PSSI Proses Perpindahan Federasi Mees Hilgers dan Eliano Reijnders dari KNVB di FIFA, Baru Daftar ke Timnas Indonesia Vs Bahrain dan China

oleh Muhammad Adi Yaksa diperbarui 30 Sep 2024, 22:00 WIB
Pemain Timnas Indonesia saat melawan Australia pada laga kedua Grup C Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta Pusat, pada Selasa (10/9/2024). (Bola.com/Bagaskara Lazuardi)

Bola.com, Brussels - Mees Hilgers dan Eliano Reijnders baru sah secara hukum sebagai Warga Negara Indonesia (WNI), namun belum legal dalam aturan sepak bola untuk membela Timnas Indonesia.

Maka dari itu, PSSI akan memproses perpindahan federasi Mees Hilgers dan Eliano Reijnders dari Asosiasi Sepak Bola Belanda (KNVB) ke PSSI di FIFA supaya bisa bermain dengan Timnas Indonesia dalam waktu dekat.

Advertisement

Peralihan asosiasi Mees Hilgers dan Eliano Reijnders bakal dikebut. Sebab, keduanya harus segera didaftarkan Timnas Indonesia untuk dua partai Grup C putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia.

Tim berjulukan Garuda itu akan lebih dulu menantang tuan rumah Bahrain dalam matchday ketiga Grup C di Bahrain National Stadium, Riffa, pada 10 Oktober 2024.

2 dari 4 halaman

Waktu 3 Hari

Mees Hilgers dan Eliano Reijnders. (Bola.com/Dok.PSSI).

Lima hari berselang, Timnas Indonesia bakal bertandang ke Qingdao Youth Football Stadium, Qingdao, untuk melawan Timnas China.

Beberapa waktu lalu, Ketua Badan Tim Nasional (BTN), Sumardji, mengabarkan bahwa deadline register pemain ke Timnas Indonesia kontra Bahrain dan China adalah pada 3 Oktober 2024.

Berarti, PSSI hanya mempunyai waktu selama tiga hari untuk meminta persetujuan dari FIFA terhadap perpindahan federasi Mees Hilgers dan Eliano Reijnders.

3 dari 4 halaman

Sumpah WNI

Mees Hilgers dan Eliano Reijnders telah melakukan pengambilan sumpah sebagai WNI di Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Brussels, Belgia, pada Senin (30/9/2024) sore WIB.

"Semoga Eliano Reijnders dan Mees Hilgers bisa bermain nanti. Kami usahakan. Sebab setelah ini, kami akan ajukan ke FIFA untuk pergantian federasi," ujar anggota Komite Eksekutif (Exco) PSSI, Arya Sinulingga.

"Kemudian dari situ kami daftarkan sebagai pemain Timnas Indonesia untuk melawan Bahrain dan China. Semoga prosesnya bisa berjalan dengan baik," jelasnya.

4 dari 4 halaman

Doa Suporter

"Doakan supaya mereka bisa membuat Timnas Indonesia makin baik. Semoga suporter kita akan membuat mereka membenggakan kita semua," ungkap Arya.

Mees Hilgers dan Eliano Reijnders dilantik sebagai WNI oleh Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) lewat Direktur Jenderal Administrasi Hukum Umum (Dirjen AHU) Kemenkumham, Cahyo Rahadian Muzhar.

Selain itu, juga disaksikan Duta Besar RI (Dubes) untuk Belgia, Luksemburg, dan Uni Eropa, Andri Hadi dan Arya sebagai perwakilan dari PSSI.

Berita Terkait