Bukan Periode Bursa Transfer, Barcelona Dapat Lampu Hijau Merekrut Pengganti Marc-Andre ter Stegen

oleh Benediktus Gerendo Pradigdo diperbarui 01 Okt 2024, 10:45 WIB
Marc-Andre Ter Stegen terpaksa meninggalkan lapangan menggunakan tandu karena cedera yang didapatkannya cukup parah saat Barcelona menghadapi Villarreal di Stadion La Ceramica pada Minggu (22/9/2024). (AFP/Jose Jordan)

Bola.com, Jakarta - Barcelona dikabarkan telah mendapatkan izin untuk mendaftarkan Wojciech Szczesny sebagai kiper pengganti Marc-Andre ter Stegen yang sedang mengalami cedera meski kesepakatan ini berada di luar periode bursa transfer.

Marc-Andre ter Stegen mengalami cedera serius di bagian tendon patella di lutut kanannya ketika bertanding melawan Villarreal yang berakhir dengan kemenangan 5-1 atas Barcelona, dan dia dipastikan absen hingga akhir musim.

Advertisement

Dengan cedera yang mengharuskannya beristirahat selama minimal delapan bulan, Barcelona kini menghadapi dilema mengenai posisi kiper mereka untuk sisa musim ini.

Marc-Andre ter Stegen telah menjadi kiper utama Barcelona selama delapan tahun, mencatatkan 419 penampilan dan hanya melewatkan 28 pertandingan liga sejak mengambil alih posisi tersebut dari Claudio Bravo.

2 dari 4 halaman

Proses Pendaftaran Szczesny

Wojciech Szczesny sebenarnya masih bisa bermain setidaknya beberapa tahun lagi. Sekarang ini kiper asal Polandia itu sedang berstatus tanpa klub. (CRISTINA QUICLER / AFP)

Untuk merekrut Szczesny, Barcelona harus mengajukan berbagai dokumen dan mendapatkan izin dari La Liga. Menurut laporan dari Mundo Deportivo, semua dokumen yang diperlukan kini telah lengkap, dan transfer bisa berlangsung.

Szczesny bahkan sudah terlihat tiba di markas latihan Barcelona pada Senin (30/9/2024) pagi waktu setempat.

Dalam beberapa situasi tertentu, biaya tambahan untuk merekrut pemain baru bisa diabaikan.

La Liga Spanyol memiliki pedoman yang ketat yang menyatakan bahwa seorang pemain yang tidak terikat kontrak dengan klub lain harus direkrut dalam waktu 30 hari setelah cedera pemain yang digantikan.

Selain itu, La Liga juga meminta formulir medis yang membuktikan tingkat keparahan cedera sang pemain, yang kemudian akan ditinjau oleh anggota Komisi Medis.

3 dari 4 halaman

Kembali dari Pensiun

Szczesny tumbuh di akademi Arsenal dan mencatatkan 181 penampilan bagi The Gunners dengan sumbangan dua Piala FA dan satu Community Shield. (JACK GUEZ / AFP)

Szczesny, yang sempat mengejutkan publik dengan pengumuman pensiun dari dunia sepak bola pada musim panas lalu, sebelumnya merupakan kiper utama Juventus.

Kiper asal Polandia itu tampil untuk tim nasional negaranya di Euro 2024. Namun, setelah meninggalkan Juventus, Szczesny memutuskan untuk mengakhiri kariernya pada akhir Agustus 2024.

Namun, kurang dari sebulan setelah pengumuman itu, mantan kiper Arsenal ini siap kembali ke lapangan dan mengisi posisi Marc-Andre ter Stegen untuk sisa musim ini.

Barcelona juga memiliki Inaki Pena, yang telah mengisi posisi kiper utama sejak cedera yang dialami Ter Stegen. Namun, kemungkinan akan kembali ke posisi cadangan setelah kesepakatan dengan Szczesny jadi resmi.

Dengan bergabungnya Szczesny, Barcelona berharap bisa mempertahankan performa mereka di La Liga meskipun harus kehilangan salah satu kiper terbaik. Tranfer ini juga menjadi perhatian besar mengingat sejarah panjang Szczesny di pentas sepak bola Eropa.

Sumber: Sportsmole

4 dari 4 halaman

Persaingan di La Liga Spanyol

Berita Terkait