Maarten Paes Sempat Syok dengan Besarnya Dukungan dari Suporter untuk Timnas Indonesia

oleh Hery Kurniawan diperbarui 01 Okt 2024, 20:45 WIB
Kiper Timnas Indonesia, Maarten Paes, berusaha menghalau bola saat melawan Australia pada laga kedua Grup C Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta Pusat, pada Selasa (10/9/2024). (Bola.com/Bagaskara Lazuardi)

Bola.com, Jakarta - Maarten Paes menjadi idola baru di Indonesia. Penampilannya bersama Timnas Indonesia memukau banyak pihak, terutama suporter. 

Maarten Paes memang baru dua kali menjalani laga resmi bersama Timnas Indonesia. Namun, dua laga itu sudah cukup membuktikan kualitas penjaga gawang FC Dallas tersebut.

Advertisement

Maarten Paes bercerita kepada New York Times mengenai awal kariernya di Timnas Indonesia. Paes mendapatkan dukungan yang besar.

"Ini pertama kalinya saya menyadari betapa besarnya hal itu," kata Maarten Paes kepada New York Times.

2 dari 3 halaman

Bukan Hanya di Internet

Kiper Timnas Indonesia, Maarten Paes, saat membela Dallas FC. (Jason Mowry / GETTY IMAGES NORTH AMERICA / Getty Images via AFP)

Satu hal yang paling dirasakan Maarten Paes adalah peningkatan jumlah pengikut di media sosial. Kini pengikutnya di Instagram mencapai 1,7 juta.

Namun, Maarten Paes menegaskan antusiasme masyarakat Indonesia pada sepak bola tidak hanya terjadi di media sosial.

"Anda melihatnya di internet, Anda melihat angka-angkanya dan Anda tidak dapat benar-benar memahaminya. Lalu kami tidak dapat meninggalkan hotel tanpa keamanan," jelasnya.

3 dari 3 halaman

Karier Panjang

Timnas Indonesia - Ilustrasi Maarten Paes - PEH! (Bola.com/Adreanus Titus)

Saat ini, Maarten Paes masih berusia 26 tahun. Karier penjaga gawang yang memiliki darah Kediri tersebut masih sangat panjang di Timnas Indonesia.

Jika bisa terus konsisten, bukan tak mungkin Maarten Paes bisa menembus lebih dari 50 caps untuk Timnas Indonesia.

Apalagi bisa dikatakan saat ini Paes tidak mendapatkan persaingan berarti. Kiper lain di Timnas Indonesia berada dua atau tiga level di bawahnya.

 

Berita Terkait