Jurgen Klopp Merespons Rumor Melatih Timnas Jerman

oleh Aning Jati diperbarui 03 Okt 2024, 13:30 WIB
Pelatih Liverpool, Jurgen Klopp yang telah menyatakan akan meninggalkan Liverpool pada akhir musim 2023/2024 tercatat menjadi pelatih aktif dengan masa kerja terlama menangani sebuah klub di Premier League. Musim ini menjadi musim ke-9 ia membesut Liverpool sejak menandatangani kontrak pada awal musim 2015/2016 menggantikan Brendan Rodgers setelah sebelumnya menangani Borussia Dortmund. (AFP/Adrian Dennis)

Bola.com, Jakarta - Mantan pelatih Liverpool, Jurgen Klopp, merespons rumor yang beredar bahwa ia mungkin menjadi pelatih Timnas Jerman di masa depan.

Pria berusia 57 tahun ini saat ini sedang tidak memiliki klub setelah menyelesaikan sembilan tahun penuh kesuksesan sebagai manajer Liverpool pada akhir musim lalu.

Advertisement

Selama waktunya di Anfield, Jurgen Klopp membawa Liverpool ke era kejayaan, dengan delapan trofi yang diraih, termasuk kemenangan di Premier 2019-20 dan Liga Champions 2018-19.

Setelah masa kepemimpinannya yang intens, Klopp menyatakan niatnya untuk beristirahat dan mengambil cuti panjang sebelum memutuskan langkah selanjutnya dalam karier kepelatihannya.

Kendati ia telah menegaskan untuk rehat sementara, Klopp masih sering dikaitkan dengan berbagai posisi manajerial, terutama di negara asalnya, Jerman.

Saat ini, posisi pelatih Timnas Jerman dipegang oleh mantan manajer Bayern Munchen, Julian Nagelsmann, yang baru-baru ini menandatangani kontrak hingga Piala Dunia 2026 yang akan digelar di Amerika Serikat, Meksiko, dan Kanada.

Namun, direktur olahraga DFB, Rudi Voller, pernah mengungkapkan keinginannya agar Klopp menjadi pelatih Jerman berikutnya, apabila Nagelsmann suatu hari kembali ke manajemen klub.

Bagaiman respons Jurgen Klopp?

2 dari 3 halaman

Menyatakan Tak Tertarik

Jurgen Klopp telah merasakan empat laga final Liga Champions. Dari empat final itu, Klopp punya satu gelar juara yakni saat membawa Liverpool berjaya pada edisi musim 2018/2019 lalu. (AFP/Paul Ellis)

Meski baru sebatas rumor, Klopp sudah dengan jelas menyatakan ia tidak tertarik pada posisi tersebut. Hal itu ia ungkapkan saat menghadiri acara di Berlin, di mana ia menerima penghargaan Order of Merit dari Republik Federal Jerman.

"Semua orang berharap Julian Nagelsmann akan melakukan ini lebih lama lagi dari tahun 2026," jawab Klopp. 

"Saya enggan berbicara tentang sepak bola hari ini karena tidak ada yang perlu dikatakan. Rudi Voller adalah pria yang sangat baik. Ia ditempatkan dalam situasi di mana ia harus membicarakannya," tambahnya.

3 dari 3 halaman

Bagaimana dengan Jabatan Pelatih Timnas Inggris?

Pelatih Liverpool, Jurgen Klopp merayakan kemenangan atas Chelsea setelah final Carabao Cup 2023/2024 di Stadion Wembley, Inggris, Minggu (25/02/2024). The Reds menang atas Chelsea dengan skor 1-0 melalui gol Virgil Van Dijk pada menit ke-118. (AP Photo/Alastair Grant)

Selain dikaitkan dengan Timnas Jerman, nama Klopp juga sempat disebut-sebut sebagai calon pelatih Timnas Inggris. FA saat ini sedang mencari pengganti permanen untuk posisi manajerial yang kosong.

Namun, pada Juli lalu, Klopp juga telah menegaskan bahwa ia tidak tertarik dengan pekerjaan tersebut dan bahkan menyebut bahwa menerima posisi tersebut akan menjadi "kehilangan muka terbesar" baginya.

Meskipun begitu, Klopp tetap dipandang sebagai satu di antara kandidat potensial bersama nama-nama lain seperti Thomas Tuchel, Graham Potter, dan Eddie Howe.

Namun, laporan terbaru menunjukkan bahwa FA belum melakukan kontak resmi dengan Klopp, Tuchel, Potter, atau Howe mengenai posisi manajerial tersebut.

Untuk saat ini, tampaknya Klopp akan melanjutkan masa istirahatnya yang sudah direncanakan. Namun, dengan reputasi dan prestasi yang dimilikinya, ia diperkirakan akan mendapat banyak tawaran ketika memutuskan untuk kembali ke dunia kepelatihan.

 

Sumber: Sportsmole

Berita Terkait