3 Pesepakbola Top Pernah Ribut dengan Luis Enrique: Ousmane Dembele Bukan yang Pertama

oleh Hendry Wibowo diperbarui 03 Okt 2024, 08:30 WIB
PSG - Ilustrasi Luis Enrique (Bola.com/Adreanus Titus)

Bola.com, Jakarta - Luis Enrique tidak diragukan lagi merupakan salah satu manajer terbaik di generasi modern. Dia turut bekerja sama dengan beberapa pemain dengan nama besar. 

Maklum selama 16 tahun karier kepelatihannya, ia menangani tim-tim seperti AS Roma, Barcelona, Timnas Spanyol dan sekarang PSG.

Advertisement

Jika melihat lebih dekat rekam jejaknya, Luis Enrique ternyata lebih dari sekali punya hubungan tidak baik dengan pemain bintang di tim asuhannya. 

Saat ini, Luis Enrique sedang bersitegang dengan pemain bintang PSG, Ousmane Dembele. Dia merupakan pemain dengan bayaran tertinggi di PSG. 

Namun Enrique tidak mau memberikan perlakuan istimewa kepada Dembele dan hal tersebut terlihat jelas saat ia tidak memasukkan pemain asal Perancis tersebut ke dalam skuad PSG untuk menghadapi Arsenal di Liga Champions.

 

Nah selain Dembele, Enrique turut punya masalah dengan tiga pemain bintang lainnya. Siapa saja pemain yang dimaksud? Yuk scroll ke bawah untuk mengetahuinya. 

2 dari 4 halaman

Kylian Mbappe

Pelatih PSG Luis Enrique (kiri) memberikan semangat kepada Kylian Mbappe setelah timnya kalah dari Borussia Dortmund pada laga leg kedua semifinal Liga Champions 2023/2024 di Parc des Princes, Paris, Prancis, Rabu (08/05/2024) dini hari WIB. (AFP/Franck Fife)

Mbappe mencetak 44 gol dalam 48 penampilan di bawah asuhan Enrique, namun hubungan mereka tidak selalu berjalan mulus.

Ketika sudah jelas bahwa Mbappe tidak akan memperpanjang kontraknya dengan PSG, Enrique mulai mencadangkannya lebih awal dan bahkan sesekali tidak memasukkannya ke dalam tim inti.

Enrique mengklaim bahwa hal ini dikarenakan PSG perlu belajar bagaimana bermain tanpa Mbappe, namun dapat dikatakan bahwa sang pemain asal Perancis tidak selalu menerima pergantian pemain di awal pertandingan.

3 dari 4 halaman

Lionel Messi

Lionel Messi (L) berbincang dengan pelatih Barcelona Luis Enrique (kanan) pada laga La Liga Spanyol di Stadion Cam Nou, Barcelona, Kamis (31/12/2015) dini hari WIB. (EPA/Marta Perez)

Keduanya memiliki hubungan yang baik akhir-akhir ini, namun tidak selalu demikian. Setelah kedatangan Enrique di Barcelona pada tahun 2014, cukup adil untuk mengatakan bahwa ia awalnya tidak bertatap muka dengan Messi.

Dalam salah satu sesi latihan pertama Enrique di Barcelona, Messi merasa seperti dikucilkan setelah pelatih asal Spanyol tersebut menolak untuk memberikan tendangan bebas kepadanya setelah dilanggar dalam sebuah pertandingan latihan lima lawan lima.

Mereka berdua kemudian terlibat dalam adu mulut, namun untungnya mereka dapat mengesampingkan perbedaan mereka dan Barcelona berhasil meraih treble pada musim pertama Enrique sebagai pelatih.

 

4 dari 4 halaman

Neymar

Pelatih Barcelona, Luis Enrique, memberi instruksi kepada Neymar dan Sergio Busquets saat melawan Malaga dalam lanjutan La Liga di Camp Nou, Barcelona, Sabtu (19/11/2016). (AFP/Lluis Gene)

Meskipun telah memenangkan sembilan trofi bersama di Barcelona, Enrique dan Neymar memiliki beberapa pertengkaran selama bertahun-tahun.

Memang, Enrique-lah yang pada akhirnya senang melihat Neymar meninggalkan PSG saat sang pelatih tiba di Paris tahun lalu.

Selama di Barcelona, sebuah sumber yang tidak disebutkan namanya yang dekat dengan pemain asal Brasil itu mengklaim bahwa Neymar tidak terlalu menikmati bermain di bawah asuhan Enrique.

“Neymar mengeluhkan semua hal yang dilakukan Luis Enrique. Mulai dari pemilihan tim dan pemain starter reguler hingga pemain pengganti,” kata sumber anonim tersebut dalam sebuah wawancara dengan GOAL.

 

Berita Terkait