3 Pemain Timnas Indonesia U-20 yang Berpotensi Promosi ke Skuad Senior: Ada 2 yang Pernah Ditangani Shin Tae-yong

oleh Radifa Arsa diperbarui 30 Sep 2024, 19:30 WIB
Timnas Indonesia U-20 saat bersua Yaman pada Kualifikasi Piala Asia U-20 hari Minggu (29/09/2024). (Muhammad Iqbal Ichsan/Bola.com)

Bola.com, Jakarta - Sejumlah pemain andalan Timnas Indonesia U-20 dinilai layak mendapatkan kesempatan promosi dari Shin Tae-yong setelah menampilkan performa yang ciamik pada Kualifikasi Piala Asia U-20 2025.

Sebab, pemain-pemain inilah yang memiliki jasa besar membawa Timnas Indonesia U-20 mengamankan puncak klasemen Grup F sekaligus merebut satu tiket tampil di Kualifikasi Piala Asia U-20 2025.

Advertisement

Setidaknya, ada tiga nama pemain yang performanya paling menonjol di skuad Garuda Nusantara. Beberapa di antaranya juga bukan sosok yang asing bagi Shin Tae-yong saat masih menukangi Timnas U-20.

Berbekal performa semacam ini, para pemain ini membuktikan kesiapannya untuk mendapat kesempatan promosi ke Timnas Indonesia senior asuhan Shin Tae-yong. Berikut Bola.com menyajikan ulasannya.

 

2 dari 4 halaman

1. Jens Raven

Pemain Timnas Indonesia U-20, Jens Raven melakukan selebrasi setelah mencetak gol ke gawang Maladewa pada laga Kualifikasi Piala Asia U-20 2025 di Stadion Madya, Senayan, Jakarta, Rabu (25/09/2024). (Bola.com/Bagaskara Lazuardi)

Satu-satunya pemain Timnas Indonesia U-20 yang mampu menjaga konsistensi dalam mencetak gol di setiap pertandingan Grup F Kualifikasi Piala Asia U-20 2024 ialah Jens Raven. Namanya tak pernah absen dari papan skor.

Striker berusia 18 tahun ini berhasil menyumbangkan masing-masing satu gol saat melawan Maladewa, Timor Leste, dan Yaman. Hal ini membawa Jens Raven menjadi top scorer skuad Garuda Nusantara di ajang ini.

Kualitas pencetak gol inilah yang saat ini dibutuhkan Timnas Indonesia. Bukan tidak mungkin, jika mampu menjaga konsistensinya, striker FC Dordrecht U-21 itu bisa dipanggil Shin Tae-yong gabung Timnas senior.

 

3 dari 4 halaman

2. Kadek Arel

Pemain Timor Leste U-20, Luis Figo (kanan) berusaha mencetak gol dibayangi pemain Timnas Indonesia U-20, Kadek Arel pada laga Grup F Kualifikasi Piala Asia U-20 2025 di Stadion Madya, Senayan, Jakarta, Jumat (27/09/2024). (Bola.com/Bagaskara Lazuardi)

Di jantung pertahanan, sosok pemain yang punya kualitas untuk bisa mendapatkan kesempatan promosi dari Shin Tae-yong ialah Kadek Arel. Kedewasaannya sudah terlihat dalam memimpin rekan-rekannya dari sektor ini.

Bek asal Bali United ini sebetulnya bukan sosok baru bagi Shin Tae-yong. Pada medio 2022, Kadek Arel merupakan salah satu pemain yang memperkuat Timnas Indonesia U-19 asuhan Shin Tae-yong.

Dia merasakan pemusatan latihan (TC) di Korea Selatan hingga Turki menjelang Piala Asia U-20 2023. Dengan kualitasnya saat ini, bukan tidak mungkin bek berusia 19 tahun ini bakal dipromosikan STY ke Timnas senior.

 

4 dari 4 halaman

3. Dony Tri Pamungkas

Pemain Timnas Indonesia U-20, Dony Tri Pamungkas melewati sejumlah pemain Timor Leste pada laga Grup F Kualifikasi Piala Asia U-20 2025 di Stadion Madya, Senayan, Jakarta, Jumat (27/09/2024). (Bola.com/Bagaskara Lazuardi)

Tak berbeda dengan Kadek Arel, Dony Tri Pamungkas juga berstatus sebagai pemain yang paling berpengalaman di Timnas Indonesia U-20. Dony sempat jadi salah satu pemain andalan Shin Tae-yong pada medio 2022 hingga 2023.

Jika melihat skuad saat ini, Dony menjadi satu-satunya pemain yang sudah pernah merasakan tampil di Piala Asia U-20 2023. Ketika itu, bek asal Boyolali ini selalu diturunkan Shin Tae-yong sebagai starter.

Pengalamannya inilah yang menjadi modal bagi pemain Persija Jakarta itu untuk menembus Timnas Indonesia di level senior. Namun, Dony perlu penampilan yang konsisten di level kompetisi untuk mewujudkan target ini.    

Berita Terkait