Daftar Lengkap Klub Pemain Diaspora Timnas Indonesia: Mees Hilgers dan Eliano Reijnders Segera Tambah Kekuatan Tim Garuda

oleh Rizki Hidayat diperbarui 01 Okt 2024, 16:00 WIB
Mees Hilgers dan Eliano Reijnders sudah resmi menjadi WNI. (Bola.com/Dok.PSSI).

Bola.com, Jakarta Daftar lengkap klub pemain diaspora Timnas Indonesia. Mees Hilgers dan Eliano Reijnders baru saja menyandang status sebagai WNI, dan berpeluang menambah kekuatan Tim Garuda.

Mees dan Eliano diambil sumpah kewarganegaraan RI di Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Brussels, Belgia, pada Senin (30/9/2024) malam WIB.

Advertisement

Keduanya kini tinggal menunggu persetujuan FIFA terkait permintaan perpindahan federasi dari Asosiasi Sepak Bola Belanda (KNVB) ke PSSI, untuk legal membela Timnas Indonesia.

Terdekat, Tim Garuda akan menjalani dua pertandingan Grup C putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia kontra Timnas Bahrain dan Timnas China. Andai proses perpindahan tersebut berjalan lancar, Mees Hilgers dan Eliano Reijnders berpeluang membela Timnas Indonesia.

 

2 dari 3 halaman

Bela Klub Papan Atas Liga Belanda

Aksi bek tengah keturunan Indonesia milik FC Twente, Mees Hilgers (paling kiri) di laga leg pertama Kualifikasi Ketiga UEFA Conference League melawan Cukaricki pada 6 Agustus 2022 lalu. (Dok. Instagram Mees Hilgers)

Kehadiran Mees Hilgers dan Eliano Reijnders diyakini bakal menambah kekuatan Timnas Indonesia. Apalagi, keduanya memiliki pengalaman menjalani karier di Eropa.

Saat ini, Mees dan Eliano memperkuat klub papan atas Liga Belanda. Mees Hilgers membela FC Twente, di sisi lain Eliano Reijnders memperkuat PEC Zwolle.

Pada musim ini, Mees telah tampil dalam sembilan pertandingan diseluruh ajang bersama Twente dan mendulang satu gol plus satu assist. Dari sembilan laga tersebut, satu di antaranya adalah ketika FC Twente menahan 1-1 Manchester United di Liga Europa.

Di sisi lain, Eliano Reijnders membela PEC Zwolle. Namun, Eliano tak selalu menjadi pilihan utama. Pemain berusia 23 tahun tersebut tercatat baru tampil dalam lima pertandingan, dengan waktu bermain selama 282 menit.

 

3 dari 3 halaman

Daftar lengkap pemain diaspora Timnas Indonesia:

Ilustrasi - Mees Hilgers Twente FC, Thom Haye Almere City FC, Jay Idzes Venezia (Bola.com/Adreanus Titus)

Maarten Paes - FC Dallas

Jay Idzes - Venezia

Calvin Verdonk - NEC Nijmegen

Sandy Walsh - KV Mechelen

Pratama Arhan - Suwon FC

Asnawi Mangkualam - Port FC

Shayne Pattynama - Eupen

Justin Hubner - Wolverhampton Wanderers

Marselino Ferdinan - Oxford United

Ivar Jenner - Jong Utrecht

Thom Haye - Almere City

Nathan Tjoe-A-On - Swansea City

Rafael Struick - ADO Den Haag

Ragnar Oratmangoen - FCV Dender

Mees Hilgers - FC Twente*

Eliano Reijnders - PEC Zwolle*

*Calon pemain anyar

Berita Terkait