Maarten Paes Terkaget-kaget di Timnas Indonesia: Tak Menyangka Tandang Didukung 30 Ribu Suporter, Nyanyiannya Keras Banget

oleh Yus Mei Sawitri diperbarui 02 Okt 2024, 19:23 WIB
Timnas Indonesia - Maarten Paes (Bola.com/Adreanus Titus)

Bola.com, Jakarta - Kiper Timnas Indonesia, Maarten Paes, punya kenangan yang sangat mengesankan saat menjalani laga debut bersama skuad Merah Putih. Ia melakoni debut saat melawat ke markas Arab Saudi pada matchday pertama babak ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia, pada 5 September 2024. 

Pada 18 Oktober 2024, Maarten Paes secara resmi dinyatakan bisa membela Timnas Indonesia setelah PSSI memenangi sidang banding di FIFA. 

Advertisement

Dia tidak perlu menunggu lama untuk melakoni laga debut bersama Skuad Garuda. Pelatih Shin Tae-yong langsung memasangnya sebagai starter pada laga penting kontra Arab Saudi di Jeddah. 

"Sebelum debut bersama Timnas, Anda akan selalu merasa gugup, karena ini awal yang baru di tim baru.   Kamu selalu ingin memberikan kesan pertama yang sangat baik, jadi kamu selalu menantikannya," tutur Maarten Paes dalam sesi wawancara di FC Dallas, seperti dikutip dari akun X klub tersebut, Rabu (2/10/2024). 

"Di satu sisi merasa antusias, di sisi lain merasa gugup. Dan kami bermain di Arab Saudi, pertandingan yang dimainkan dengan suhu yang sangat panas di sana. Saya mempersiapkan segalanya." 

"Saya berusaha menjaga kondisi tubuh dan pikiran, berusaha memanfaatkan kesempatan dan tantangan yang ada.  Saya tidak memiliki ekspektasi sebelum pergi ke sana, tetapi saya berangkat dengan penuh energi baik dan positif, itulah mindset saya," imbuh Maarten Paes

2 dari 3 halaman

Bertemu Shin Tae-yong

Kiper Timnas Indonesia, Maarten Paes menepis tendangan penalti kapten Timnas Arab Saudi, Salem Aldawsari dalam laga putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 di King Abdullah Sports City Stadium, Jeddah, Jumat (6/9/2024) dini hari WIB. (Instagram/martenpaes)

Maarten mengatakan saat mendarat di Arab Saudi, dia langsung menuju hotel. Kiper berusia 26 tahun tersebut langsung menemui Shin Tae-yong di kamar hotel. 

"Kami berbincang dengan bantuan penerjemah tentunya, tetapi kami memiliki percakapan yang sangat baik untuk menetapkan standar," tutur Paes. 

"Lalu, setelah itu saya juga sudah mengenal beberapa pemain, karena beberapa dari mereka sudah pernah bermain bersama saya di klub lama saya, jadi itu cukup membantu saya." 

"Dan semua orang di sana sangat ramah, dan mereka memberikan sambutan yang sangat hangat kepada saya. Dari awal kami membangun hubungan yang baik.  Saya harus segera mengenal mereka dengan cepat karena ada beberapa pertandingan besar bersama mereka dalam beberapa hari setelah bergabung," sambung Paes. 

 

3 dari 3 halaman

Sangat Terkesan Lihat Penonton Indonesia

Maarten Paes jalani debutnya bersama Timnas Indonesia saat menghadapi Arab Saudi pada Kualifikasi Piala Dunia 2026. (Dok. X/FC Dallas)

Maarten Paes kemudian menceritakan momen yang membuatnya terkaget-kaget saat melakoni debut bersama Timnas Indonesia.

Dia tak menyangka ada begitu banyak suporter Indonesia yang mendukung saat bermain di Jeddah. Apalagi, mereka memberikan dukungan tanpa henti sepanjang laga dan terus bernyanyi. 

"Rasanya seperti tidak nyata ketika saya mencoba lapangan, ternyata sudah ada sekitar 30 ribu suporter Indonesia di tribune, saya sangat terkesan dengan itu," kenang Paes. 

"Saya belum pernah mendengar nyanyian sekeras itu dari tribune tandang." 

"Itu luar biasa sangat berarti bagi saya, dan membantu saya untuk lebih tenang sepanjang pertandingan. Saya harus membuat para suporter, keluarga saya, dan semua orang bangga," imbuh dia. 

 

Berita Terkait