Jordi Amat Kembali ke Timnas Indonesia, Bakal Jadi Andalan Lagi di Lini Pertahanan?

oleh Choki Sihotang diperbarui 04 Okt 2024, 06:30 WIB
Jordi Amat dan Shin Tae-yong di konferensi pers jelng laga Timnas Indonesia Vs Irak dalam lanjutan Kualifikasi Piala Dunia 2026. (Bola.com/M. Iqbal Ichsan)

Bola.com, Jakarta - Tak ubahnya sepasukan tentara dari satuan khusus, Timnas Indonesia gerak cepat jelang bentrok kontra Bahrain dalam lanjutan Grup C putaran ketiga Kualifkasi Piala Dunia 2026 zona Asia.

Berdasarkan jadwal terdekat, Timnas Indonesia akan menantang Bahrain dalam duel yang mentas di Bahrain National Stadium, Riffa, pada 10 Oktober pekan depan.

Advertisement

Sumardji, Ketua BTN, Badan Tim Nasional, mengatakan, pasukan Shin Tae-yong dijadwalkan terbang ke Bahrain pada Sabtu (5/9/2024) malam WIB.

"Setelah makan malam, kita langsung terbang ke Bahrain dari Soekarno-Hatta," kata Sumardji.

Sebanyak 27 pemain diangkut, termasuk dua pemain naturalisasi anyar yang prosesnya dikebut kilat PSSI, Mees Hilgers dan Eliano Reijnders.

Kedua pemain keturunan tersebut membuat Timnas Indonesia tambah pede mencuri angka dari Bahrain, mengingat Mees Hilgers dan Eliano Reijnders dua sosok kenyang pengalaman di level teratas Liga Belanda, Eredivisie.

Menariknya, Jordi Amat, yang dalam beberapa laga terakhir, termasuk kala bentrok kontra Arab Saudi dan Australia yang sama-sama berakhir imbang, juga masuk daftar 27 pemain Timnas Indonesia yang dibawa Shin Tae-yong pada periode ini.

 
 
2 dari 5 halaman

Shin Tae-yong Luluh dengan Penampilan Jordi Amat di JDT

Ditemani analis Timnas Indonesia, Kim Jong-jin, Shin Tae-yong mengunggah berbagai momen bersama Jordi Amat. (Bola.com/Dok.Instagram Shin Tae-yong).

Comeback Jordi Amat sebenarnya tak terlalu mengherankan, meski pemain berusia 32 tahun itu tak selalu tampil konsisten bersama Skuad Garuda.

Dalam lima duel terakhir, bek kepunyaan Johor Darul Ta'zim, Malaysia, hanya hadir dalam satu pertandingan bersama Timnas Indonesia.

Mantan pilar Espanyol kelahiran 21 Maret 1992 ini juga hanya bermain selama selama 59 menit, buntut dari kartu merah ketika melawan Irak di Stadion Utama Gelora Bung Karno Jakarta pada 6 Juni lalu.

Shin Tae-yong ternyata luluh tatkala menyaksikan langsung duel Johor Darul Ta'zim saat menjamu Shanghai Shenhua di Stadion Sultan Ibrahim, Johor, Malaysia, dalam matchday 2 Grup A Liga Champions Asia 2024/2025, Selasa (1/10/2024).

Tampil di hadapan Shin Tae-yong, Jordi Amat dkk. tampil buas dengan kemenangan tiga gol tanpa balas. Juru taktik asal Korea Selatan itu tampak puas melihat performa Jordi Amat dan usai duel. Keduanya tampak berbicara lalu foto bareng sambil mengacungkan jempolnya masing-masing.

Tak lama setelah itu, PSSI merilis nama-nama pemain yang akan diboyong ke Bahrain dan satu di antaranya adalah Jordi Amat.

3 dari 5 halaman

Pernah Jadi Nomor 1 di Ruang Ganti

Pemain Timnas Indonesia, Jordi Amat melakukan selebrasi setelah mencetak gol ke gawang Burundi pada pertandingan kedua FIFA Matchday di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, Selasa (28/3/2023). Kedua tim bermain imbang 2-2. (Bola.com/M Iqbal Ichsan)

Adapun Jordi Amat resmi jadi WNI pada medio November 2022. Ia merupakan salah satu suntikan pemain naturalisasi di era Shin Tae-yong menjadi orang No.1 di ruang ganti Timnas Indonesia.

Jordi Amat punya darah keturunan Indonesia dari garis neneknya dan ia juga disebut-sebut keturunan Raja ke-14 dan ke-17 Kerajaan Siau di Kepulauan Sitaro, Sulawesi Utara.

Sejauh ini, Jordi Amat sudah melakoni 16 caps bersama Skuad Garuda, sejak debutnya di ajang Piala AFF 2022 pada 23 Desember 2022.

Seperti disinggung di atas, kinerja Jordi Amat boleh dibilang tak berjalan mulus, tapi juga tak jelek-jelek amat. Terbukti, sebelum Jay Idzes didapuk sebagai kapten, Jordi Amat sudah lebih dulu didapuk sebagai leader di lapangan pertandingan.

Melawan Bahrain, juga China pada 15 Oktober, Jordi Amat besar kemungkinan tak masuk starting XI. Dengan kata lain, ia hanya jadi pelapis menyusul cedera yang mendera Justin Hubner.

4 dari 5 halaman

Siapa Bakal Jadi Pilihan Utama Shin Tae-yong?

Pelatih kepala Timnas Indonesia, Shin Tae-yong. (Bola.com/Abdul Aziz)

Jika Shin Tae-yong menerapkan formasi 3-4-3, maka tiga karang yang dipercaya menjadi pengawal Maarten Paes adalah Mees Hilgers, Jay Idzes, dan Rizky Ridho.

Meski hanya sebagai pelapis, kehadiran Jordi Amat pastinya akan sangat dibutuhkan mengingat ia kaya pengalaman serta jam terbang di pertandingan-pertandingan penuh tekanan.

Ia juga bisa menjadi tempat berdiskusi dan bertukar pikiran bagi Mees Hilgers, Jay Idzes, Calvin Verdonk, serta dua bek muda lainnya yakni Asnawi Mangkulam, Rizky Rodho, dan Wahyu Prasetyo.

Jadi, kembalinya Jordi Amat ke pangkuan Timnas Indonesia bukan suatu kebetulan. Ada misi khusus yang akan diberikan STY kepada sang veteran. Kita tunggu saja!

 
5 dari 5 halaman

Persaingan di Grup C Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia

Hasil Matchday 1

  • Australia Vs Bahrain 0-1
  • Jepang Vs China 7-0
  • Arab Saudi Vs Timnas Indonesia 1-1

Hasil Matchday 2

  • China vs Arab Saudi 1-2
  • Timnas Indonesia vs Australia 0-0
  • Bahrain vs Jepang 0-5

Klasemen

Pos  Negara  Main Menang Seri Kalah  SG Poin
 1.  Jepang  2  2  0  0  12-0  6
 2.   Arab Saudi  2  1  1   0  3-2   4
 3.    Bahrain  2  1  0  1  1-5   3
 4.    Indonesia  2  0  2  0  1-1  2
 5.   Australia   2  0  1  1  0-1  1
 6.    China   2   0  0  2  1-9  0

*Klasemen per Rabu, 11 September 2024 pukul 01.00 WIB

 
 

Berita Terkait