Cara Antonio Conte Bangkitkan Sosok Scott McTominay di Napoli, Bikin MU Nyesel Sudah Menjual

oleh Hendry Wibowo diperbarui 30 Sep 2024, 20:30 WIB
Scott McTominay saat memperkuat Napoli. (Isabella BONOTTO / AFP)

Bola.com, Jakarta - Sementara beberapa orang bertanya-tanya apakah Manchester United (MU) telah membuat kesalahan dengan menjual Scott McTominay, Antonio Conte menjelaskan bagaimana kemampuan sang gelandang dapat berkembang di Napoli.

Pemain Timnas Skotlandia itu pindah ke Stadio Diego Armando Maradona musim panas ini dengan harga transfer 30,5 juta euro ditambah potongan 10 persen dari biaya penjualan.

Advertisement

Dalam empat pertandingan Serie A dan Coppa Italia, ia telah menyumbangkan satu gol dan satu assist. Kini Scott McTominay membantu mengantarkan timnya ke puncak klasemen.

Kehadirannya membuat Conte mengubah formasi 3-5-2 yang biasa digunakannya menjadi 4-3-3. Dalam aplikasinya, kini McTominay terlihat lebih sering bergerak ke depan membantu lini serang.

 

 

 

 

 

 

2 dari 4 halaman

Penjelasan Conte

Scott McTominay saat diperkenalkan sebagai pemain Napoli. (X/Napoli)

Usai kemenangan 2-0 Napoli atas Monza di ajang Liga Italia, Antonio Conte menjelaskan cara dirinya membuat penampilan Scott McTominay kembali menonjol. 

"Tidak ada yang terjadi secara kebetulan, kami melatih situasi ini dalam latihan sehingga kami dapat menggunakan posisi tersebut untuk menciptakan masalah bagi lawan,” kata Conte. 

"Scott adalah pemain yang lengkap, serba guna, yang bisa menjadi trequartista di belakang striker. Dia bisa menjadi mezzala dalam formasi tiga gelandang." 

"Lalu bermain dalam formasi dua gelandang atau bahkan melebar dalam formasi 5-4-1 dengan kemampuan lebih menyerang," tambahnya. 

3 dari 4 halaman

MU Salah Menjual McTominay

Kini Scott McTominay telah sukses memenangkan hati para pendukung Napoli. Khususnya ketika ia mencium logo Napoli ketika mencetak gol pertama untuk tim.

Namun sisi lain saat ini kubu Manchester United mulai bertanya-tanya apakah mereka melakukan kesalahan dengan menjual sang pemain. 

Salah satu yang punya pendapat seperti itu adalah eks pemain yang pernah merumput di Premier League, Robbie Savage. 

“Saya terkejut MU mendapatkan Manuel Ugarte, sementara Casemiro atau Kobbie Mainoo tidak cocok untuknya," Savage memberikan analisis. 

"Ugarte membutuhkan seseorang gelandang yang bisa naik dan turun. Saya pikir itu adalah kesalahan besar menjual Scott McTominay, sungguh," lanjutnya. 

Manchester United membayar 50 juta euro untuk merekrut Manuel Ugarte dari Paris Saint-Germain dan kini anak asuh Erik Ten Hag dalam tekanan usai kalah 0-3 dari Tottenham Hotspur di ajang Liga Inggris. 

4 dari 4 halaman

Yuk Lihat Peta Persaingan

Berita Terkait