Manajer Timnas Indonesia U-20 Jelaskan Kendala dalam Naturalisasi Mauresmo Hinoke: Ternyata Ada Persyaratan Khusus

oleh Hery Kurniawan diperbarui 30 Sep 2024, 17:35 WIB
Aksi Mauresmo Hinoke bersama Timnas Indonesia U-19. (Instagram/Mauresmoo)

Bola.com, Jakarta - Mauresmo Hinoke sempat memperkuat Timnas Indonesia U-19 dalam beberapa kesempatan. Termasuk di turnamen Maurice Revello beberapa waktu yang lalu.

Mauresmo Hinoke pun diharapkan bisa segera dinaturalisasi. Sebab, banyak pihak menilai winger satu ini layak bermain untuk Timnas Indonesia U-20.

Advertisement

Diketahui, Timnas Indonesia U-20 baru saja lolos ke Piala Asia U-20 2025. Ajang itu bakal digelar di China, Februari mendatang.

Namun, manajer Timnas Indonesia U-20, Ahmed Zaki Iskandar menjelaskan kendala yang dihadapi dalam proses naturalisasi Mauresmo Hinoke. Sebab, garis keturunan Hinoke cukup jauh yakni dari buyutnya.

"Mauresmo kita lagi cari, karena kan dia masih keturunan yang keempat," tutur Zaki.

2 dari 3 halaman

5 Tahun

Penyerang Timnas Indonesia, Cristian Gonzales, berduel dengan Suttinun Phukhom pada laga Piala AFF 2010.(AFP/Romeo Gacad)

Zaki Iskandar menjelaskan, dengan situasi saat ini Mauresmo Hinoke masih bisa menjalani proses naturalisasi. Namun, ia harus tinggal minimal lima tahun di Indonesia.

Hal serupa pernah dialami beberapa pemain. Misalnya Cristian Gonzales dan Marc Klok.

"Mauresmo bisa masuk ke Timnas Indonesia dengan jalur naturalisasi seperti Cristian Gonzales. Artinya, dia tidak keluar dari Indonesia selama 5 tahun," jelas Zaki.

3 dari 3 halaman

Pemain Inti

Saat ini Mauresmo Hinoke bermain untuk Top OSS. Klub itu sedang berlaga di liga level kedua Belanda.

Hebatnya, Mauresmo Hinoke menjadi pemain inti di Top OSS. Sejauh musim ini pemuda berusia 19 tahun itu sudah bermain delapan kali.