Liga Inggris: Makin Bersinar Bersama Chelsea, Cole Palmer Titisan Robin Van Persie dan Dennis Bergkamp

oleh Benediktus Gerendo Pradigdo diperbarui 30 Sep 2024, 14:00 WIB
Berkat kemenangan ini Chelsea naik ke peringkat ketiga klasemen sementara EPL dengan raihan 13 poin. Sementara Brighton harus puas turun ke peringkat delapan klasemen sementara EPL dengan raihan sembilan poin. (AP Photo/Kin Cheung)

Bola.com, Jakarta - Bintang muda Chelsea, Cole Palmer, disebut mirip dengan dua penyerang legendaris Liga Inggris, Robin van Persie dan Dennis Bergkamp. Hal ini tak lepas dari peforma luar biasa Cole Palmer ketika The Blues menang 4-2 atas Brighton.

Dalam kemenangan pada pekan keenam Premier League 2024/2025 di Stamford Bridge itu, Cole Palmer memborong keempat gol The Blues, dan semua dicetak pada babak pertama.

Advertisement

Torehan ini menjadi sejarah di Premier League, karena belum ada pemain yang mencetak empat gol dalam satu babak pada kompetisi kasta tertinggi sepak bola Inggris itu..

Namun, bukan hanya gol yang membuat Palmer bersinar. Pemain internasional Inggris ini juga menunjukkan kemampuan kreatifnya, menciptakan empat peluang emas, termasuk tiga peluang besar, dengan statistik Expected Assists (xA) sebesar 0.62. Artinya, Palmer seharusnya bisa mencetak satu atau dua assist di samping torehan empat golnya.

Empat gol yang dicetak Cole Palmer di laga tersebut membuatnya mengumpulkan enam gol dan empat assist dalam enam pertandingan Liga Premier musim ini.

Penampilan ini melanjutkan musim 2023/24 yang luar biasa, di mana Cole Palmer mencatat 22 gol dan 11 assist.

 
 
2 dari 4 halaman

Sentuhan Mirip Bergkamp dan Van Persie

Pemain Chelsea,Cole Palmer, melakukan selebrasi setelah mencetak gol ke gawang Brighton pada laga pekan keenam Liga Inggris 2024/2025. Bermain di Stamford Bridge, The Blues menang dengan skor telak 4-2. (AP Photo/Kin Cheung)

Mantan penyerang Arsenal, Theo Walcott, memberikan pujian besar kepada Cole Palmer, membandingkan permainannya dengan Dennis Bergkamp dan Robin van Persie.

Kedua pemain legendaris tersebut pernah membawa Arsenal meraih kejayaan, dan Van Persie juga sempat memenangkan gelar Liga Inggris bersama Manchester United.

“Ia punya sedikit sentuhan seperti Bergkamp dan Van Persie, dan mereka adalah pemain yang luar biasa,” kata Walcott dalam wawancaranya dengan BBC Sport.

Walcott juga mengomentari penampilan Palmer apik setelah melawan Brighton. Walcott percaya bahwa Palmer bisa bermain di skuad mana pun dan tetap bersinar.

“Ia semakin berkembang di Chelsea dan sekarang menjadi pemain utama. Anda tidak bisa meninggalkannya dari tim mana pun, termasuk tim nasional Inggris," ujar Walcott.

"Ia sangat berbakat dan akan membuat pemain lain merasa gentar. Jika terus seperti ini, dia akan menjadi legenda Liga Premier,” lanjutnya.

3 dari 4 halaman

Reaksi Palmer

Berkat kemenangan ini Chelsea naik ke peringkat ketiga klasemen sementara EPL dengan raihan 13 poin. Sementara Brighton harus puas turun ke peringkat delapan klasemen sementara EPL dengan raihan sembilan poin. (AP Photo/Kin Cheung)

Cole Palmer, yang mendengar perbandingan tersebut dalam wawancara dengan BBC Radio 5 Live, merespons dengan rendah hati.

“Saat saya gagal mencetak gol pertama, saya merasa kecewa, tapi melihat cara mereka bermain dan bagaimana garis pertahanan mereka tinggi, kami tahu akan mendapatkan lebih banyak peluang. Seharusnya saya bisa mencetak lima atau enam gol,” ujarnya.

“Saya hanya mencoba bermain sebaik mungkin di setiap pertandingan dan semoga bisa tampil konsisten,” lanjutnya.

Mengenai perbandingan dengan Bergkamp, Palmer menambahkan, “Dia adalah legenda Liga Premier, meski saya tidak terlalu banyak menontonnya. Dia pemain hebat, tapi terima kasih, Theo.” Tutup Cole Palmer

Sejak diboyong Chelsea dari Manchester City dengan kontrak sembilan tahun, Cole Palmer memang selalu menyajikan performa yang luar biasa dengan 33 kontribusi gol yang ia ciptakan musim lalu.

Saat ini Palmer tetap menjadi pilihan utama Enzo Maresca dan kerap membuktikan bahwa ia merupakan pemain yang hebat.

Sumber: BBC

Penulis: Lutfi Galih Pawening

4 dari 4 halaman

Persaingan di Premier League

Berita Terkait