Enzo Maresca Dipuji Setelah Bawa Angin Segar ke Chelsea, Tetapi...

oleh Yus Mei Sawitri diperbarui 02 Okt 2024, 14:15 WIB
Chelsea - Ilustrasi Enzo Maresca (Bola.com/Adreanus Titus)

Bola.com, Jakarta - Pelatih baru Chelsea, Enzo Maresca, berhasil membawa angin segar ke Stamford Bridge. Namun, dia diminta jangan cepat berpuas diri karena tantangan sesungguhnya belum datang. 

Mantan pelatih Leicester City ini sempat dikritik karena memakai pendekatan dingin dan kejam di Chelsea, ternyata terbukti efektif. The Bleus kini duduk di posisi keempat klasemen Liga Inggris, tertinggal dua poin dari Liverpool di puncak.

Advertisement

Mantan gelandang Chelsea dan Arsenal, Emmanuel Petit, memuji Maresca atas pendekatan yang digunakan untuk menghadapi pemain-pemain bintang Chelsea. Petit kagum Maresca tidak ragu menyingkirkan pemain dari skuad utama jika tidak bisa mengikuti keinginannya.

“Saya menyukai cara Maresca bekerja. Dia tidak membawa emosi dalam setiap keputusannya, terutama saat mengeluarkan pemain yang tak cocok dengan gaya permainannya.” ujar Petit dalam wawancara dengan BetBrain, Rabu (2/10/2024). 

Petit juga menyoroti peranan Maresca yang mengutamakan persaingan sehat dalam skuad Chelsea, dengan dua pemain bersaing di setiap posisi. Pendekatan ini diharapkan meningkatkan performa individu tanpa menciptakan ketidakstabilan dalam tim.

 

 

2 dari 5 halaman

Keputusan Berani Maresca

Enzo Maresca saat membesut Leicester City pada musim 2023/2024. (GLYN KIRK / AFP)

Enzo Maresca telah membuat beberapa keputusan besar sejak bergabung dengan Chelsea pada awal musim. Contohnya dua nama besar, Raheem Sterling dan Ben Chilwell, telah diberi tahu  tidak masuk ke dalam skema, sehingga dipersilahkan pergi demi mendapat kesempatan bermain pada musim ini.

Itu adalah langkah berani, tetapi tampaknya membuahkan hasil bagi The Blues. Sejak awal musim Chelsea telah menunjukkan performa yang mengesankan, meskipun harus melawan sejumlah lawan berat, namun The Blues diyakini mampu tampil baik.

“Chelsea berkembang perlahan tapi pasti. Maresca telah berhasil membawa tim ini ke arah yang lebih baik. Namun, tantangan terbesar akan datang pada bulan Oktober, ketika mereka menghadapi beberapa lawan kuat di Premier League,” tambah Petit.

 

 

3 dari 5 halaman

Cole Palmer Bersinar

Pemain Chelsea,Cole Palmer, melakukan selebrasi setelah mencetak gol ke gawang Brighton pada laga pekan keenam Liga Inggris 2024/2025. Bermain di Stamford Bridge, The Blues menang dengan skor telak 4-2. (AP Photo/Kin Cheung)

Salah satu pemain yang bersinar di bawah arahan Maresca adalah Cole Palmer. Mantan pemain Manchester City ini tampil impresif dengan mencetak empat gol dalam kemenangan 4-2 atas Brighton.

Tampil impresif pada musim ini tentu membuat Palmer banjir pujian, salah satunya dari Jamie Carragher.  Legenda Liverpool ini bahkan menyebut Palmer sebagai salah satu pemain terbaik di Premier League saat ini.

Namun berbeda dengan Petit, mantan pemain Timnas Prancis itu meminta Palmer untuk terus konsisten, baik bersama Chelsea maupun Timnas Inggris. Bagi Petit konsistensi merupakan kunci bagi seluruh pemain sepak bola untuk bisa mencapai level tertinggi.

“Palmer harus mampu tampil di level tertinggi, baik di Liga Champions maupun bersama tim nasional. Itu adalah langkah terakhir untuk bisa bersaing dalam penghargaan Ballon d'Or," kata Emmanuel Petit.

 

 

4 dari 5 halaman

Ujian Berat Maresca

Gelandang Chelsea, Cole Palmer (tengah), berhasil mencetak empat gol dan membantu timnya menang 4-2 atas Brighton and Hove Albion pada laga pekan keenam Premier League di Stamford Bridge, Sabtu (28/9/2024) malam WIB. (AFP/Glyn Kirk)

Meskipun memulai musim dengan baik, Maresca dan Chelsea akan menghadapi ujian berat pada laga-laga berikutnya. Mereka dijadwalkan akan bertemu sejumlah tim besar baik di Premier League maupun Eropa, mengingat Chelsea mengikuti Conference League.

Ujian ini bisa menjadi tolok ukur sejauh mana kemampuan Maresca untuk mengembangkan Chelsea dengan memanfaatkan potensi pemain bintang.

Meski perjalanan masih panjang, dengan pendekatan yang diterapkan Maresca, serta pemain-pemain seperti Cole Palmer yang terus bersinar, jika konsisten Chelsea berpotensi menjadi salah satu tim tangguh pada musim ini.  

Penulis: Muhammad Luthfi Ma'ruf  

Sumber: Mirror

5 dari 5 halaman

Yuk Intip Posisi Tim Favoritmu

Berita Terkait