Pandangan Positif Pengamat Bola Malaysia tentang Mees Hilgers Gabung Timnas Indonesia: Darah Sulawesi, Wajahnya Asia Tenggara

oleh Wiwig Prayugi diperbarui 30 Sep 2024, 20:00 WIB
Ilustrasi - Mees Hilgers (Bola.com/Adreanus Titus)

Bola.com, Jakarta Dua pengamat sepak bola asal Malaysia, Keesh Sundaresan dan Faiz Gurun, dalam podcast terbaru mereka Bola Itu Life garapan Astro Arena, mengulas tipis-tipis gabungnya Mees Hilgers ke Timnas Indonesia.

Keesh dan Faiz dikenal sebagai pengamat bola yang selalu memberikan komentar positif terhadap pemain Indonesia. Podcastnya selalu ditunggu-tunggu oleh penggemar skuad Garuda.

Advertisement

"Indonesia akan menambah satu lagi pemain belakang, Mees Hilgers, anak keturunan Manado dan wajahnya sangat Asia Tenggara. Dia baru bermain kemarin melawan Manchester United bersama klubnya saat ini, FC Twente," kata Faiz membuka ulasan.

"Dan itu bukan cuma rumor, Mees sudah sepakat membela Timnas Indonesia," lanjutnya.

Menurut mereka, hadirnya Mees Hilgers akan membuat lini belakang tim asuhan Shin Tae-yong makin solid. 

"Di sana sudah ada Jay Idzes, Justin Hubner, Jordi Amat, Rizky Ridho, dan Elkan Baggoot. Lengkap sudah," lanjut Keesh.

2 dari 4 halaman

Tidak Diragukan, Orang Indonesia!

Kolase - Mees Hilgers (Bola.com/Adreanus Titus)

Pandangan kedua pundit bola negeri Jiran itu menandakan bahka orang luar saja menilai naturalisasi Timnas Indonesia tidak asal-asalan.

Pemain yang memiliki darah Indonesia lah yang sekarang sedang dikumpulkan.

Sebelumnya, Ketua PSSI, Erick Thohir menjelaskan garis keturunan Mees Hilgers dan Eliano Reijnders. Pria yang juga Menteri BUMN RI ini meminta nasionalisme keduanya untuk tidak diragukan lagi.

"Mengenai naturalisasi Mees Hilgers, ibunya orang Manado, Sulawesi Utara. Eliano Reijnders, ibunya orang Maluku," ucap Erick Thohir.

"Bahkan, ibunya Mees Hilgers masih sering pulang ke Manado untuk melihat yayasan tunanetra yang dibina. Jadi, mereka sangat Indonesia. Jangan pernah mempertanyakan Merah Putih mereka," imbuh Erick Thohir.

3 dari 4 halaman

Merasa Sangat Indonesia

Liga Europa - Manchester United Vs FC Twente - Marcus Rashford Vs Mees Hilgers (Bola.com/Adreanus Titus)

Mees Hilgers rupanya sangat dekat dengan Indonesia. Diketahui, sang ibu dari pemain berusia 23 tahun tersebut, Linda Tombeng, berasal dari Manado.

Keluarga besar Mees Hilgers yang ada di Belanda pun banyak yang berasal dari Manado. Hilgers merasa sangat Indonesia.

Selain pernah beberapa kali mengunjungi Indonesia, Mees Hilgers juga punya makanan Nusantara yang menjadi favorit. Makanan itu adalah soto ayam.

"Saya ke Indonesia empat atau lima kali sebelumnya, tetapi saat saya masih sangat kecil. Makanan favorit saya adalah soto ayam, enak sekali ibuku sering membuatkannya," kata Mees Hilgers dan kanal Youtube FC Twente.

4 dari 4 halaman

Selera Makan Juga Indonesia

Tak hanya itu, Mees Hilgers juga cukup pandai dalam memasak makanan Indonesia. Pemain FC Twente itu bahkan mengaku bisa memasak soto ayam. Mees lebih menyukai makanan Indonesia ketimbang Western.

"Aku juga bisa membuat soto," jelasnya.

Selama tinggal di Belanda, Mees Hilgers kerap menyantap soto sebagai hidangan untuk sarapan. Sang ibu kerap membangunkannya di pagi hari untuk menyantap hidangan itu.

"Ibuku membangunkanku untuk menyantapnya," tandas Hilgers.

Berita Terkait