Liga Inggris: Inginkan Viktor Gyokeres? Arsenal dan Chelsea Harus Siap dengan Harganya

oleh Wiwig Prayugi diperbarui 30 Sep 2024, 16:45 WIB
Striker Brighton, Viktor Gyokeres, saat mencetak gol ke gawang Portsmouth pada laga Piala Inggris di Falmer Stadium, Jumat (18/9/2020) dini hari WIB. Brighton menang 4-0 atas Portsmouth. (AFP/Glyn Kirk/pool)

Bola.com, Jakarta Arsenal dan Chelsea harus siap menebus klausul rilis Viktor Gyokeres senilai £85 juta jika mereka ingin mendatangkan penyerang tajam asal Swedia tersebut.

Mantan penyerang Coventry City ini mencetak 43 gol dan 15 assist musim lalu dalam debut yang gemilang di Lisbon bersama Sporting CP. Performa luar biasanya terus berlanjut hingga musim ini, ia mencetak 10 gol di semua kompetisi. 

Advertisement

Arsenal, yang memiliki krisis pada posisi striker diprediksi akan memburu penyerang papan atas pada akhir musim ini. The Gunners memantau Viktor Gyokeres secara intens. Namun, Arsenal belum bersedia menebus angka yang dinilai terlalu tinggi tersebut pada bursa transfer musim panas lalu. 

Di sisi lain, Chelsea lebih tertarik untuk mendatangkan Victor Osimhen, tetapi klub London itu gagal mencapai kesepakatan kontrak dengan penyerang asal Nigeria tersebut, yang kini dipinjamkan ke Galatasaray, meski sudah melakukan pembicaraan yang panjang. 

2 dari 4 halaman

Opsi Lumayan untuk The Blues

Chelsea mungkin akan mencoba kembali merekrut Osimhen pada Januari mendatang, berkat adanya klausul pemutusan dalam kesepakatan Napoli dengan klub Turki tersebut.

Namun, transfer Osimhen tetap rumit, sehingga klub Stamford Bridge bisa mencari opsi lain untuk memperkuat lini depan tim asuhan Enzo Maresca.

Meskipun belum pasti bahwa Arsenal atau Chelsea akan mengejar Gyokeres, statistiknya yang luar biasa membuat Gyorkeres semakin sulit diabaikan, dan ia jelas merupakan salah satu opsi paling menarik di bursa penyerang saat ini.

3 dari 4 halaman

Harga yang Terlalu Mahal

Pemain Sporting CP, Viktor Gyokeres (kiri) pernah memperkuat Brighton namun pemain asal Swedia itu cuma dimainkan di kompetisi piala. Kini Gyokeres sudah mencetak 17 gol dan membuat delapan assist dari 20 pertandingan musim ini. Performa apiknya tersebut mampu menarik perhatian klub-klub Premier League. Arsenal, Chelsea, Fulham dan West Ham sudah dikaitkan dengan sang pemain. (AFP/Patricia De Melo Moreira)

Gyokeres mengakui bahwa klausul rilis senilai £85 juta memang terlalu tinggi, namun para petinggi Sporting tetap bersikeras untuk tidak menerima tawaran di bawah angka tersebut.

Pesan ini disampaikan baik secara publik maupun pribadi oleh klub Portugal itu, dan dengan performa Gyokeres yang terus mencetak gol, Sporting tak memiliki alasan untuk menurunkan harga dari angka tersebut, terlebih Paris Saint-Germain juga dikabarkan tertarik.

Coventry awalnya menegosiasikan klausul penjualan sebesar 15 persen pada 2023, tetapi angka tersebut diturunkan pada musim panas ini setelah Gyokeres memenuhi kriteria performa tertentu.

Meskipun demikian, Coventry menerima bonus sekitar £843.500 (€1 juta) sebagai kompensasi, dan mereka akan mendapatkan 10 persen dari keuntungan penjualan di masa depan, setelah sebelumnya menerima sekitar £20 juta termasuk bonus untuk penyerang berusia 26 tahun tersebut.

4 dari 4 halaman

Gyokeres Menikmati Waktunya Bersama Sporting CP

Dalam sebuah wawancara dengan media Swedia, Gyokeres mengatakan bahwa ia tidak masalah bertahan di Sporting pada musim panas ini.

"Sporting ingin sebagian besar pemain utama bertahan dan menahan kami dengan ketat. Itu yang terjadi, tetapi saya sangat menikmati berada di Sporting, jadi bagi saya tidak masalah untuk bertahan. Tentu saja, Anda ingin bermain di level tertinggi. Klausul rilis senilai €100 juta itu mungkin terlalu tinggi, karena tidak ada yang terwujud," katanya.

 

Penulis: Lutfi G. (Magang MSIB 7 2024)

 

     

Berita Terkait