Apakah Timnas Indonesia Sudah Lengkap Setelah Mees dan Eliano Gabung? Begini Pendapat Pengamat Bola

oleh Choki Sihotang diperbarui 02 Okt 2024, 08:30 WIB
Ilustrasi - Mees Hilgers, Eliano Reijnders, Jay Idzes, Ragnar Oratmangoen, Asnawi Mangkualam (Bola.com/Adreanus Titus)

Bola.com, Jakarta Apa yang dinanti kini sudah tiba. Kabar gembira bagi semua rakyat Indonesia, utamanya fans setia Timnas Indonesia. Mees Hilgers dan Eliano Reijnders kini resmi jadi WNI.

Dari Belgia, nun jauh di sana, di KBRI Brussel, Mees Hilgers dan Eliano Reijnders, melalui Ketum PSSI Erick Thohir, melontarkan terima kasih, terkait apa yang baru saja mereka dapatkan dari pemerintah Indonesia.

Advertisement

"Terima kasih Bapak Presiden, Ketua DPR, pimpinan dan anggota DPR, juga Bapak Menteri, atas dukungannya dan memungkinkan percepatan sumpah dua pemain naturalisasi kita, Mees dan Eliano," kata Etho, via Instagramnya, @erickthohir, Senin (30/9/2024).

Dengan demikian, bisa dipastikan Mees Hilgers dan Eliano Reijnders bakal diturunkan melawan Bahrain dan China dalam lanjutan Grup C putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia, pada 10 dan 15 Oktober mendatang.

Jik sebelumnya Indonesia sukses bermain imbang 1-1 melawan Arab Saudi dan 0-0 kontra Australia, maka dengan masuknya dua darah segar membuat Timnas Indonesia berpeluang memenangkan duel dari Bahrain maupun China.

Meski begitu, Jay Idzes dan kawan-kawan kudu tetap ekstra waspada. Karena biar bagaimana pun, baik Bahrain juga China tak ingin tumbang di depan pendukungnya.

2 dari 4 halaman

Kian Mantap

Pemain Market Value termahal di Timnas: Thom Haye, Mees Hilgers, Jay Idzes (Bola.com/Geaby Fadhilatu Sholikha/Adreanus Titus)

Kesit B Handoyo, pengamat sepak bola nasional mengatakan kehadiran Mees Hilgers dan Eliano Reijnders membuat pasukan Shin Tae-yong kian mengerikan.

Pastinya kehadiran mereka menjadi kekuatan tambahan bagi skuad timnas, dari sisi pertahanan maupun penyerangan. Secara kualitas keduanya bagus," kata Kesit saat dihubungi Bola.com, Selasa (1/10/2024).

Mengingat waktu yang kian mepet, ada baiknya Mees Hilgers dan Eliano Reijnders segera bergabung dengan Jay Idzes cs. agar bisa langsung nyetel.

Soalnya, menurut Kesit, tak mudah untuk menyatukan pemain yang baru bergabung, meski sang pemain bermain di level atas.

"Untuk menyebut apakah keduanya bisa langsung menyatu dengan permainan timnas tentu masih harus dibuktikan di lapangan," tandas Kesit yang juga Ketua PWI DKI Jaya.

3 dari 4 halaman

Antisipasi Stamina

Ilustrasi - Mees Hilgers Twente FC, Thom Haye Almere City FC, Jay Idzes Venezia (Bola.com/Adreanus Titus)

Jurnalis senior itu juga mengingatkan tim pelatih terkait stamina pemain, mengingat dua laga nanti merupakan partai tandang. Tuan rumah pastinya akan bermain terbuka dengan pressing ketat sepanjang pertandingan.

"Antisipasi yang harus dilakukan STY di antaranya, ya soal stamina pemain. Jika bermain dengan pressing-pressing ketat dikhawatirkan akan berat bermain selama 90 menit," katanya.

Terlepas dari analis Kesit, Bahrain dan China pastinya ketar-ketar dengan bergabungnya Mees Hilgers dan Eliano Reijnders.

4 dari 4 halaman

Jos!

Mees Hilgers dan Eliano Reijnders merupakan dua pemain top di kasta tertinggi Belanda, Eredivisie. Eliano Reijnders, 23 tahun, pemain serba bisa kebangaan PEC Zwolle.

Tak hanya mumpuni di lini tengah sebagai gelandang serang, pemain berdarah Ambon, Maluku, ini juga sangar dan gahar di posisi sayap.

Mees Hilgers, yang dua tahun lebih muda dari Eliano Reijnders, bek tangguh kepunyaan Twente. Tukang jagal yang juga berdarah Ambon, belum lama ini mempermalukan penyerang-penyerang Manchester United saat Twente bertandang ke Old Trafford dalam matchday 1 Liga Europa 2024/2025.

Twente berhasil memaksa Setan Merah 1-1 setelah sempat unggul lebih dulu pada menit ke-35. Sukses Twente tersebut tak lepas dari performa Mees Hilgers di lini belakang.

Nah, dalam waktu yang tak lama lagi, giliran penyerang-penyerang Bahrain dan China yang bakal dibuat frustrasi.

Selamat datang, Mees Hilgers dan Eliano Reijnders.

Berita Terkait