Frank Lampard Kagum dengan Cara Mikel Arteta Temukan Versi Terbaik Kai Havertz

oleh Wiwig Prayugi diperbarui 03 Okt 2024, 17:30 WIB
Kai Havertz menorehkan luka yang dalam pada sang mantan klub, Chelsea. Dua gol Havertz turut menenggelamkan The Blues di Stadion Emirates. (AFP/Glyn Kirk)

Bola.com, Jakarta Mantan manajer Chelsea, Frank Lampard, kesulitan menemukan posisi terbaik bagi Kai Havertz selama masa baktinya di Stamford Bridge.

Pada musim terakhirnya di Chelsea, Havertz memang terlihat kesulitan untuk menemukan performa terbaik. 

Advertisement

Kai Havertz tercatat berseragam The Blues selama tiga tahun sebelum akhirnya hijrah ke Emirates Stadium pada musim panas 2023 dengan bandrol 65 juta euro. Meski Havertz jadi sosok krusial penentuan gelar juara Chelsea pada UCL 2021, namun secara keseluruhan performanya dianggap kurang konsisten.  

Peran dan posisi yang tidak jelas menjadi salah satu penyebab utama dari penurunan penampilannya. Lampard, yang saat itu melatih Havertz, membeberkan meski memiliki bakat yang besar, ia sulit untuk menemukan posisi paling sesuai bagi Havertz di Chelsea. 

“Ketika datang ke Chelsea, dia masih pemain muda dan posisinya belum begitu jelas. Apakah seorang No.8? Atau No.9? Tidak ada yang tahu pasti,” Ungkap Frank Lampard.

"Hal inilah yang membuat performa Kai Havertz kurang menonjol di Chelsea, meskipun potensi besarnya sudah terlihat sejak awal," tambahnya.

2 dari 4 halaman

Bangkit di Arsenal

Dua gol kemenangan Arsenal atas PSG seluruhnya tercipta di babak pertama, masing-masing lewat sundulan Kai Havertz dan eksekusi tendangan bebas Bukayo Saka. (AP Photo/Alastair Grant)

Berbeda dengan di Chelsea, Havertz berkembang pesat Selama di Arsenal. Arteta menempatkannya dalam peran yang lebih bebas, baik sebagai penyerang atau gelandang serang. Sejauh ini Havertz telah menciptakan 19 gol dan delapan assist dalam 60 penampilan untuk The Gunners. 

Fleksibilitas posisi ini sangat membantu Arsenal, terutama di pertandingan besar. Hal ini terlihat jelas ketika Havertz membuka skor melalui sundulannya dari umpan Leandro Trossard dalam kemenangan 2-0 Arsenal atas Paris Saint-Germain di Liga Champions (2/10/2024).

Lampard mengakui bahwa Arteta telah berhasil membawa keluar versi terbaik Kai Havertz. Mantan pemain Chelsea ini juga kagum kepada Arteta karena mampu memaksimalkan potensi pemain Timnas Jerman tersebut. 

“Keyakinan yang ditunjukkan Arteta sangat luar biasa, Saya berbicara dengan beberapa teman di Arsenal ketika Havertz pertama kali bergabung, banyak yang meragukannya. Tetapi saya tahu dia akan sukses di Premier League, dan saya pikir sekarang kita bisa melihat itu,” tutur Frank Lampard.

3 dari 4 halaman

Arteta Juga Memuji

Pemain Arsenal, Kai Havertz, melihat bola yang masuk ke gawang PSG pada laga Liga Champions 2024/2025 di Emirates Stadium, Rabu (2/10/2024). The Gunners menang dengan skor 2-0. (AFP/Adrian Dennis)

Pelatih Arsenal, Mikel Arteta, juga tak kalah ketinggalan memuji kontribusi Havertz setelah penampilan luar biasa saat melawan PSG. Menurut Arteta, Havertz tidak hanya kuat secara fisik tetapi juga cerdas dalam permainan.  

"Cara dia menempati ruang, menggabungkan permainan, serta mencetak gol menunjukkan bahwa ia adalah pemain dengan kemampuan istimewa. Gol yang dia cetak luar biasa, dan secara keseluruhan, itu adalah performa yang sangat solid," kata Mikel Arteta seusai pertandingan.   

Sumber: Mirror

Penulis: Muhamad Luthfi Ma'ruf (Magang MSIB)

4 dari 4 halaman

Arsenal Musim Ini

Berita Terkait