Liga Champions: Di Bawah Asuhan Arne Slot, Ryan Gravenberch Semakin Top, Bye Cadangan!

oleh Wiwig Prayugi diperbarui 03 Okt 2024, 20:00 WIB
Gelandang Liverpool Ryan Gravenberch (depan) berselebrasi dengan Virgil van Dijk setelah mencetak gol kedua timnya ke gawang Fulham pada pertandingan pekan ke-34 Premier League 2023/2024 di Craven Cottage, Minggu (21/04/2024) malam WIB. (AP Photo/Kirsty Wigglesworth)

Bola.com, Jakarta Dalam hitungan bulan, Ryan Gravenberch telah mengubah kariernya di Liverpool secara signifikan. Dari sekadar pemain cadangan di bawah asuhan Jurgen Klopp musim lalu, kini ia tampil sebagai gelandang yang lengkap di bawah manajer baru, Arne Slot. 

Pemain Timnas Belanda berusia 22 tahun itu kembali tampil impresif pada hari Rabu saat Liverpool menang 2-0 atas Bologna pada gelaran Liga Champions, Kamis (3/10/2024) dini hari tadi.

Advertisement

Gravenberch sekali lagi menjadi bintang dengan kontribusi luar biasa. Ia mencatat 18 umpan di sepertiga akhir lapangan, akurasi umpan 91,1%, tiga dribel sukses, dan memenangkan empat duel. Selain itu, ia juga merebut bola sebanyak sembilan kali. 

"Saya sangat senang dengan performanya," ujar Slot, yang kini telah memenangkan delapan dari sembilan pertandingan pertamanya sebagai manajer Liverpool.

"Ryan kembali tampil luar biasa. Saya tidak pernah memuji pemain di babak pertama karena masih ada 45 menit lagi, tapi setelah pertandingan saya bilang, 'lagi, penampilan yang besar'."

2 dari 4 halaman

Stabil

Pemain Liverpool, Ryan Gravenberch (kiri) tersungkur setelah berebut bola dengan pemain Manchester United, Sofyan Amrabat pada laga lanjutan Liga Inggris 2023/2024 di Anfield, Liverpool, Inggris, Rabu (18/12/2023) dini hari WIB. (AP Photo/Jon Super)

 

Meski Gravenberch bermain sebagai satu dari dua gelandang bertahan, ia tetap menjadi ancaman saat menyerang. Di awal pertandingan, ia beroperasi di sayap kanan dan memberikan umpan berbahaya yang hampir dikonversi oleh Darwin Nunez atau Luis Diaz. Gravenberch juga menciptakan peluang bagi Nunez dan Salah.

Mantan gelandang Aston Villa, Thomas Hitzlsperger, mengatakan kepada BBC Match of the Day.

"Posisi nomor enam di lini tengah tidak mudah, tapi ketika kamu melihat Gravenberch, dia membuatnya terlihat sederhana. Dia menikmati musim ini di bawah Arne Slot," katanya.

Mantan striker Liverpool, Peter Crouch, menambahkan di TNT Sports

"Mereka mencoba Curtis Jones, dan Gravenberch awalnya belum teruji di posisi nomor enam, tetapi Gravenberch benar-benar menjadi sebuah perubahan."

3 dari 4 halaman

Ke Panggung Utama

Pemain Liverpool Ryan Gravenberch, Ibrahima Konate dan Virgil van Dijk (kiri ke kanan) melakukan selebrasi usai memenangi matchday 1 League Phase Liga Champions 2024/2025 melawan AC Milan di Stadion San Siro, Milan, 17 September 2024. (PIERO CRUCIATTI/AFP)

Gravenberch, yang direkrut dari Bayern Munich dengan harga £35 juta pada musim panas 2023, sempat khawatir tentang masa depannya di Liverpool. Ia hanya menjadi starter dalam 12 pertandingan Liga Premier musim terakhir Klopp. Namun, di bawah Slot, Gravenberch telah membuktikan dirinya sebagai pemain kunci. 

Slot memuji perkembangan defensif Gravenberch yang tak terduga.

"Jujur saja, itu mengejutkan saya. Bayern Munich dan Klopp telah melakukan pekerjaan yang baik untuk membuatnya lebih baik dalam bertahan," katanya.

 

     

4 dari 4 halaman

Pemain Kunci

Dengan peran barunya sebagai gelandang bertahan, Gravenberch telah menjadi fondasi penting bagi permainan Liverpool, membantu tim mendominasi permainan dengan penguasaan bola.

Performanya yang solid membantu Liverpool berada di puncak klasemen Liga Inggris, lolos ke babak 16 besar Piala Carabao, dan memulai kampanye Liga Champions dengan sempurna.

Sumber: BBC

Penulis: Lutfi Galih Pawening (Magang MSIB)