Bruno Fernandes Protes Kartu Merah yang Diterimanya saat MU Dilibas Tottenham, Keputusan yang Tidak Adil

oleh Yus Mei Sawitri diperbarui 30 Sep 2024, 13:00 WIB
Sang kapten harus mendapatkan kartu merah langsung dari wasit Chris Kavanagh karena melakukan pelanggaran keras terhadap James Maddison. (AFP/Paul Ellis)

Bola.com, Manchester - Bruno Fernandes buka suara mengenai kartu merah kontroversial yang diterimanya saat big match antara Manchester United kontra Tottenham Hotspur  di Stadion Old Trafford, Minggu (29/9/2024).

Manchester United kembali merasakan pukulan telak setelah terbantai 0-3 dari Tottenham Hotspur di Old Trafford. Kekalahan ini semakin diperparah dengan keputusan kontroversial wasit yang mengusir kapten Setan Merah, Bruno Fernandes.

Advertisement

Kejadian tersebut terjadi pada menit ke-42, Bruno Fernandes diganjar kartu merah langsung oleh wasit Chris Kavanagh karena dianggap melakukan 'pelanggaran serius'.

Dalam wawancara seusai laga dengan Sky Sports, Bruno ungkapkan rasa kecewanya terhadap keputusan wasit Chris Kavanagh. Ia merasa takelnya ke Maddison tidak serius sehingga tak layak untuk dapatkan kartu merah langsung.

Ia menegaskan keputusan itu sangat tidak adil. Menurut Bruno pelanggan seperti itu lebih layak mendapat kartu kuning, bukan kartu merah seperti yang dirinya terima pada laga semalam.

 

 

2 dari 5 halaman

Kecewa terhadap VAR

Kartu merah Bruno Fernandes menajdi awal mula kehancuran Manchester United dari Tottenham Hotspur di Liga Inggris. (AFP/Paul Ellis)

Kontroversi kartun merah ini semakin memanas setelah Bruno mempertanyakan tidak adanya keterlibatan VAR. Diketahui VAR tidak merekomendasikan wasit Chris Kavanagh untuk meninjau ulang kejadian tersebut.

 “Saya tidak mengerti mengapa VAR tidak memanggil wasit ke layar. Bagi saya itu bukan keputusan yang bagus. Itu saja," protes Bruno Fernandes seusai pertandingan.

Menurut pemain Timnas Portugal tersebut, insiden ini semakin memperlihatkan ketidakadilan keputusan wasit. "Jika itu adalah kartu merah, saya pikir kita harus melihat banyak insiden lainnya yang seharusnya mendapat kartu merah."

"Saya sering mengalami insiden ditendang dan sebagainya, dan saya tidak pernah melihat sesuatu yang begitu cepat menjadi kartu merah," tambahnya

 

 

3 dari 5 halaman

Bruno Fernandes Ungkap Reaksi James Maddison

Setelah kejadian kartu merah kontroversial itu, Bruno Fernandes membocorkan reaksi James Maddison yang menjadi korban. Kedua pemain memang sempat terekam kamera terlihat berbincang singkat. 

"Dia hanya mengatakan itu adalah pelanggaran, tetapi itu tidak pernah menjadi kartu merah. Itulah yang dia katakan," ujar Fernandes membocorkan perkataan James Maddison.

 

 

4 dari 5 halaman

Reaksi Gary Neville

Sementara itu, mantan pemain Manchester United, Gary Neville, yang bertugas sebagai komentator pada laga tersebut ikut menyuarakan kemarahannya. Bagi Neville penampilan Manchester United sangat buruk dan tak layak bagi tim sekelas mereka. 

"Itu adalah salah satu penampilan terburuk yang pernah saya lihat selama Erik ten Hag melatih Manchester United dan itu menunjukkan sesuatu. Itu benar-benar buruk. Dan dia tidak akan bisa mempercayai apa yang dia tonton," ujar Neville. 

Selain mengkritik performa MU yang jelek, Gary Neville juga tak ketinggalan merespons kartu merah yang diterima oleh kapten The Reds Devils, Bruno Fernandes. Menurutnya takel seperti itu tidak layak untuk mendapatkan kartu merah, terlebih melihat reaksi Bruno setelah menerima keputusan tersebut.

"Ketika pemain bereaksi seperti itu, itu berarti ada sesuatu yang terjadi yang tidak kita lihat sebelumnya. Memang Bruno Fernandes telah menjatuhkannya. Tapi Saya pikir dia terpeleset sebelum melakukan tekel, sayangnya dia tidak beruntung," ucap Gary Neville memberi pandangannya mengenai situasi yang terjadi.   

Penulis: Muhammad Luthfi Ma'ruf

Sumber: Sportbible 

5 dari 5 halaman

Yuk Intip Posisi Tim Favoritmu

Berita Terkait