Profil Jairo Riedewald, Pemain Berdarah Indonesia yang Siap Menyusul Mees Hilgers dan Eliano Reijnders

oleh Gregah Nurikhsani diperbarui 02 Okt 2024, 07:30 WIB
Ilustrasi - Jairo Riedewald nuansa Merah Putih (Bola.com/Adreanus Titus)

Bola.com, Jakarta - Setelah dikabarkan terbuka untuk membela Garuda pada Februari 2024, pemain Belanda berdarah Indonesia Jairo Riedewald disebut-sebut berpotensi dinaturalisasi untuk membela Timnas Indonesia.

Jairo Riedewald bermain sebagai gelandang bertahan atau bek tengah dan saat ini bermain untuk Royal Antwerp di Liga Pro Belgia. Dia juga pernah membela klub-klub top di Eropa seperti Ajax Amsterdam dan Crystal Palace.

Advertisement

Jairo Riedewald yang bernama lengkap Jairo Jocquim Riedewald adalah pemain sepak bola yang lahir di Haarlem, Belanda, pada 9 September 1996. Pemain sepak bola yang tingginya 182 cm ini bermain sebagai gelandang bertahan dan menggunakan kaki kirinya paling banyak.

Jairo Riedewald saat ini membela klub Liga Belgia, Royal Antwerp. Dia pindah ke Royal Antwerp dengan status bebas transfer pada musim 2024/2025.

Menurut rumor, Riedewald memiliki darah Indonesia dari ibunya, yang merupakan keturunan Belanda-Indonesia karena neneknya dari Ambon. Sementara ayahnya dari Suriname, yang memiliki hubungan sejarah dengan Indonesia, memiliki darah Indonesia.

2 dari 3 halaman

Karier

Gelandang Crystal Palace keturunan Indonesia, Jairo Riedewald. (AP/Mike Hewitt).

Riedewald memulai karier sepak bolanya dengan bergabung dengan Haarlem Youth. Pada tahun 2008, Ajax Amsterdam Youth melihat talentanya.

Kariernya berkembang di Akademi Ajax, di mana dia bergabung dengan tim U-17 hingga U-19.

Riedewald kemudian bergabung dengan tim senior Ajax pada musim 2014. Dia bermain di sana dari 2014 hingga 2017.

Dia kemudian bergabung dengan Crystal Palace di Liga Inggris pada 2017. Dia bermain 96 kali untuk klub tersebut dan mencetak 3 gol dan 1 assist.

Pada musim 2024, dia beralih ke Royal Antwerp. Reidewald baru bermain dua kali dan sedang berjuang untuk pulih dari cedera hamstringnya.

3 dari 3 halaman

Pernah Membela Belanda Junior

Bek Crystal Palace, Jairo Riedewald, tampak kecewa usai kebobolan gol ketiga melawan Aston Villa dalam laga lanjutan Liga Inggris 2020/21 pekan ke-15 di Villa park, Birmingham, Sabtu (26/12/2020). Crystal Palace kalah 0-3 dari Aston Villa. (AFP/Rui Vieira/Pool)

Selama kariernya sebagai pemain sepak bola, Jairo Riedewald telah bermain untuk Timnas Belanda junior. Mulai dari tim U-15, U-16, U-17, U-19, dan U-21 Belanda.

Jairo Riedewald bermain untuk tim nasional Belanda pada September 2015. Dia telah bermain untuk tim Oranje tiga kali hingga saat ini.

Berita Terkait