nggak pernah puas dengan pertandinganku. Tapi itu tentu saja karena ia berniat baik," ujar Miliano Jonathans.

5 dari 5 halaman

Sedang Proses

"Ayah mengajarkan banyak hal kepadaku sampai aku bisa seperti sekarang. Saya sangat bersyukur untuk itu," kata Miliano Jonathans sembari menambahkan kalau ayahnya sudah bersua Hamdan Hamedan, Tenaga Ahli Menteri (TAM) untuk urusan Diaspora dan Kepemudaan Kemenpora, ketika pulang ke Indonesia beberapa waktu lalu.

"Ayahku ada pertemuan dengan Pak Hamdan di sana dan mereka ngobrol-ngobrol," kata Miliano Jonathans.

Ya! Semoga keinginan Miliano Jonathans untuk masuk ke dalam barisan Skuad Garuda segera terwujud. Amin!

Berita Terkait