Indra Sjafri Butuh Dion Markx, Tim Geypens, Mauresmo Hinoke di Timnas Indonesia U-20 untuk Piala Asia U-20 2025, Kaya Symons juga Mau Gabung

oleh Muhammad Adi Yaksa diperbarui 30 Sep 2024, 12:53 WIB
Timnas Indonesia U-20 saat bersua Yaman pada Kualifikasi Piala Asia U-20 hari Minggu (29/09/2024). (Muhammad Iqbal Ichsan/Bola.com)

Bola.com, Jakarta - Pelatih Timnas Indonesia U-20, Indra Sjafri, terang-terangan membutuhkan pemain keturunan lagi untuk Piala Asia U-20 2025. Siapa saja yang diinginkan oleh arsitek berusia 61 tahun itu?

Indra Sjafri menjelaskan bahwa Timnas Indonesia U-20 telah mempunyai lima pemain keturunan. Kelimanya adalah Meshaal Hamzah Basier Osman, Ji Da Bin, Maouri Ananda Yves Ramli Simon, Welber Jardim, dan Jens Raven.

Advertisement

Dari lima pemain itu, hanya Jens Raven yang dinaturalisasi dari Belanda ke Indonesia. Sisanya, sudah menjadi Warga Negara Indonesia (WNI) sejak awal, tapi orang tuanya berdarah negara lain.

"Lebih tepatnya, kami membutuhkan pemain berkualitas, entah keturunan atau bukan. Kalau bicara keturunan, kami memiliki lima pemain keturunan," ujar Indra Sjafri.

2 dari 3 halaman

Ajukan 3 Pemain

Jens Raven bersama empat pemain keturunan Indonesia. (Bola.com/Dok.Instagram Jens Raven).

Indra Sjafri flashback ketika Timnas Indonesia U-20 berkancah di Toulon Cup 2024 di Prancis pada awal Juni 2024. Kala itu, tim berjulukan Garuda Nusantara ini diperkuat lima pemain keturunan non-WNI.

Kelimanya adalah Jens Raven, Mauresmo Hinoke, Dion Markx, Sem Yvel, dan Tim Geypens. Pada saat itu, naturalisasi Raven belum selesai.

"Setelah Toulon Cup 2024, ada lima pemain keturunan yang kami rekomendasikan untuk pergantian kewarganegaraan. Tapi yang kami ajukan tiga," ungkap Indra Sjafri.

"Ketiganya adalah Tim Geypens, Dion Markx, dan Mauresmo Hinoke," ucap pemberi empat gelar juara untuk Timnas Indonesia level usia tersebut.

3 dari 3 halaman

Kaya Symons Tertarik

Selain ketiganya, Indra Sjafri mengabarkan bahwa Kaya Symons juga tertarik untuk dinaturalisasi demi membela Timnas Indonesia U-20.

Di Toulon Cup 2024, nama Kaya Symons sempat disebut-sebut akan masuk skuad Timnas Indonesia U-20, tapi nyatanya tidak.

"Kemarin saya bicara dengan teman di Belanda, Kaya Symons memberi sinyal untuk bergabung," ungkap Indra Sjafri mengenai fullback De Graafschap U-21 itu.

"Tentu PSSI akan menindaklanjuti secara administrasi dan mudah-mudahan apa yang kami sudah ajukan bisa cepat terealisasi," ujar Indra Sjafri.

Timnas Indonesia U-20 akan berkancah di Piala Asia U-20 2025 China pada 6-23 Februari 2024. Tim berjulukan Garuda Nusantara itu mengintip peluang menjadi semifinalis untuk lolos ke Piala Dunia U-20 2025.

Berita Terkait