10 Klub Sepak Bola dengan Followers Terbanyak di Instagram: Titik Kumpul Pencinta Sepak Bola Dunia

oleh Choki Sihotang diperbarui 02 Okt 2024, 05:00 WIB
Ilustrasi - Instagram PSG, Real Madrid, Barcelona, Manchester United (Bola.com/Adreanus Titus)

Bola.com, Jakarta Dunia semakin maju, teknologi kian canggih, dan interaksi antara tim sepak bola dan penggemarnya juga berubah drastis.

Dalam beberapa tahun terakhir, tepatnya sejak awal 2000-an, salah satu cara paling umum untuk mengetahui berita terbaru tentang tim kesayangan adalah melalui Teletext.

Advertisement

Jauh sebelumnya, di era 1980-an, para penggemar dapat menegetahui informasi terkait transfer terbaru dan berita tim lainnya via ClubCall.

Sejak kehadiran internet, zama berubah. Platform media sosial menyerbu. Sebut saja macam X, Facebook, dan Instagram.

Meskipun media sosial menawarkan akses mudah ke berita dan kemampuan bagi klub untuk berinteraksi dengan penggemar mereka, media sosial juga memiliki sisi buruk, seperti pelecehan yang sering diterima pemain.

Instagram diluncurkan pada tahun 2010 dan merupakan platform yang digunakan untuk mengunggah foto dan video kepada para pengikutnya.

Tim-tim merasa bahwa Instagram merupakan saluran yang berguna untuk berbagi konten dengan para pendukung mereka.

Meskipun tidak semua orang yang mengikuti tim olahraga di suatu platform adalah penggemar, angka-angka tersebut memberikan indikasi seberapa populer tim tersebut.

Dalam daftar ini, mari kita melihat 10 tim sepak bola yang paling banyak diikuti di Instagram.

2 dari 11 halaman

Arsenal - Premier League

Arsenal - Ilustrasi Logo Arsenal (Bola.com/Adreanus Titus)

The Gunners mengalami masa keemasan di Liga Primer sebelum Instagram ada, dengan tiga gelar Liga Primer diraih pada tahun 1998, 2002, dan 2004.

Meskipun klub mengalami masa-masa sulit setelah pindah ke Stadion Emirates pada tahun 2006, klub London utara itu kini tampak seperti kekuatan sesungguhnya di bawah bimbingan Mikel Arteta.

Arsenal kembali bersaing untuk meraih penghargaan utama, dan memainkan gaya sepak bola yang menarik di bawah Arteta.

Klub tersebut telah bekerja keras untuk meningkatkan popularitasnya dalam beberapa tahun terakhir, tidak hanya di lapangan.

Mereka menjadi fokus serial dokumenter 'All or Nothing' untuk musim 2021-22, yang memberikan gambaran sekilas tentang klub tersebut dan khususnya beberapa pembicaraan tim Arteta.

 

3 dari 11 halaman

Chelsea - Premier League

Chelsea - Ilustrasi Logo Chelsea (Bola.com/Adreanus Titus)

Chelsea mencapai puncaknya di waktu yang tepat untuk mengembangkan kehadiran mereka di media sosial. Dengan investasi besar dari Roman Abramovich, The Blues menjadi pemenang berantai.

Ketika Instagram diluncurkan pada tahun 2010, Chelsea adalah juara bertahan Liga Primer.

Dua tahun kemudian, mereka memenangkan Liga Champions untuk pertama kalinya dalam sejarah mereka. Selama 19 tahun masa jabatan Abramovich sebagai pemilik, klub tersebut memenangkan 21 trofi.

Kesuksesan sering kali mendatangkan banyak pengikut, dan Chelsea saat ini memiliki 42,2 juta pengikut di Instagram.

Setelah beberapa musim yang mengecewakan baru-baru ini, The Blues telah memulai dengan baik di bawah manajer baru Enzo Maresca.

Akun resmi Chelsea telah berhasil menghindari kontroversi apa pun selama bertahun-tahun di platform tersebut. Namun, hal yang sama tidak berlaku untuk beberapa pemain mereka.

 

4 dari 11 halaman

Bayern Munich - Bundesliga

Logo dan ilustrasi Bayern Munchen. (AFP/Christof Stache)

Klub tersukses di Jerman, Bayern memenangkan 11 gelar Bundesliga berturut-turut antara tahun 2012-13 dan 2022-23.

Dominasi mereka di Jerman selama bertahun-tahun telah menarik beberapa pemain terbaik dunia untuk bergabung dengan klub, dengan pemain seperti Harry Kane dan Leroy Sane saat ini bermain di sana.

Selain itu, manajer papan atas seperti Pep Guardiola, Carlo Ancelotti, dan Thomas Tuchel semuanya telah bertanggung jawab di klub tersebut dalam dekade terakhir.

Bayern juga telah menang di Eropa, memenangkan Piala Eropa enam kali dalam sejarah mereka - yang terakhir pada tahun 2020. Klub ini memiliki banyak pengikut di Instagram, dengan 42,5 juta pengikut.

Perekrutan Kim Min-jae dan Hiroki Ito akan meningkatkan daya tarik mereka di Asia juga. Klub ini telah mendirikan klub penggemar di negara asal mereka masing-masing, Korea Selatan dan Jepang.

 

5 dari 11 halaman

Liverpool - Premier League

Liverpool - Ilustrasi Logo Liverpool (Bola.com/Adreanus Titus)

Liverpool adalah salah satu tim dengan dukungan terbanyak di dunia karena tradisi dan sejarah klub selama puluhan tahun.

Meskipun The Reds harus menunggu 30 tahun untuk memenangkan gelar Liga Primer pertama mereka, klub tersebut memenangkan 18 mahkota liga utama pada abad ke-20.

Mereka adalah tim Inggris tersukses di Eropa, setelah mengangkat Piala Eropa enam kali dalam sejarah mereka, serta Piala UEFA tiga kali dan empat Piala Super UEFA juga.

Mereka memiliki beberapa manajer dan pemain terbaik dalam sejarah permainan di setiap generasi.

Jurgen Klopp membantu membawa kembali masa-masa indah ke Anfield dan memberikan gelar Liga Primer yang telah lama ditunggu-tunggu pada tahun 2020, hanya satu dari delapan penghargaan utama yang diangkatnya di klub tersebut.

Klopp juga merekrut beberapa pemain top selama waktunya di Anfield, termasuk salah satu pesepakbola yang paling banyak diikuti di Instagram, Mohamed Salah.

Semua ini menambah daya tarik klub, dengan The Reds memiliki 45,8 juta pengikut di Instagram.

Masa depannya juga terlihat cerah, meskipun Klopp pergi pada tahun 2024, Liverpool telah memulai dengan baik di bawah manajer baru Arne Slot.

6 dari 11 halaman

Manchester City - Premier League

Manchester City - Ilustrasi Logo Man City (Bola.com/Adreanus Titus)

Manchester City telah muncul sebagai kekuatan besar dalam dunia sepak bola selama dua dekade terakhir.

Selama bertahun-tahun, City menjadi "tim lawan" di Manchester. Rival lokal Manchester United memenangkan trofi hampir setiap tahun, sementara Citizens terkadang bahkan tidak bermain di liga utama.

Peruntungan mereka berubah pada tahun 2008 ketika klub tersebut dibeli oleh Abu Dhabi United Group, yang didukung oleh kekayaan Sheikh Mansour.

Setelah meraih jackpot di luar lapangan, City secara bertahap mengembangkan tim yang mampu memenangkan banyak trofi setiap musim.

Dimulai dengan kemenangan Piala FA atas Stoke City pada tahun 2011, dan pada akhir musim berikutnya, mereka menjadi juara Inggris.

Gol kemenangan ikonik dari Sergio Aguero menjadi sorotan selama kesuksesan awal City di bawah pemilik baru.

Sejak kedatangan Pep Guardiola sebagai manajer pada tahun 2016, Manchester City telah mengangkat enam dari delapan gelar Liga Primer yang tersedia.

Setelah bertahun-tahun mencoba, City akhirnya mengangkat Liga Champions pada tahun 2023, sebagai bagian dari treble bersejarah.

Dengan 54,7 juta pengikut di Instagram, klub ini mulai membangun basis penggemar di seluruh dunia.

7 dari 11 halaman

Juventus - Serie A

Juventus - Ilustrasi Logo Juventus (Bola.com/Adreanus Titus)

'Si Nyonya Tua' sepak bola Italia, Juventus telah memenangkan trofi terbanyak di Italia dengan selisih yang cukup jauh.

Seperti halnya Bayern, Juventus menikmati periode yang sangat dominan tak lama setelah Instagram diluncurkan, dengan sembilan gelar Serie A berturut-turut antara 2011-12 dan 2019-20.

Selama waktu ini, mereka juga menjadi runner-up di Liga Champions pada tahun 2015 dan 2017.

Beberapa pemain terbaik dunia telah mengenakan garis-garis hitam dan putih yang terkenal, termasuk Cristiano Ronaldo antara tahun 2018 dan 2021.

Juventus didukung dengan baik di seluruh dunia, dan tidak seperti banyak klub Italia lainnya, daya tarik mereka melampaui kota asal mereka di Turin.

Ada saat-saat kelam sepanjang sejarah mereka baru-baru ini, termasuk terdegradasi ke Serie B dan dilucuti gelar mereka pada tahun 2005 dan 2006 sebagai bagian dari skandal 'Calciopoli'.

Meskipun demikian, klub tersebut telah bangkit kembali dan tetap populer di seluruh dunia.

Juventus memiliki 60,4 juta pengikut di Instagram dan merupakan satu-satunya klub Italia dalam daftar.

8 dari 11 halaman

Paris Saint-Germain - Ligue 1

PSG - Ilustrasi Logo PSG (Bola.com/Adreanus Titus)

Klub lain yang didukung oleh orang kaya dari pemilik asing di era Instagram, Paris Saint-Germain diambil alih oleh Qatar Sports Investments pada tahun 2011.

Selama 13 tahun di klub tersebut, sejumlah nama bintang, seperti Zlatan Ibrahimovic, Lionel Messi, Neymar, dan Kylian Mbappe semuanya pernah bermain untuk klub tersebut.

Sebanyak 10 dari 12 gelar liga yang dimenangkan klub tersebut diraih sejak diambil alih oleh Qatar, tetapi PSG juga telah membangun merek yang sangat laku di luar lapangan.

Kolaborasi mereka dengan Nike dan merek Jordan telah membantu meningkatkan penjualan barang dagangan melampaui kemampuan sebagian besar klub.

Daya tarik bermain di salah satu kota paling terkenal di dunia juga membantu, karena mereka berada di posisi keempat dalam daftar dengan 63,6 juta pengikut di Instagram.

 

9 dari 11 halaman

Manchester United - Premier League

Manchester United - Ilustrasi Logo Manchester United (Bola.com/Adreanus Titus)

Keberhasilan Manchester United di lapangan selama 27 tahun Sir Alex Ferguson di klub tersebut telah memenangkan dukungan dari banyak penggemar di seluruh dunia.

United mendominasi di tahun-tahun awal Liga Primer, memenangkan 13 gelar antara tahun 1993 dan 2013.

Hal ini membantu menyalip rival Liverpool dalam jumlah gelar liga yang dimenangkan secara keseluruhan - dengan United unggul satu gelar dengan 20 kemenangan di liga utama.

United unggul dalam hal pemasaran dan daya tarik komersial, secara teratur memainkan pertandingan di luar negeri pada pramusim untuk meningkatkan popularitas mereka di berbagai wilayah di dunia sebelum menjadi hal yang umum.

Hal ini, bersama dengan puluhan tahun kemenangan di lapangan dengan pemain bintang, telah membantu klub tersebut menjadi tim ketiga yang paling banyak diikuti di Instagram dengan 64,2 juta pengikut.

10 dari 11 halaman

FC Barcelona - La Liga

Barcelona - Ilustrasi Logo Barcelona (Bola.com/Adreanus Titus)

'Mes Que Un Club' atau 'Lebih dari Sekadar Klub' adalah motto klub Barcelona. FC Barcelona adalah simbol Catalonia, wilayah yang mereka wakili.

Banyak orang jatuh cinta dengan gaya sepak bola tiki-taka yang dimainkan di Barcelona di bawah asuhan Pep Guardiola, saat Lionel Messi berkembang menjadi salah satu pemain terbaik sepanjang masa.

Klub dengan tradisi yang membanggakan dalam menghasilkan talenta-talenta papan atas, Xavi, Andres Iniesta, dan Carles Puyol hanyalah beberapa contoh pemain yang berasal dari akademi 'La Masia' yang terkenal.

Barcelona adalah tim lain yang telah memenangkan banyak trofi sejak Instagram diluncurkan.

Tujuh gelar liga dan dua mahkota Liga Champions hanyalah beberapa penghargaan yang diraih selama kurun waktu tersebut.

Barcelona memiliki jumlah pengikut tertinggi kedua di Instagram, yaitu 129 juta.

11 dari 11 halaman

Real Madrid - La Liga

Real Madrid - Ilustrasi Logo Real Madrid (Bola.com/Adreansu Titus)

Piala Eropa merupakan rekor, begitu pula dengan 36 gelar liga utama yang diraih klub di Spanyol.

Klub ibu kota ini memiliki pemain-pemain bintang dari setiap generasi. Dari Ferenc Puskas dan Alfredo Di Stefano pada tahun 1950-an dan 60-an, hingga Real Madrid masa kini dengan Kylian Mbappe dan Vinicius Junior, para pemain bintang selalu menemukan rumah di Madrid.

Era 'Galacticos' di klub ini menyaksikan seluruh tim dipenuhi dengan bakat, termasuk David Beckham, Luis Figo, dan Ronaldo, dan meningkatkan daya tarik klub di seluruh dunia.

Seperti Manchester United, Real Madrid tidak takut untuk menguji pasar lain, seperti Asia, untuk meningkatkan daya tarik komersial mereka.

Sumber: Givemesport

Berita Terkait