2 Pemain Abroad Timnas Indonesia Ini Berstatus Cadangan Mati di Level Klub

oleh Hendry Wibowo diperbarui 03 Okt 2024, 08:15 WIB
Timnas Indonesia - Pratama Arhan, Marselino Ferdinan (Bola.com/Adreanus Titus)

Bola.com, Jakarta - PSSI telah mengumumkan daftar pemain Timnas Indonesia untuk dua pertandingan Grup C putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia pada Oktober 2024.

Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, menetapkan 27 pemain, termasuk Mees Hilgers dan Eliano Reijnders yang baru menjadi Warga Negara Indonesia (WNI) pada beberapa waktu lalu.

Advertisement

Selain itu, Shin Tae-yong kembali memanggil winger Persebaya Surabaya, Malik Risaldi, ke Timnas Indonesia.

Namun, Shin Tae-yong tidak menyertakan Justin Hubner ke tim berjulukan Skuad Garuda itu. Bek Wolverhampton Wanderers U-21 di Inggris itu diduga belum sembuh dari cedera.

Ya, seperti biasa, Shin Tae-yong memang memanggil banyak pemain abroad pada kesempatan kali ini. Namun yang menarik, tidak semua pemain Timnas Indonesia yang berstatus pilihan utama di klub masing-masing. 

Beberapa pemain bahkan berstatus cadangan mati alias camat. Siapa saja mereka? Yuk scroll ke bawah untuk mengetahuinya. 

2 dari 3 halaman

1. Pratama Arhan

Pemian Timnas Indonesia, Pratama Arhan mengejar bola saat laga Kualifikasi Piala Dunia 2026 melawan Australia di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Senayan, Jakarta, Selasa (10/09/2024). (Bola.com/Bagaskara Lazuardi)

Pratama Arhan masih terus menghitung hari tanpa kepastian bermain bareng klub barunya, Suwon FC.

Sejak bergabung pada medio Januari lalu, winger 21 tahun itu masih masuk daftar antrean di bangku cadangan.

Di Suwon FC, Pratama Arhan sepertinya memang harus panjang bersabar. Hingga laga ke-31, eks pemain PSIS Semarang itu melakoni debutnya pada 26 Mei.

Dalam lanjutan K-League melawan Jeju United, Pratama Arhan masuk pada menit ke-72. Alih-alih mencetak gol atau paling tidak memberikan assist, Pratama Arhan malah diganjar kartu merah buntut pelanggarannya terhadap pemain lawan.

Tak ada yang tahu, bahkan Pratama Arhan sendiri, kapan ia akan kembali tampil. Yang tahu hanya Tuhan dan pelatihnya, Kim Eun-Joong.

3 dari 3 halaman

2. Marselino Ferdinan

Pemain Timnas Indonesia, Marselino Ferdinan, saat melawan Australia pada laga kedua Grup C Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta Pusat, pada Selasa (10/9/2024). (Bola.com/Abdul Aziz)

Bintang Timnas Indonesia, Marselino Ferdinan digaet Oxford United jelang penutupan bursa transfer musim panas 2024.

Oxford merupakan tim divisi Championship dan sampai detik ini, Marselino Ferdinan sama sekali belum mencatat debut resminya. 

Praktis kali terakhir Marselino Ferdinan tampil untuk klub adalah pada Maret 2024 lalu, atau 7 bulan lalu. Kala itu ia masih memperkuat KMSK Deinze saat menang 4-1 atas RSCA Futures.

Berita Terkait