Andres Iniesta Pilih Tim Impian Berisi 5 Pemain: Fans MU dan Barcelona Pasti Suka

oleh Yus Mei Sawitri diperbarui 02 Okt 2024, 17:45 WIB
Pemain Vissel Kobe, Andres Iniesta saat konferensi pers mengenai kepergian dirinya dari klub yang berlangsung di Kobe, 25 Mei 2023 waktu setempat. (AFP/Yuichi Yamazaki)

Bola.com, Jakarta - Legenda hidup Barcelona, Andres Iniesta, pernah diminta memilih tim yang berisi lima pemain untuk bermain bersamanya. Beberapa pemain yang dipilih Iniesta mungkin memicu tanda tanya. 

Pemain berkebangsaan Spanyol tersebut mengumumkan akan pensiun pada 8 Oktober 2024, setelah berkarier selama dua dekade. Ia merupakan bagian integral dari tim Barcelona pada 2008-2012, yang ditangani Pep Guardiola. Saat itu, Barca mendominasi sepak bola domestik Spanyol dan Eropa. 

Advertisement

Koleksi trofi Andres Iniesta termasuk sembilan gelar La Liga, enam titel Copa del Rey, empat Liga Champions, dan bahkan gelar J1 League Jepang bersama Vissel Kobe. Iniesta banyak menghabiskan waktu di klub tersebut setelah meninggalkan Barcelona pada 2018. 

Pada tahun lalu, Iniesta pindah berkarier di Uni Emirat Arab. Kini, dia memutuskan untuk menyudahi kariernya. 

Pria berusia 40 tahun pernah bermain dengan pemain-pemain terbaik di generasinya. Dia pun menyebut empat nama jika diminta membentuk tim idaman yang berisi lima pemain. 

 

2 dari 5 halaman

Kiper: Peter Schemeichel

Peter Schmeichel diboyong MU dari Brondby dengan harga hanya 750 ribu poundsterling. Dirinya sukses membela Setan Merah sebanyak 292 kali. (AFP/Eric Cabanis)

Fans Manchester United akan senang jika melihat penjaga gawang yang dipilih Iniesta. Dia memilih kiper legendaris MU, Peter Scmeichel. 

"Di bawah mistar gawang, saya akan memilih Peter Schmeichel, karena saya merasa dia adalah salah satu yang terbaik dalam sejarah," kata Iniesta, seperti dikutip Sportbible, Rabu (2/10/2024). 

"Ketika saya masih mudah, saya terpukau dengan kekuatan fisiknya dan penyelamatan gemilangnya. Saya akan senang bermain bersamanya," ujar Iniesta. 

 

 

3 dari 5 halaman

Bek: Paolo Maldini

4. Paolo Maldini - Pemain legenda ini menjadi bek paling tangguh dan loyal yang pernah dimiliki AC Milan. Berkat ketangguhan Maldini menjaga lini pertahanan, AC Milan sukses meraih trofi Liga Champions 2007. (AFP/Giuseppe Cacace)

Di sektor pertahanan, Iniesta memilih legenda AC Milan, Paolo Maldini. 

“Di lini pertahanan, saya akan menyebut Paolo Maldini atas segala yang telah ia perjuangkan untuk Italia, klubnya, dan sepanjang hidupnya," tutur Iniesta. 

“Perjalanannya, trofi yang dimenanginya, caranya melakukan sesuatu. Saya ingin sekali berbagi ruang ganti dengannya," imbuh dia. 

 

4 dari 5 halaman

Gelandang: Michael Laudrup

5. Michael Laudrup - Michael Laudrup merupakan salah satu bintang "Dream Team" Barcelona asuhan Johan Cruyff pada 1989-1994. Namun pada 1994 pemain asal Denmark ini memutuskan pindah ke Real Madrid dan membawa Los Blancos memenangkan gelar La Liga. (AFP/Choi Jae-Ku)

Pindah ke sektor gelandang, Iniesta memilih mantan pemain Barcelona yang dihormatinya.

"Michael Laudrup adalah gelandang pilihan saya, karena dia adalah salah satu idola saya," ujar Iniesta. 

"Sungguh luar biasa bisa bermain bersamanya, bahkan untuk sesaat. Dia bermain, melakukan sesuatu, gayanya, kelasnya," imbuh dia. 

 

 

5 dari 5 halaman

Depan: Ronaldo

Ronaldo Luiz Nazario de Lima. Striker asal Brasil ini didatangkan Real Madrid dari Inter Milan pada awal musim 2002/2003. Selama total 5 musim hingga 2006/2007 telah bermain sebanyak 177 penampilan dengan mencetak 104 gol. (AFP/Philippe Desmazes)

Di sektor depan, Iniesta juga memilih mantan pemain Barcelona lainnya, yaitu Ronaldo Nazario. 

"Saya senang jika memiliki Ronaldo di sektor serang. Saya yakin dia adalah salah satu pemain terbaik di dunia," kata Iniesta. 

"Pada 1996, ketika saya berada di Barcelona, itu adalah tahun saya datang ke klub dan dia membuat saya kagum." 

"Dia mengesankan seluruh dunia dan kemudian memenangi banyak hal. Dia adalah pembeda di setiap tim yang dia bela," sambung Iniesta. 

Fans mungkin terkejut pemain seperti Xavi, Carles Puyol, dan Lionel Messi tidak masuk dalam tim. Namun pemilihan ini didasarkan pada pemain yang tidak berbagi lapangan dengannya.

Sumber: Sportbible 

Berita Terkait