Maarten Paes Kenang Momen Pertemuan Pertama dengan Shin Tae-yong: Langsung Tetapkan Standar

oleh Hery Kurniawan diperbarui 03 Okt 2024, 06:45 WIB
Timnas Indonesia menggelar sesi latihan di Stadion Madya, Senayan, Jakarta, Minggu (8/9/2024) jelang menjamu Australia pada matchday kedua Grup C putaran ketiga kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia yang akan berlangsung selasa, 10 September 2024. Sesi latihan yang dipimpin langusng pelatih kepala Shin Tae-yong dan dijaga ketat pihak keamanan diikuti oleh seluruh anggota skuad Garuda, termasuk Maarten Paes, kiper yang tampil gemilang saat menahan imbang 1-1 Arab Saudi. (Bola.com/Abdul Aziz)

Bola.com, Jakarta - Maarten Paes kini menjadi pujaan baru di Timnas Indonesia. Paes langsung bisa menjadi andalan di bawah mistar gawang Skuad Garuda.

Baru-baru ini Maarten Paes menceritakan pengalaman pertamanya berjumpa dengan pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong.

Advertisement

Maarten Paes tidak menjelaskan kapan persisnya pertemuan itu terjadi. Namun, kiper berusia 26 tahun itu memastikan obrolannya dengan Shin Tae-yong berjalan dengan baik.

“Pertama-tama saya bertemu pelatih Shin di kamar hotelnya. Kami mengobrol dengan baik, tentu saja dengan para penerjemah," ungkapnya di situs web resmi FC Dallas.

2 dari 3 halaman

Tetapkan Standar

Kiper Timnas Indonesia, Maarten Paes menepis tendangan penalti kapten Timnas Arab Saudi, Salem Aldawsari dalam laga putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 di King Abdullah Sports City Stadium, Jeddah, Jumat (6/9/2024) dini hari WIB. (Instagram/martenpaes)

Ada yang menarik dari pertemuan pertama Maarten Paes dengan Shin Tae-yong. Menurut Paes, Shin tidak suka terlalu basa-basi.

Bahkan, Shin Tae-yong disebut langsung menerapkan standar dan harapan tinggi kepada Maarten Paes di Timnas Indonesia. Sesuatu yang kemudian bisa dijawab Paes di lapangan.

"Kami mengobrol dengan sangat baik dan menetapkan standar," katanya.

3 dari 3 halaman

Proses Adaptasi

Maarten Paes (Daniel Kucin Jr.-USA TODAY Sports)

Lebih lanjut, Maarten Paes pun menceritakan proses adaptasinya di Timnas Indonesia. Proses adaptasi itu berjalan dengan cepat.

"Setelah itu, saya mengenal beberapa orang di tim karena saya bermain dengan mereka di klub lama saya, jadi itu sudah bagus. Semua orang sangat ramah, memberi saya sambutan yang sangat hangat," jelas Paes.

"Sejak awal kami menjalin hubungan yang baik, dan kami tahu saya harus mengenal mereka dengan cepat karena saya akan memainkan beberapa pertandingan besar dengan mereka dalam beberapa hari," tandasnya.

Berita Terkait