Naturalisasi Terus Diproses, Kapten dan Gelandang Burnley Diklaim Dapat Debut dengan Timnas Malaysia pada November 2024

oleh Muhammad Adi Yaksa diperbarui 01 Okt 2024, 11:56 WIB
Kapten Burnley, Josh Brownhill, masuk rencana naturalisasi Timnas Malaysia. (Bola.com/Dok.Instagram Josh Brownhill).

Bola.com, Kuala Lumpur - Media Malaysia, New Straits Times, mengabarkan bahwa dua pemain Burnley, Josh Brownhill dan Zian Flemming, dapat debut dengan Timnas Malaysia pada November 2024.

New Straits Times menyadur akun X pencari pemain keturunan Malaysia, frfuturetalents, yang menyebutkan bahwa administrasi Josh Brownhill dan Zian Flemming untuk membela Timnas Malaysia segera selesai.

Advertisement

"Sumber menunjukkan bahwa Brownhill dan Flemming berada pada tahap akhir dokumentasi dan diharapkan akan memulai debutnya pada November 2024," tulis frfuturetalents dinukil dari New Straits Times.

Selain Josh Brownhill dan Zian Flemming, Timnas Malaysia juga diklaim dapat diperkuat fullback Go Ahead Eagles di Eredivisie, Mats Deijl.

2 dari 5 halaman

Calon Pemain Termahal ASEAN

Kapten Burnley, Josh Brownhill, masuk rencana naturalisasi Timnas Malaysia. (Bola.com/Dok.Instagram Josh Brownhill).

Josh Brownhill lahir di Warrington, Inggris, pada 19 Desember 1995. Semasa kariernya, ia sama sekali belum pernah bermain untuk Timnas Inggris, baik senior maupun level usia.

Transfermarkt mencatat bahwa nilai pasar Josh Brownhill ditaksir mencapai 15 juta euro atau setara Rp255 miliar. Gelandang berusia 28 tahun itu akan menjadi pemain termahal di Asia Tenggara (ASEAN) jika dinaturalisasi Timnas Malaysia.

Pemain dengan market value tertinggi di ASEAN baru saja direbut oleh Mees Hilgers, calon bek Timnas Indonesia yang dinilai Transfermarkt 7 juta euro (Rp119 miliar).

3 dari 5 halaman

Garis Keturunan

Dalam surat elektronik balasannya ke akun Frfuturetalents, Josh Brownhill buka-bukaan mengenai garis keturunan Negeri Jiran dan kemungkinan dinaturalisasi untuk memperkuat Timnas Malaysia.

"Kepada FR Future Talents, semoga pesan ini sampai kepada Anda dengan baik. Saya ingin secara pribadi menanggapi pertanyaan yang belakangan ini muncul mengenai warisan saya dan kemungkinan masa depan internasional saya," tulis Josh Brownhill pada beberapa waktu lalu.

"Saya dapat mengonfirmasi bahwa saya memiliki akar Malaysia melalui nenek saya, yang merupakan sesuatu yang sangat saya banggakan," ucap Josh Brownhill, yang telah memperkuat Burnley sejak 2020 ini.

4 dari 5 halaman

Kapten Burnley

"Meski sampai saat ini saya lebih fokus pada karier klub saya, kemungkinan untuk mewakili Timnas Malaysia di level internasional adalah sesuatu yang saya pertimbangkan dengan terbuka."

"Saya menghargai minat dan dukungan dari para penggemar serta komunitas sepak bola Malaysia," jelas gelandang berusia 28 tahun tersebut.

Josh Brownhill adalah kapten Burnley. Sementara, Zian Flemming ialah playmaker tim berjulukan The Clarets itu.

5 dari 5 halaman

Lawan India

Zian Flemming lahir di Amsterdam, Belanda, pada 1 Agustus 1998. Dia belum pernah memperkuat Timnas Belanda. New Straits Times menjelaskan bahwa darah Malaysia pemain berusia 26 tahun itu mengalir dari ayahnya.

Pada FIFA Matchday bulan depan, Malaysia direncanakan akan beruji coba dengan Timnas India pada 19 November 2024.

 

Sumber: New Straits Times, FR Future Talents

Berita Terkait