Segini Banyak Biaya MU kalau Memecat Erik ten Hag

oleh Aning Jati diperbarui 01 Okt 2024, 12:45 WIB
Manajer Manchester United Erik ten Hag menyaksikan jalannya pertandingan Liga Inggris saat melawan Manchester City di Old Trafford, Minggu, 29 Oktober 2023. (Paul ELLIS / AFP)

Bola.com, Jakarta - Jumlah uang yang harus dikeluarkan oleh MU untuk memecat Erik ten Hag telah diumumkan, yaitu sebesar 17.5 juta pound (Rp355 miliar).

Manajer asal Belanda tersebut sedang berada di ujung tanduk di Old Trafford, dengan kekalahan 0-3 dari Tottenham (29/9/2024) menjadi kekecewaan terbaru dari awal musim yang buruk bagi the Red Devils.

Advertisement

Kendati diyakini bahwa Ten Hag masih mendapat dukungan dari jajaran petinggi klub, ada juga yang mengatakan bahwa pelatih berusia 54 tahun tersebut memiliki waktu hingga jeda internasional berikutnya untuk menyelamatkan pekerjaannya.

Jika keadaan tidak membaik, MU harus membayar biaya perpisahan dengan Ten Hag.

Menurut Daily Mail, yang mengutip Richard Martin dari Goal, telah disebutkan bahwa pemecatan Ten Hag akan merugikan MU sekitar 17,5 juta pound, berkat perpanjangan kontrak yang diberikan kepada sang manajer setelah memenangkan Piala FA.

Angka tersebut akan jauh lebih rendah jika MU memecat pelatih asal Belanda itu pada musim panas lalu.

2 dari 2 halaman

Kontrak Masih Setahun Lagi

Kedatangan Erik ten Hag sebagai pelatih di Manchester United berhasil membawa Setan Merah bangkit dari keterpurukan pada beberapa musim terakhir. Langkah-langkah pelatih berkebangsaan Belanda tersebut dinilai tepat dan mujarab. Pasalnya, Ten Hag berhasil mendongrak performa MU yang saat artikel ini dibuat (19/01/2023) berhasil menempati urutan ketiga dengan raihan poin yang sama dengan Manchester City yang berada di atasnya, yaitu 39 poin. Berikut ini daftar sentuhan mujarab Erik ten Hag yang bikin MU kembali bangkit di Liga Inggris. (AFP/Oli Scarff)

 

Menjelaskan situasi di media sosial, Martin mengungkapkan hal itu:

"Memecat Ten Hag pada bulan Juni lalu akan membuat United harus mengeluarkan biaya sekitar 10 juta pound. Melakukannya sekarang, setelah perpanjangan satu tahun, akan menelan biaya sekitar 17,5 juta pound. Itu sekitar setengah dari jumlah yang dihemat klub karena tidak perlu memecat 250 karyawan," tutur Martin.

Setelah melakukan pembicaraan dengan manajer lain sebelum kemenangan atas rival abadi Manchester City di Wembley pada Mei lalu, diputuskan bahwa Ten Hag masih merupakan orang yang tepat untuk pekerjaan itu dan diberi tambahan satu tahun untuk kontraknya, yang akan berakhir pada 2026.

United saat ini berada di urutan ke-13 di klasemen Premier League dan hanya meraih dua kemenangan dari enam pertandingan awal mereka.

Mengenai pemangkasan baru-baru ini di MU, terungkap pada bulan Juni bahwa INEOS telah memutuskan untuk memangkas 25 persen tenaga kerja di Old Trafford.

 

Sumber: Give Me Sport

Berita Terkait