Peparnas 2024 Segera Bergulir, NPC DIY Bidik Target 16 Medali Emas di Kota Solo

oleh Ana Dewi diperbarui 30 Sep 2024, 07:30 WIB
Ketua Umum NPC DIY, Hariyanto. (Ana Dewi/Bola.com)

Bola.com, Bogor - Pekan Paralimpik Nasional (Peparnas) 2024 tidak lama lagi digelar di Kota Solo, Jawa Tengah. Event multi cabang olahraga bagi atlet disabilitas seluruh Indonesia itu berlangsung pada 6 sampai 13 Oktober 2024.

Semua kontingen pun terus mempersiapkan diri jelang hajatan empat tahunan tersebut. Tidak terkecuali National Paralympic Committee (NPC) DIY. Pada Peparnas tahun ini, mereka akan berkekuatan 133 paralimpain.

Advertisement

Kontingen DIY membidik minimal 16 medali emas dari sejumlah cabang olahraga (cabor) yang diikuti. Hal itu disampaikan Ketua Umum (Ketum) NPC DIY, Hariyanto kepada wartawan di Yogyakarta, Sabtu (28/9/2024).

"Kalau pada Peparnas di Papua lalu kami targetkan 15 medali emas, untuk Peparnas kali ini target kami memang naik. Jadi, kami incar untuk bisa meraih 16 medali emas," ujar Hariyanto.

 

 

 

 

2 dari 4 halaman

Berharap Tetap Konsisten

Pada Peparnas Papua 2021, NPCI DIY berhasil melampaui target yang dibidik. Atlet-atlet Kota Gudeg pulang dengan hasil sangat membanggakan setelah meraih 22 medali emas, 20 perak dan 32 perunggu. Torehan itu menempatkan DIY di peringkat kedelapan secara nasional.

Demi target yang dicanangkan, NPCI DIY telah melakukan persiapan terakhir jelang berlaga di Kota Solo mendatang. Beberapa cabor unggulan diharapkan tetap konsisten memberikan sumbangan prestasi.

"Cabor unggulan kami itu diantaranya ada tenis kursi roda, para panahan dan para tenis meja. Beberapa cabor baru kami juga harap memberikan kejutan," kata Hariyanto.

Hariyanto menjelaskan, semua program yang disiapkan saat ini ditujukan untuk persiapan akhir mendekati pertandingan. Yang pasti, dia berharap semua cabor bisa menyumbangkan medali bagi DIY.

 

 

 

 

 

3 dari 4 halaman

2 Cabor Nir Medali

Pada Peparnas edisi sebelumnya ada dua cabor yang gagal membawa pulang medali. Keduanya yakni boccia dan para catur.

"Semua latihan mengarah ke sesi akhir latihan, harapannya nanti di pertandingan menjadi puncak prestasi bagi teman-teman di semua cabor," papar Hariyanto.

"Harapan besar kami adalah atlet-atlet yang di masing-masing cabor sudah mendapatkan target, bisa mewujudkannya. Termasuk cabor baru, kami harap juga bisa menyumbangkan medali," sambungnya.

 

4 dari 4 halaman

Otw 2 Oktober

Program Pemusatan Latihan Daerah (Pelatda) Peparnas sudah dilakukan sejak awal tahun. Hariyanto memaparkan, tahapan terakhir yang saat ini dijalani yaitu mengadakan rapat koordinasi dengan beberapa bidang terkait.

Rencananya, kontingen DIY bertolak ke Kota Bengawan pada 2 Oktober mendatang. Sehari setelahnya, NPC Pusat akan menggelar klasifikasi bagi atlet yang tampil di Peparnas kali ini.

"Untuk menyiapkan pemberangkatan terakhir, kami akan kumpulkan semua atlet dan pelatih di Hotel UMY pada tanggal 1 Oktober dan tanggal 2 kami berangkat ke Solo," jelas Hariyanto.